Cara Ampuh, Mudah dan Cepat Mengatasi HP Android Lemot Kembali Lancar dan Kenceng

5 Cara Ampuh, Mudah dan Cepat Mengatasi HP Android Lemot Kembali Lancar dan Kenceng – Gadget sudah menjadi barang biasa bagi kehidupan sehari-hari. Bahkan gadget saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup banyak orang. Salah satu gadget yang menjadi kebutuhan tentunya adalah smartphone. Smartphone yang banyak digunakan oleh orang-orang khususnya oleh orang Indonesia adalah smartphone dengan basis Android. Android merupakan sebuah operasi sistem yang paling popular saat ini. Berbagai macam smartphone yang beredar di dunia saat ini mayoritas menggunakan Android sebagai sistem operasinya. Hal ini dikarenakan Android sendiri merupakan sebuah operasi sistem yang bersifat open source sehingga banyak dari merk-merk smartphone yang mengustomisasinya. Ini merupakan salah satu hal yang membuat Android disukai banyak orang karena tampilan dan fiturnya yang sangat kaya.

Selain itu, ponsel-ponsel yang menggunakan Android juga semakin hari semakin banyak yang memiliki spesifikasi yang cukup gahar. Seperti kamera yang memiliki banyak lensa, dapur pacu atau processor yang kencang, memori RAM dan memori internal yang besar, hingga dimensi layer smartphone yang luas. Namun diantara banyak keunggulan-keunggulan diatas, Android seringkali memiliki beberapa hambatan dan masalah. Salah satu yang sering menjadi masalah adalah Android yang berjalan dengan lambat atau lemot. Melihat masalah tersebut, Kami akan memberikan solusinya.

Cara Mengatasi Android Lemot
Cara Mengatasi Android Lemot

Android yang bersifat open source tentunya banyak dipakai oleh banyak merk atau vendor smartphone di dunia. Perusahaan-perusahaan besar seperti Xiaomi, Samsung, Sony, Oppo, Asus, bahkan kini Nokia menggunakan Android sebagai sistem operasi ponsel mereka. Mereka juga mengustomisasi tampilan asli Android dan menambahkan aplikasi-aplikasi lainnya. Namun Android tetaplah android. Setiap perangkat yang memiliki sistem operasi Android pasti memiliki cara yang sama. Disini saya akan memberikan beberapa cara mudah agar android kalian dapat berjalan dengan mulus seperti sebelumnya. Langsung saja kita menuju artikel 5 Cara Mengatasi Android Lemot Dengan Mudah.


#1. Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot dengan Bersihkan File Cache

Bagi orang awam, data cache tidak dipikirkan karena biasanya mereka tidak tahu apa itu data cache. Jadi, pada dasarnya data cache adalah data yang bersifat sementara yang disimpan oleh aplikasi yang ada di Android di memori internal smartphone kita. Fungsinya sendiri adalah untuk mempercepat untuk membuka aplikasi kembali apabila akan digunakan kembali setelah sebelumnya ditutup. Walaupun sebenarnya memiliki fungsi untuk mempercepat saat membuka aplikasi, sebenarnya data cache sangat berpengaruh terhadap kinerja Android kita. Hal ini karena apabila data cache dibiarkan terus-menerus hanya akan membuat kinerja smartphone menjadi lemot karena memori internal yang kepenuhan.

Cara Ampuh Mengatasi Android Lemot dengan Bersihkan File Cache
android lemot padahal aplikasi sedikit
android lemot sekali

Maka dari itu, sebaiknya sering-seringlah menghapus data cache di smartphone Android kalian secara berkala. Tidak harus setiap hari, mungkin bisa seminggu sekali atau seminggu dua kali, terutama saat dirasa perangkat Android kalian sudah mulai melambat. Kalian bisa menghapus data cache dengan membuka info aplikasi kemudian pilih hapus cache.


#2. Cara Mudah Mengatasi Android Lemot dengan Menghapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Banyak dari kita yang seringkali mendownload banyak aplikasi. Hal ini biasanya dilakukan karena merasa aplikasi-aplikasi tersebut menarik untuk didownload. Padahal tidak semua aplikasi tersebut bakal berguna bagi kalian, atau minimalnya dipakai walaupun sekali. Kebiasaan ini merupakan salah satu penyebab kenapa Android kalian menjadi lemot. Aplikasi yang banyak tersebut secara otomatis akan memakan ruang internal Android kalian sehingga menyebabkan kinerja sistem akan melambat dan hasilnya tentu Android menjadi lemot atau lambat.

Cara Mudah Mengatasi Android Lemot dengan Menghapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Mengatasi hal ini, kalian cukup menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah dipakai. Pilihlah aplikasi-aplikasi yang berguna saja dan atur prioritas mana saja aplikasi yang bakal kalian gunakan dalam jangan panjang. Kalian bisa menghapusnya langsung dari Play Store atau lewat pengaturan di masing-masing smartphone kalian.


#3. Cara Cepat Mengatasi Android lemot dengan Menghapus File yang Tidak Terpakai

Sebagai gadget yang kita pakai sehari-hari, smartphone pastinya dipakai untuk berbagai hal. Contohnya seperti mendengarkan musik, mengambil foto, maupun menonton berbagai video. Banyak dari kita yang merasa bahwa memori internal kita sudah cukup untuk menyimpan file-file tanpa harus menambahkan memori eksternal karena smartphone jaman sekarang sudah memiliki kapasitas internal yang cukup besar.

Cara Cepat Mengatasi Android lemot dengan Menghapus File yang Tidak Terpakai

Namun hal ini biasanya melenakan kita sehingga kita menyimpan banyak file-file yang sebenarnya memberatkan memori internal kita. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja Android kita karena memori internal yang semakin penuh. Maka dari itu kita perlu menghapus file-file yang tidak diperlukan seperti berkas yang kita download dan lainnya. Atau kita dapat membeli micro SD dan memindahkan file-file tersebut ke micro SD sehingga memori internal kita hanya terpakai untuk sistem dan aplikasi saja.


#4. Cara Membuat Android Lemot kembali Lancar dengan Pasang Aplikasi Pembersih

Cara ini sebenarnya tidak terlalu bagus namun patut untuk dicoba. Aplikasi-aplikasi pembersih ini sangat membantu kita saat perangkat Android yang kita punya sudah dirasa agak melambat. Dengan menggunakan aplikasi pembersih tersebut kita bisa meningkatkan kinerja Android kita dengan beberapa langkah saja. Kalian bisa mencari aplikasi pembersih yang cocok buat smartphone kalian di Google Play Store. Cukup ketikkan kata kunci ‘cleaner’ atau ‘pembersih’ dan kalian akan menemukan banyak sekali pilihan. Namun cara ini agak sedikit beresiko karena ada kemungkinan file penting yang aja di memori internal kalian akan ikut terhapus. Jadi, pastikan kalian berhati-hati saat menggunakan aplikasi pembersih.

Cara Membuat Android Lemot kembali Lancar dengan Pasang Aplikasi Pembersih

Namun saat ini sudah banyak vendor smartphone yang sudah menyertakan fitur Clean Storage untuk membersihkan file-file sampah yang memberatkan Android kalian. Biasanya akan muncul peringatan secara otomatis apabila memori internal kalian sudah agak penuh. Cara ini tentu lebih aman daripada memasang aplikasi pembersih tambahan.


#5. Cara Mengatasi Android Lemot Kembali Ngebut dengan Factory Reset

Factory reset merupakan jalan terakhir yang dapat dilakukan saat Android kita mengalami suatu masalah. Hal ini juga berlaku apabila Android kalian terus-menerus terasa lambat. Fitur factory reset ini dapat dilakukan di semua perangkat Android.

Cara Mengatasi Android Lemot Kembali Ngebut dengan Factory Reset

Seperti namanya, factory reset akan membuat Android kalian ter-reset menjadi seperti baru lagi layaknya keluaran dari pabrik. Ini tentunya akan membuat memori kita akan menjadi sangat lega dan kita merasa seperti memakai smartphone baru lagi karena semuanya sudah direset.

Sekian artikel dengan judul 5 Cara Mengatasi Android Lemot Dengan Mudah. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat dan juga wawasan kepada banyak orang.

 

 

Jiyaad Sabiq

A person who want to share benefit contents
int(1) int(1) /* */

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih