Cara Scan Dokumen di Android

3 Cara Scan Dokumen di Android Dengan Mudah dan Cepat – Dalam beberapa minggu belakangan, negara-negara di seluruh dunia mengalami pandemi atau wabah yang memiliki jangkauan luas bernama Corona atau covid-19. Karena wabah ini, banyak kantor-kantor dan sekolah-sekolah yang meliburkan kantor atau sekolah mereka untuk menanggulangi wabah tersebut. Selain meliburkan, ada istilah yang dipakai untuk mereka yang melakukan pekerjaan mereka di rumah yang kita tahu bernama WFH atau Work From Home. Banyak pekerjaan kantor atau bahkan tugas-tugas para pelajar dan mahasiswa yang dilakukan di rumah masing-masing. Baik itu mengetik laporan, mengirim hasil tugas, hingga melakukan scan dokumen.

Berbicara mengenai scan dokumen, biasanya kita menggunakan sebuah mesin scanner atau bahkan mesin fotokopi untuk men-scan sebuah dokumen. Namun, tidak semua orang mempunyai scanner atau bahkan alat fotokopi di rumah mereka. Mereka kebanyakan hanya mempunyai perangkat laptop atau PC dan juga smartphone Android. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara scan dokumen di Android?. Kali ini Duosia akan menjawab pertanyaan tersebut. Artikel kali ini berjudul 3 Cara Scan Dokumen di Android Dengan Mudah dan Cepat.

3 Cara Scan Dokumen di Android Dengan Mudah dan Cepat
3 Cara Scan Dokumen di Android Dengan Mudah dan Cepat

Selain menggunakan scanner, kita dapat scan dokumen dengan menggunakan Android kita sendiri. Tentunya hal ini memudahkan banyak pekerjaan kita, apalagi yang seringkali berkutat dengan dokumen-dokumen. Apalagi pada masa ini kita tidak bisa terlalu leluasa untuk berkirim dokumen dalam bentuk fisik sehingga scan dokumen menjadi sebuah pilihan. Ada tiga cara yang akan penulis bagikan pada artikel ini. Cara yang akan saya berikan ada yang menggunakan aplikasi bawaan Android, ada juga yang menggunakan aplikasi pihak ketiga. Tutorial ini merupakan tutorial yang sangat mudah untuk diikuti bahkah bagi orang awam sekalipun. Langsung saja inilah artikel 3 Cara Scan Dokumen di Android Dengan Mudah dan Cepat.

#1. Cara Scan Dokumen di Android dengan Google Drive

Pada cara pertama ini, kita menggunakan aplikasi bawaan yang ada di Android kita. Aplikasi yang dimaksud adalah Google Drive. Mungkin banyak yang tidak tahu kalau selain sebagai media penyimpanan di internet, kita dapat scan dokumen di Android menggunakan Google Drive. Langsung saja inilah cara scan dokumen di Android dengan Google Drive:
  1. Buka aplikasi Google Drive yang ada di perangkat Android kalian dan siapkan dokumen yang ingin kalian scan di Android.
  2. Tekan pada ikon plus “+” kemudian pilih pada menu Scan.
    cara scan dokumen di android
    tutorial scan dokumen android
  3. Kemudian Google Drive akan membuka kamera pada perangkat kalian. Ambil foto dari dokumen yang ingin kalian scan.
    cara scan dokumen dengan android
  4. Setelah foto dokumen berhasil diambil, maka secara otomatis tampilan dari foto tadi akan berubah seperti hasil dari scan menggunakan scanner. Edit foto tersebut sesuai kebutuhan, kemudian tekan Save.
    cara scan dan edit dokumen di android
  5. File hasil scan di Google Drive tadi berformat pdf. Tekan Save untuk menyimpan file hasil scan dokumen di Android tadi di akun Google Drive kalian.
    aplikasi scan dokumen terbaik di android

Cara ini merupakan cara paling efesien karena kalian tidak harus mengunduh aplikasi lagi karena aplikasi Google Drive harusnya sudah tersedia pada perangkat Android. Selain itu, hasil dari scan dokumen di Google Drive dapat dibilang sangat mirip dengan dokumen yang discan menggunakan mesin scanner. Cocok bagi kalian yang tidak ingin repot mendownload aplikasi-aplikasi tambahan.

