Cara Mengirim/Mentransfer File/Berkas dari Smartphone Android ke PC (Laptop) Menggunakan SHAREit dengan Mudah dan Cepat (dengan Gambar) – Halo semua kali ini saya sedang berusaha untuk menyelesaikan series untuk tutorial mengenai SHAREit . Seperti yang kita ketahui Transfer dan pertukaran file sudah menjadi kebiasaan dalam masyarakat kita, seperti membagikan Film, lagu, perangkat lunak, PDF, Video, Dokumen, Gambar/Foto, dll.

Cara Menggunakan SHAREit untuk Mengirim File dari Smartphone Android ke Laptop

Cara Mengirim File dari Android ke PC Menggunakan SHAREit

Sudah menjadi kebiasaan kita untuk saling berbagi khususnya untuk hal-hal yang menarik, seperti video, musik ataupun film yang menurut kita menarik. Kita cendrung akan membagikanya kepada orang terdekat ataupun orang lain, dan ini merupakan keigatan yang sangat normal di semua kalangan masyarakat, khususnya masyarakat modern.

Kita sering memindah ataupun mengirim file dari android kesayangan kita ke laptop yang biasanya kita lakukan dengan tiga cara yang menurut saya sekarang sudah tidak efisien, yaitu menggunakan metode

  1. Mengirim file menggunakan perantara MicroSD
  2. Mentransfer berkas dengan menggunakan Kabel Data
  3. Dan membagikan file dengan Bluetooth

Namun ada saja kelamahan dari 3 cara diatas yang pertama jika kita menggunakan MicroSD maka kita tentu memerlukan card reader, dan untuk mendapatkanya kita harus membeli, jika kita bisa berhemat mengapa tidak? Selain itu jika kita menggunakan Smartphone model lawas kita harus bersusah-susah dahulu untuk melepaskan MicroSD dan tentu ini tidak efisien.

Lalu untuk metode ke dua yaitu dengan kabel data. Sebenarnya cara ini juga cukup bagus, hanya saja untuk zaman sekarang apakah cara ini masih ‘pantas’ untuk digunakan? tentu tidak mau kita dipanggil gaptek gara-gara masih suka menggunakan kabel.

Dan untuk cara ketiga memang tidak menggunakan kabel ataupun alat lainya, namun masih memiliki kelamahan dimana tidak semua Laptop (khususnya keluaran lama) memiliki Bluetooth. Dan ini akan menjadi masalah lagi. Selain itu kecepatan Bluetooth juga relatif lambat jika dibanding kabel data.

Maka dari itu kita akan membutuhkan Metode Transfer File yang tidak memerlukan Kabel ataupun alat lainya dan Tanpa mengurangi KUOTA Data Internet!!!, namun memiliki kecepatan yang bagus. Maka telah hadir kita dapat menggunakan software SHAREit aplikasi Transfer yang menggunakan WIFI. Modern bukan?

Tambahan sedikit kenapa saya membuat 4 (empat) tutorial sekaligus, ini dikarenakan setiap orang memiliki metode masing-masing yang dapat bekerja, jadi setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri.

Oke daripada saya terlalu banyak berargumen, langsung saja kita memulai tutorialnya


Persiapan sebelum memulai Tutorial (Silahkan Klik link dibawah untuk Mendownload):

Ketika kondisi anda berbeda saya anjurkan untuk membaca ini 3 Cara Mengirim File dari Laptop ke Android Menggunakan SHAREit

Atau anda juga bisa menggunakan Tutorial ini Cara Mengirim File dari Laptop ke PC Menggunakan SHAREit


