Bypass Internet Positif dan Mengamankan DNS di Android dan iOS dengan Mudah

Halo, sob. Sebelumnya saya telah memposting tentang DNSCrypt-Proxy sebagai solusi untuk Bypass Internet Positif dan mengamankan DNS, tapi sayangnya itu hanya berlaku untuk pengguna Laptop/PC.

Maka dari itu, seperti yang saya janjikan, saya akan membahas untuk Android dan iOS nya. Namun, Perangkat Lunak yang di gunakan akan berbeda, bukan DNSCrypt-Proxy.

Cara kerja Aplikasi tersebut memang menggunakan/memanfaatkan VPN pada Android dan iOS, namun Aplikasi tersebut jelas bukanlah Layanan VPN, melainkan hanya untuk menggantikan DNS. Jadi, yang jelas, saya tidak akan memasukkan VPN ke dalam list ini dan di dalam list ini, bukanlah Layanan VPN.

Lalu, Perangkat Lunak apa saja itu? Sebelum membahas Aplikasi nya, simak penjelasan berikut.


3 Aplikasi Mobile untuk mengamankan DNS dan Bypass Website yang diBlokir Internet Positif

Bypass Internet Positif dan Mengamankan DNS di Android dan iOS dengan Mudah

Aplikasi di bawah ini meski menggantikan DNS Anda sepenuhnya, Protokol yang di gunakan pun juga akan berbeda, ada yang menggunakan Layanan DNS dengan Protokol DoH (DNS-over-HTTPS atau DNS-over-HTTP/2), DoT (DNS-over-TLS) dan bahkan DNSCrypt. Tentu saja, list aplikasi di bawah ini tidak mendukung semua dari 3 Protokol DNS tersebut, hanya salah satu atau dua Protokol saja yang di gunakannya.

Dan, untuk menggunakan Aplikasi di bawah ini, Anda tidak perlu melakukan Rooting atau Jailbreaking terlebih dahulu, karena mereka akan memanfaatkan Sistem VPN yang terpasang pada Sistem kamu. Jadi, asal Smartphone kamu sudah mendukung VPN, maka kamu bisa menggunakan Aplikasi ini. Apa saja? Berikut di bawah ini:


Pernyataan Sanggahan dan Peringatan:

Menggunakan Aplikasi di bawah ini bukan berarti Privasi Internet Anda akan aman sepenuhnya alias belum aman 100%. Meskipun begitu, Aplikasi di bawah ini dapat meningkatkan Privasi Internet Anda, selebihnya masih banyak sekali cara untuk meningkatkan Privasi Internet selain menggunakan Aplikasi tersebut.

Kenapa dinyatakan tidak sampai/belum 100% aman? Karena, sebenarnya kalo membahas “Privasi Ber-Internet” itu sangatlah luas sekali, tidak sesempit menggunakan VPN/Tor saja. Dan, lagian setelah kamu menggunakan nya, kamu pun juga gak bisa sama sekali menggunakan VPN lain nya secara bersamaan.

Saya memberitahu cara membypass Internet Positif bukan berarti saya mendukung segala hal yang negatif dari Internet, apalagi mengajaknya, meski ujung-ujung nya Anda bisa mengakses Situs Web tersebut. Saya hanya bermaksud mempermudah Anda untuk mencari Informasi, yang nyata nya itu di blokir oleh Internet Positif, seperti Reddit dan Imgur misalnya. Atau, situs web lain nya yang seringkali salah blokir oleh Pemerintah.

Jadi, segala resiko harus kamu tanggung sendiri setelah kamu menggunakan nya atau apalagi jika kamu menyalahgunakan nya, dan saya tidak mungkin tanggung jawab atas hal ini. Hal ini termasuk pada segala keputusan pribadi kamu, seperti yang berhubungan dengan kepercayaan kamu terhadap Tuhan atau perbuatan Dosa, itu semua nya kamu yang menerima nya sendiri, tolong jangan bawa saya ke ranah pribadimu!

Sejatinya, artikel ini memang bukan untuk bocah di bawah ‘umur’. Jadi, untuk para bocah di bawah umur yang kebetulan lagi baca artikel ini, harap kamu di dampingi oleh orang tua kalian yah, lalu ajaklah orang tua mu agar kamu bisa menggunakan Internet yang baik dan benar. Atau, kalopun orang tua kamu (maaf) ‘gaptek’, maka setidaknya mintalah untuk di ajarkan biar kamu menjadi orang yang bijak di kehidupan kamu, jangan cuma ‘jago’ sendiri aja!