#2. Cara Scan Dokumen di Android dengan Office Lens

Untuk cara kedua ini kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Misrosoft yang bernama Office Lens. Menurut pengalaman penulis sendiri, aplikasi Office Lens merupakan aplikasi scanner terbaik di Android. Aplikasi Office Lens ini mendapatkan rating 4.8 di Play Store dan sudah digunakan atau diunduh lebih dari 10 juta pengguna. Selain itu, aplikasi Office Lens ini memiliki tampilan antar-muka yang sederhana dan mudah untuk dipahami dan digunakan. Langsung saja inilah cara scan dokumen di Android dengan Office Lens:
  1. Download aplikasi Office Lens disini. Aplikasi ini kompatibel untuk versi Android 5.0 dan diatasnya. Buka aplikasi tersebut dan siapkan dokumen yang ingin kalian scan.
  2. Kalian langsung dihadapkan dengan interface kamera. Sebelum mengambil foto atau scan dokumen, pilih jenis dokumen apa yang ingin kalian scan pada bagian bawah shutter kamera. Disini saya akan scan dokumen maka saya pilih dokumen. Kemudian foto atau scan dokumen tersebut. Jangan lupa cocokkan garis berwarna merah saat akan mengambil foto dokumen tersebut. Garis tersebut akan secara otomatis memotong bagian yang tidak perlu dari dokumen kalian.
    aplikasi scan foto dan dokumen di android terbaik
  3. Kemudian atur atau edit hasil foto tadi. Apabila dirasa hasilnya kurang mirip dengan hasil scan menggunakan mesin scanner, kalian bisa menerapkan filter. Filter yang saya sarankan adalah filter BW1. Kalau sudah selesai kalian edit, tekan Done.
    cara scan dokumen dengan hp android
  4. Pilih dimana file hasil scan dokumen di Android tadi, kemudian tekan Save.
    cara scan dokumen menggunakan android
Kelebihan dari Office Lens ini menurut penulis berada pada fitur kameranya yang memungkinkan aplikasi ini untuk memotong dokumen secara otomatis sesuai ukuran kertas atau dokumen. Namun dibandingkan dengan cara scan dokumen dengan Google Drive, cara ini membutuhkan pencahayaan yang bagus agar hasilnya mirip. Usahakan saat memakai aplikasi ini, kalian mempunyai pencahayaan yang cukup.

#3. Cara Scan Dokumen di Android dengan CamScanner

CamScanner merupakan salah satu aplikasi scanner dokumen paling populer yang ada di Play Store. Hampir sama dengan Office Lens, aplikasi CamScanner ini memiliki fitur-fitur yang memudahkan kita untuk scan dokumen di Android. Aplikasi ini sangat mudah untuk dipakai jadi jangan khawatir akan kesusahan. Langsung saja inilah cara scan dokumen di Android dengan CamScanner:
  1. Download CamScanner disini.
  2. Buka aplikasi CamScanner kemudian kalian bisa mendaftar akun terlebih dahulu. Apabila kalian tidak ingin menggunakan akun, tekan saja pada pilihan Use Now. Kekurangan dari tidak menggunakan akun adalah kalian tidak bisa menyimpan file di memori eksternal.
    cara scan berkas di hp android
  3. Kemudian masuk ke dasbor. Tekan ikon Kamera atau Start Scanning.
    cara memindai dokumen di android
  4. Pilih jenis dokumen yang ingin kalian scan di Android, sesuaikan posisinya dan ambil foto dokumen tersebut.
    cara menscan dokumen di android dengan cepat
  5. Setelah foto diambil, aplikasi CamScanner akan secara otomatis mendeteksi bagian mana saja yang diperlukan, kemudian tekan Next.
    cara scan dokumen di android tanpa aplikasi
  6. Hasilnya akan langsung diaplikasikan sebuah filter yang akan membuat hasil foto dokumen tersebut terlihat persis seperti hasil scan dokumen menggunakan mesin scanner. Tekan Save untuk menyimpan.
    cara scan dokumen dengan android tanpa aplikasi tambahan
Sama seperti scan dokumen menggunakan aplikasi Google Drive, CamScanner tidak terlalu mengandalkan cahaya yang bagus. Asalkan cahaya cukup, maka hasilnya akan terlihat bagus. Hal ini karena aplikasi CamScanner ini menggunakan filter khusus yang membuat hasil dokumen terlihat persis seperti hasil scan dokumen dengan menggunakan mesin scanner sungguhan.
Sekian artikel dengan judul 3 Cara Scan Dokumen di Android Dengan Mudah dan Cepat. semoga Artikel ini dapat membantu kalian semua yang sedang melakukan kegiatan kerja dari rumah atau work from home, terutama yang kebingungan cara scan dokumen di Android.

Jiyaad Sabiq

Member/author in Duosia since 2016. A person who want to share benefit contents and spread knowledge to everyone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Close

Tolong Bantu Kami Tumbuh

Kami hanya akan menampilkan iklan yang RELEVAN dan TIDAK MENGANGGU Dengan anda MEMATIKAN Adblock pada situs ini, Kami sangat berterimakasih dan akan menyajikan konten yang lebih Baik