#1 Cara Men-Transfer File dari Android ke PC Menggunakan SHAREit via WebShare

1. Langkah Pada Android (Lakukan langkah ini sampai selesai)

  1. Silahkan buka SHAREit for Android
    Membuka SHAREit
  2. Setelah itu Pilih Menu (Pojok kiri Atas) > Setelah itu pilih WebShare
    Memilih Webshare
  3. Setelah itu pilih File yang ingin anda bagikan (bisa memilih lebih dari satu), Anda juga bisa langsung membagikan berbagai jenis file secara bersamaan, dan filenya pun dapat beragam seperti Video, Aplikasi, Foto ataupun musik dalam waktu yang sama > Setelah itu klik “Send”
    Memilih Files dan Mengirim
  4. Maka akan muncul detail nama Wifi dari WebShare dan langkahnya.
    Infromasi Webshare
2. Langkah Pada PC (Setelah melakukan langkah pada Android baru mengikuti ini)
  1. Pertama silahkan konekan laptop dengan Nama WIFI yang berada di Detail WebShare Android. Harap bersabar jika saat mengkonekan menunggu sedikit lama.
    mengkonekan wifi shareit
  2. Setelah terkonek dengan WIFI SHAREit android kita. Langsung saja buka Browser kesukaan anda, Disini saya menggunakan Google Chrome
  3. Untuk mendownload Files yang tadi anda kirim anda harus mengunjungi tautan http://192.168.43.1:2999/
    mendownload file dari webshare menggunakan idm
  4. Maka akan muncul laman SHAREit, Dan untuk mendownload silahkan klik icon download yang berada di bagian kanan, dan file akan otomatis terdownload dengan sendirinya. Dan jika anda menggunakan IDM silahkan klik tombol “Start Download” dan anda akan melihat kecepatan download yang fantastis
  5. Dan jika anda sudah selesai silahkan disconnect WIFI dan keluar dari Webshare

#2 Cara Mengirim File Antar Android dan PC/Laptop Menggunakan SHAREit via Mobile Search Computer (Smartphone mencari Laptop)

1. Langkah Pada PC (Lakukan langkah ini sampai selesai)

  1. Silahkan buka SHAREit pada PC anda terlebih dahulu
    PC Search Mobile
  2. Tunggu sebentar sampai hotspot selesai dibuat oleh SHAREit, akan ada tulisan “Waiting to be connected” jika hotspot telah selesai dibuat

2. Langkah Pada Android (Setelah melakukan langkah pada PC baru mengikuti ini)

  1. Buka SHAREit di Android
  2. Setelah itu Pilih Menu (Pojok kiri Atas) > Pilih “Connect PC”
    Connect to PC
  3. Tunggu sebentar proses scanning, dan setelah Laptop anda ditemukan klik avatar laptop anda di Android > Silahkan tab Avatar tersebut
    Proses Scanning
  4. Maka anda perlu melihat laptop anda, dan memberikan persetujuan untuk smartphone anda, mungkin akan membutuhkan waktu beberapa saat agar benar benar terkonek (catatan: Kirim file ketika tampilan di Mobile dan PC sudah pada Menu Transfer, jika salah satu perangkat masih connecting jangan kirim dulu)
    Menyetujui Device
  5. Setelah itu silahkan anda pilih menu “Photos” atau “Files” dan anda bisa mengirim file dari android anda ke PC, Silahkan pilih file lalu klik “send” dan tunggu prosesnya
    Proses Mengirim dan Menerima File
  6. Dan setelah selesai silahkan disconnect dengan mengklik tombol exit

#3 Cara Mengirim Berkas dari Android ke Laptop Menggunakan SHAREit via Computer Search Mobile (Laptop mencari Smartphone)

1. Langkah Pada Android (Lakukan langkah ini sampai selesai)

  1. Pertama buka SHAREit pada Android anda
  2. Seperti biasa buka Menu dan Tab connect PC
    Connect ke PC
  3. Yang berbeda disini adalah selanjutnya anda harus mengklik Tombol “PC Search Mobile” di pojok kanan
    PC Search Mobile
  4. Maka hotspot akan di install, dan tunggu proses ini sebentar, Jika sudah selesai maka akan bertuliskan “Waiting to be connected…”
    Hotspot telah terpasang