#1: 1.1.1.1 (DoH dan DoT) (Android dan iOS)

Cara Membuka Website yang diblokir di Android dan iOS
Logo Layanan DNS dari Cloudflare: 1.1.1.1 (Klik pada gambar untuk Menampilkan nya dengan Resolusi Penuh/Original, dan ukuran gambar nya mencapai 2,34 MB-an)

1.1.1.1 merupakan sebuah Layanan/Resolver DNS dari Cloudflare yang beberapa waktu sempat menghebohkan masyarakat Indonesia, khususnya di bidang IT. Namun, disini saya tidak membahas Layanan DNS nya, melainkan Aplikasi dari Layanan DNS tersebut.

Ya, pada beberapa waktu yang lalu, pihak Cloudflare merilis Aplikasi 1.1.1.1 untuk Sistem Operasi Android dan iOS. Jadi, ini merupakan versi Aplikasi dari Layanan DNS 1.1.1.1 milik Cloudflare.

Aplikasi ini membantu kamu untuk menggantikan DNS secara paksa dengan memanfaatkan VPN, tapi hanya menggunakan DNS 1.1.1.1 saja, seperti nama Aplikasi nya. Anda tidak bisa menggunakan Resolver DNS selain dari Cloudflare.

Selain mengamankan DNS kamu, Aplikasi ini juga bisa Anda gunakan untuk mem-bypass Internet Positif dengan mudah, tanpa mengorbankan Kecepatan Internet kamu.

Cuplikan Layar

Cara Bypass Internet Positif di Android dan iOS
Cuplikan Layar Utama dari Aplikasi 1.1.1.1, yang sudah di aktifkan

Download: (atau Link)

Cara menggunakan nya sangat mudah, Anda tinggal membuka Aplikasi nya, lalu tap pada tuas untuk mengaktifkan nya. Setelah mengaktifkannya, tuas akan secara otomatis bergeser ke arah kanan, dan status pun akan berubah menjadi “Connected” atau “Tersambung” jika berhasil. Atau, jika pertama kalinya Anda membuka aplikasi tersebut, Anda tinggal ikuti saja petunjuk nya.

Selain mengaktifkannya, Anda juga bisa memeriksa/memastikan bahwa DNS Anda menggunakan DNS Cloudflare atau mendiagnosa Koneksi nya. Atau, kalo kamu ingin mengatur Protokol yang di gunakan nya, melihat log kueri DNS nya atau pengaturan lanjutan lainnya, Anda tinggal tap tombol yang ber-ikon tiga garis yang berbentuk seperti “Hamburger”. Disitulah Anda bisa mengatur Aplikasi tersebut.

Mudah, bukan?


#2: Intra (DoH) (Android)

Cara Bypass Internet Positif di Android
Logo Aplikasi Intra yang di dapatkan dari Google Play Store

Intra merupakan Aplikasi dari Jigsaw Operations LLC (walaupun sebenarnya itu merupakan bagian dari Perusahaan Alphabet, atau bisa di bilang “Adiknya Google”) yang membantu Anda untuk mengamankan DNS sekaligus mem-bypass Internet Positif.

Beda nya dengan Aplikasi 1.1.1.1 tadi adalah bahwa Aplikasi ini bisa menggantikan Layanan DNS/Resolver DNS. Jika pada Aplikasi 1.1.1.1 kita hanya bisa menggunakan Resolver DNS dari Cloudflare (1.1.1.1) saja, maka pada Aplikasi ini, kita bisa menggunakan Resolver DNS lain nya, seperti DNS Google, Cloudflare, Common Host, dll yang menggunakan Protokol DoH (DNS-over-HTTPS atau DNS-over-HTTP/2).

Ya, Aplikasi ini hanya menggunakan Protokol DoH saja, tidak ada/tidak mendukung protokol DoT dan DNSCrypt, sayang sekali kalo gitu. Selain itu, Aplikasi ini hanya mendukung Sistem Operasi Android saja. Tapi, kabar baiknya, Aplikasi ini merupakan Proyek FLOSS, sehingga Anda bisa berkontribusi kalau Anda mau, dan di lisensikan menggunakan Apache 2.0.

Cuplikan Layar

Cuplikan Layar dari Aplikasi Intra, salah satu aplikasi Pengaman DNS dan Bypass Internet Positif
Cuplikan Layar Utama dari Aplikasi Intra, yang sudah di aktifkan.

 

Cuplikan Layar Pengaturan Aplikasi Intra

Download: (atau Link)

Cara menggunakan nya sangat mudah, Anda tinggal membuka Aplikasi nya, lalu tap pada tuas untuk mengaktifkan nya. Setelah mengaktifkannya, tuas akan secara otomatis bergeser ke arah kanan, dan status pun akan berubah menjadi “Protected” jika berhasil. Atau, jika pertama kalinya Anda membuka aplikasi tersebut, Anda tinggal ikuti saja petunjuk nya.

Secara default, Anda akan menggunakan Resolver DNS dari Google. Jadi, selain mengaktifkannya, Anda juga bisa mengganti Resolver DNS yang semula menggunakan DNS Google menjadi DNS Cloudflare atau DNS lainnya.

