Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis

3 Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis Agar Tidak Hilang – Whatsapp merupakan salah satu layanan kirim pesan yang paling populer saat ini. Sejak diluncurkan pada tahun 2009, whatsapp perlahan-lahan menjadi salah satu layanan yang banyak dipilih oleh banyak orang sebagai media untuk berkirim pesan. Hal ini karena Whatsapp sendiri memiliki banyak kelebihan dibanding dengan software berkirim pesan lainnya. Terlebih lagi sejak diakuisisi oleh pihak Facebook pada tahun 2014 lalu, Whatsapp selalu dikembangkan menjadi lebih baik sampai saat ini. Pada awal tahun 2020 sendiri, Whatsapp menjadi aplikasi kirim pesan paling populer dengan jumlah unduhan lebih dari 5 miliar unduhan, unggul jauh dari para pesaing-pesaingnya. Selain karena gratis untuk fitur-fiturnya, Whatsapp hanya terfokus pada fungsinya sebagai sarana berkirim pesan sehingga Whatsapp menjadi sangat populer.

Salah satu hal yang sangat krusial dari sebuah aplikasi kirim pesan adalah pesan itu sendiri. Banyak pesan penting yang tentunya ada didalam Whatsapp. Tidak hanya pesan teks, bahkan pesan berbentuk media seperti gambar maupun video bisa menjadi sangat penting. Oleh karena itu perlu adanya manajemen data yang baik agar pesan-pesan dan media-media yang ada di Whatsapp kita dapat tersimpan dengan baik untuk waktu yang lama. Salah satu cara untuk mengamankan data adalah dengan melakukan backup data tersebut. Bagaimana cara backup data Whatsapp di Android? Di tutorial kali ini Duosia akan memberikan caranya. Artikel kali ini berjudul 3 Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis Agar Tidak Hilang.

3 Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis Agar Tidak Hilang
3 Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis Agar Tidak Hilang

Cara untuk melakukan backup data pesan whatsapp kita sebenarnya sudah disediakan oleh pihak Whatsapp sendiri. Namun banyak dari kita yang tidak mengetahuinya, sehingga apabila kita pindah perangkat maka data-data pesan kita akan hilang semuanya. Dengan mengikuti cara-cara dibawah, data Whatsapp kalian dapat ter-backup secara otomatis sehingga meminimalisir hilangnya data karena hal-hal yang tidak kalian inginkan. Langsung saja kita menuju tutorial 3 Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis Agar Tidak Hilang.

#1. Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis Menggunakan Aplikasi Whatsapp

Pihak Whatsapp sendiri sudah menyediakan fitur agar kita dapat melakukan backup data pesan kita. Dengan cara ini semua data Whatsapp kita baik itu pesan, gambar, dan video dapat dibackup dengan baik di akun Google Drive kita. Khusus untuk data video sendiri kita dapat mengecualikannya apabila nantinya akan memakan ruang dari Google Drive kita. Cara backup data Whatsapp Android otomatis menggunakan aplikasi Whatsapp adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Whatsapp Android kalian.
  2. Ketuk atau tekan pada menu titik tiga di bagian pojok kanan atas dari aplikasi Whatsapp kalian kemudian pilih atau tekan menu Settings.
    cara backup data whatsapp dari android ke iphone
  3. Akan muncul beberapa pengaturan aplikasi dari Whatsapp. Pilih pada menu Chats.
    backup data whatsapp android
  4. Kemudian pilih atau tekan menu Chat Backup.
    backup data whatsapp ke hp lain
  5. Sebelum melakukan backup kalian harus mengatur beberapa pengaturan untuk mengatur backup data Whatsapp kalian. Kalian lihat pada menu Google Drive Settings.
    cara backup data aplikasi whatsapp
  6. Ada beberapa yang perlu kalian atur. Antara lain:
  • Back up to Google Drive: Kapan data Whatsapp akan dibackup. Pilih sesuai kebutuhan kalian. Bisa harian, mingguan, atau bahkan bulanan.
    backup data whatsapp iphone ke android
  • Google Account: Pilih akun Google mana yang masih memiliki ruang Google Drive yang cukup untuk membackup data-data Whatsapp kalian.
    Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis - Duosia
  • Back up over: Pilih koneksi apa yang kalian pakai untuk melakukan backup. Ada pilihan melalui koneksi Wifi saja dan juga melalui Data seluler dan Wifi. Sesuaikan dengan kebutuhan kalian.
    backup whatsapp data apk
  • Include videos: Apabila kalian tidak ingin video-video Whatsapp kalian dibackup maka matikan opsi tersebut.

Kalau sudah diatur semua kalian bisa tekan pada pilihan Back Up di bagian Last Backup.

cara backup data whatsapp ke hp baru

Kedepannya, proses backup data Whatsapp kalian akan disesuaikan dengan pengaturan kalian sebelumnya dan juga disesuaikan dengan waktu terakhir kalian melakukan backup data Whatsapp. Kecuali apabila kalian memilih pilihan ‘Only When I tap “Back up”‘ pada menu Back up to Google Drive, maka proses backup hanya berlaku apabila kalian menekan pilihan Back Up.

#2. Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis Menggunakan Google Photos

Disini kita akan memanfaatkan aplikasi bawaan Google yang ada di Android untuk melakukan backup data Whatsapp kita. Aplikasi yang kita gunakan adalah Google Photos. Untuk cara ini kita tidak melakukan backup data Whatsapp secara keseluruhan, namun hanya untuk media foto saja. Sesuai aplikasi yang dipakai, kita hanya dapat menggunakan Google Photos untuk membackup data media Whatsapp kita. Cara backup data Whatsapp Android otomatis menggunakan Google Photos adalah sebagai berikut:

Untuk jaga-jaga apabila di Android kalian tidak ada aplikasi Google Photos, kalian dapat mendownloadnya disini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.google.android.apps.photos&hl=en
  1. Pertama tentunya kalian harus membuka aplikasi Google Photos.
    cara buka data backup whatsapp
  2. Kemudian pilih atau tekan menu hamburger atau menu dengan tiga garis  yang ada dipojok kiri atas dan selanjutnya kalian tinggal pilih pada menu “Settings”.
    cara backup data whatsapp otomatis
  3. Pilih atau tekan pada menu Back up & sync.
    cara backup whatsapp ke hp baru
  4. Aktifkan menu Back up & sync untuk mengaktifkan backup otomatis. Apabila akun google drive kalian memiliki sisa penyimpanan yang tinggal sedikit, kalian diminta untuk melakukan backup ke akun lain yang tersedia di perangkat kalian.
    cara backup chat whatsapp ke hp baru
  5. Kemudian akan muncul beberapa pengaturan dari backup tersebut. Untuk memilih folder dari whatsapp pilih pada menu Back up device folders.
    cara backup chat wa ke hp baru
  6. Kalian scrool kebawah sampai menemukan folder dengan nama “Whatsapp Images“. Tekan pada folder tersebut untuk mengaktifkan backup.
    cara backup data di whatsapp otomatis

Pada tahap ini kalian sudah berhasil mengaktifkan fitur backup otomatis untuk file gambar atau foto dari Whatsapp kalian. Backup akan berlangsung apabila Android kalian tersambung ke koneksi WiFi.

#3. Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis Menggunakan Google Photos

Apabila sebelumnya kalian ingin hanya melakukan backup untuk foto dari Whatsapp, disini kalian akan melakukan backup untuk video dari data Whatsapp kalian. Seperti yang kita tahu, ukuran video tentunya lebih besar daripada ukuran gambar. Walaupun video-video yang dikirim melalui aplikasi Whatsapp sudah terkompresi secara otomatis, tetap saja apabila jumlah video keseluruhan lumayan banyak maka ukurannya akan besar juga. Daripada membackupnya di perangkat lain, lebih baik video-video tersebut kita backup di akun Google kita. Caranya hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya beda folder saja yang akan kita backup. Cara selengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Cari dan buka aplikasi Google Photos di Android kalian. Seharusnya sudah ada tanpa kalian menginstalnya.
    backup whatsapp data in google drive
  2. Kemudian pilih atau tekan menu hamburger atau menu dengan tiga garis  yang ada dipojok kiri atas dan selanjutnya kalian tinggal pilih pada menu “Settings”.
    backup data whatsapp iphone
  3. Pilih atau tekan pada menu Back up & sync.
    backup data whatsapp ke pc
  4. Aktifkan menu Back up & sync untuk mengaktifkan backup otomatis. Apabila akun google drive kalian memiliki sisa penyimpanan yang tinggal sedikit, kalian diminta untuk melakukan backup ke akun lain yang tersedia di perangkat kalian.
    cara backup data whatsapp web
  5. Kemudian akan muncul beberapa pengaturan dari backup tersebut. Untuk memilih folder dari whatsapp pilih pada menu Back up device folders.
    aplikasi backup data whatsapp
  6. Kalian scrool kebawah sampai menemukan folder dengan nama “Whatsapp Videos“. Tekan pada folder tersebut untuk mengaktifkan backup.
    cara backup media whatsapp otomatis

Sama dengan cara kedua, pada tahapan ini kalian sudah berhasil mengaktifkan backup otomatis pada data video whatsapp kalian. Backup akan berlangsung apabila Android kalian tersambung ke koneksi WiFi.

Sekian artikel dengan judul 3 Cara Backup Data Whatsapp Android Otomatis Agar Tidak Hilang. Semoga dengan ditulisnya artikel ini dapat menjawab pertanyaan kalian yang kebingungan tentang bagaimana cara melakukan backup data whatsapp android secara otomatis.

 

 

Jiyaad Sabiq

Member/author in Duosia since 2016. A person who want to share benefit contents and spread knowledge to everyone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Pin It on Pinterest

Close

Tolong Bantu Kami Tumbuh

Kami hanya akan menampilkan iklan yang RELEVAN dan TIDAK MENGANGGU Dengan anda MEMATIKAN Adblock pada situs kami, Merupakan salah satu Modal untuk menyajikan konten Terbaik