2. Langkah Pada PC (Setelah melakukan langkah pada Android baru mengikuti ini)

  1. Setelah masuk ke SHAREit for PC, Pilih Search Hotspot of Mobile
    Mencari Hotspot dari Smartphone
  2. Tunggu sebentar sampai anda menemukan Avatar Android anda > Setelah ketemu silahkan klik
    Memilih Android
  3. Pada layar PC akan ada pemberitahuan bahwa kita menunggu persetujuan pada android, Maka Pada Android silahkan accept permintaan join dari PC dengan Tab “OK”
    Menyetujui Request untuk bergabung
  4. Setelah permintaan di Accept, tunggu sebentar untuk proses connecting. Dan setelah selesai anda akan berada di menu Transfer (catatan: Kirim file ketika tampilan di Mobile dan PC sudah pada Menu Transfer, jika salah satu perangkat masih connecting jangan kirim dulu)
    Connecting to PC
  5. Setelah itu anda bisa mengirim file dari android anda ke PC, Silahkan pilih file yang ingin dikirim lalu klik “send” dan tunggu sebentar maka file berhasil dikirim
    Mengirim dan Menerima File
  6. Seperti biasa silahkan klik icon “Exit” setelah file selesai terkirim

#4 Cara Mengirim Berkas dari Android ke Laptop Menggunakan SHAREit via QR Code

1. Langkah Pada PC (Lakukan langkah ini sampai selesai)

  1. Langsung saja buka SHAREit pada PC anda terlebih dahulu
  2. Tunggu sebentar sampai hotspot selesai dibuat oleh SHAREit (Indikator jika hotspot telah dibuat ada tulisan “Waiting to be connected”
    Memilih Scan QR Code
  3. Setelah itu klik Show QR Code > Maka akan muncul QR code yang perlu di scan
    Tampilan Menu QR Code
2. Langkah Pada Android (Setelah melakukan langkah pada PC baru mengikuti ini)
  1. Langsung saja buka SHAREit pada Android anda
  2. Seperti biasa buka Menu dan Tab “connect PC”
    Connect to PC
  3. Yang membedakan adalah pada step ini, selanjutnya anda harus mengklik Tombol “Scan to Connect” di pojok kiri
    Scan untuk Connect
  4. Maka otomatis anda akan membuka kamera, dan silahkan arahkan smartphone anda ke layar laptop tepatnya ke arah QR code yang ada di laptop
    Membaca QR Code menggunakan kamera
  5. Akan muncul lagi dialog box yang memungkinkan anda untuk memilih menggunakan hotspot laptop atau menggunakan hotspot android (untuk memilih koneksi terbaik sesuaikan dengan laptop dan android anda, Jika laptop anda yang lebih bagus “mahal” silahkan menggunakan metode pertama, Jika sekiranya android anda yang lebih bagus maka gunakan metode kedua)
    Memilih Jaringan yang akan digunakan
  6. Yup dan sekarang files sudah siap dikirim, Silahkan pilih file yang ingin dikirim lalu klik “send” dan file berhasil dikirim
    Transfer dan Menerima berkas menggunakan SHAREit

Ya dari setiap pilihan tutorial diatas memiliki kelebihan dan kekurangan, namun saya membuat skala prioritas untuk tutorial kami (termasuk artikel ini) semakin awal urutan tutorial itu semakin saya rekomendasikan, dan sekamakin bawah semakin saya kurang merekomendasikan
Kesimpulan: Jika anda ingin fokus membagikan file dari android ke pc maka saya sangat merekomendasikan cara pertama, karena cara pertama bahkan tidak membutukan shareit di PC. Selain itu cara pertama merupakan saya yang paling mudah dari semua cara diatas.
Sekian dari saya mengenai Tutorial Mengirim/Mentransfer File/Berkas dari Smartphone Android ke PC (Laptop) Menggunakan SHAREit, bila ada tutur kata saya yang kurang berkenan saya mohon maaf, dan semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat untuk anda dan kita semua, baik waktu sekarang ataupun masa depan. Semoga Berhasil.