Atau, kalo kamu mau mengecualikan Aplikasi tertentu, kamu tinggal tap tombol yang ber-ikon tiga garis yang berbentuk seperti “Hamburger”, yang terletak di sudut kiri atas -> Lalu, klik pada “Settings” -> Nanti akan tampil pengaturan seperti pada Cuplikan Layar di bagian atas. Nah, disitulah Anda bisa mengatur Aplikasi tersebut.

Mudah, bukan?


#3: DNSCloak (DoH dan DNSCrypt) (iOS)

Cara Bypass Internet Positif di Android di iOS
Logo dari DNSCloak di dapatkan dari Apple App Store

DNSCloak merupakan Aplikasi khusus iOS yang berguna untuk mengamankan lalu lintas DNS kamu serta Bypass Internet Positif. Aplikasi ini di buat oleh sebuah lembaga, yakni “Center for the Cultivation of Technology” yang berasal dari Jerman.

Beda dari Aplikasi ini dengan Aplikasi lain nya adalah, bahwa Aplikasi ini merupakan implementasi sepenuhnya dari DNSCrypt-Proxy. Jadi, Aplikasi ini mendukung Resolver DNS dengan Protokol DNS-over-HTTPS dan DNSCrypt saja. Jika Anda sebelum nya menggunakan DNSCrypt-Proxy atau Simple DNSCrypt di Windows, pasti cara menggunakan nya hampir sama.

Aplikasi ini adalah satu-satunya (yang saya lihat) implementasi dari DNSCrypt-Proxy sepenuhnya, bila di bandingkan dengan Aplikasi lainnya. Tapi, sayangnya, Aplikasi ini bukanlah Proyek FLOSS, sehingga Anda tidak bisa bebas berkontribusi, tidak seperti DNSCrypt-Proxy.

Ngomong-ngomong, karena saya tidak mempunyai perangkat dengan Sistem Operasi iOS (seperti iPhone dan iPad), maka bagian “Cuplikan Layar” tidak saya bahas disini. Jika Anda ingin melihat nya, silahkan ke Apple App Store dengan klik link pada bagian “Download” di bawah ini.

Download:

Karena saya tidak mempunyai perangkat dengan Sistem Operasi iOS, maka secara otomatis, saya tidak menggunakan Aplikasi tersebut. Untuk cara penggunaan nya, bisa kamu lihat Kultwit dari mas Aditya Daniel disini.

Well, pembahasan kali ini cukup sampai sini saja. Dengan kata lain, Artikel ini sebenarnya saya akhiri disini saja, tapi kalo mau lanjut, kamu bisa membaca bagian “Penutup” nya.


Penutup

Terima kasih bagi Anda yang telah membaca Artikel ini. Mohon maaf, jika di artikel ini adanya kesalahan pengetikan, gak nyambung sampai membuat anda tersinggung. Saya tidak bermaksud demikian, saya hanya bermaksud untuk membagikan Aplikasi saja disini, dan saya juga berusaha agar artikel ini dibaca oleh orang lain dari Internet.

Jika benar-benar adanya kesalahan pada Artikel ini, mungkin bisa anda beri Kritik dan Saran di dalam Kolom Komentar. Bahkan, kolom komentar bisa anda gunakan jika anda membagikan pengalaman, ingin bertanya atau sekedar bilang “Nyimak” atau “Hi”.

Sudah sekian untuk artikel yang saya bagikan ini, dan semoga bermanfaat untuk anda. Terima Kasih ^_^

Lisensi Artikel:

Artikel ini saya Lisensi kan dengan CC BY-SA 4.0 (Creative Common Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Atau, bahasa Inggrisnya: Attribution-ShareAlike 4.0 International). Artinya, sebelum Anda menggunakan Artikel ini, baik mengcopas nya, atau membuat Artikel Turunan dari ini, untuk tujuan dan keperluan apapun, termasuk untuk kepentingan komersial sekalipun, Anda harus membaca, pelajari dan pahami Lisensi ini terlebih dahulu.

Saya melisensikan nya hanya untuk Artikel (Teks) ini saja, bukan untuk/tidak dengan Media Gambar/Cuplikan Layar yang ada di Artikel ini.

Untuk membaca dan memahami Lisensi nya, silahkan kunjungi Web Page nya di sini.

Terima kasih ^_^

Farrel Franqois

Saya adalah Mahasiswa dan juga seorang Penulis di Duosia, saya memang seorang pengguna Windows dan GNU/Linux. Namun, saya akan lebih sering menulis berbagai Hal tentang Web dan GNU/Linux dalam bentuk Tutorial, Review dan Opini, daripada Windows, karena saya malas menggunakan Windows :-P
int(1) int(1) /* */

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih