Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik

Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik  – Musik saat ini merupakan sebuah hiburan yang dinikmati oleh banyak orang. Berbagai jenis musik banyak didengarkan pada zaman sekarang. Sebut saja pop, rock, jazz, country, hingga K-Pop. Musik-musik tersebut didengarkan dari berbagai media seperti smartphone, PC, hingga melalui speaker-speaker. Dengan banyaknya musik yang ada saat ini tentunya perkembangan musik secara digital sudah sangat berkembang. Ada berbagai jenis format musik atau audio digital yang dapat kita jumpai. Dari beberapa format tersebut diantaranya ada MP3,M4A dan FLAC yang paling popular. Tapi pernahkah kalian mengetahui apa saja perbedaan diantara ketiganya? Maka dari itu Duosia kali ini akan memberikan artikel tentang Perbedaan Antara MP3,M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik.

Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC, Mana yang Lebih Baik
Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik

Saya asumsikan kalian yang membaca artikel ini adalah orang yang suka dengan musik. Sebagai orang yang suka dengan musik atau audio pasti senang menyimpan berbagai lagu di perangkatnya. Untuk memilih format audio yang pas dengan kebutuhan kalian, wajib mengetahui perbedaan diantara MP3, M4a, dan FLAC. Langsung saja kita menuju artikel Perbedaan Antara MP3,M4A dan FLAC, Mana yang Lebih Baik.

1. MP3 (MPEG Layer 3)
format audio terjernih

Format audio file ini menjadi format paling populer dalam musik digital. Kepanjangan MP3 adalah MPEG-1 Audio Layer 3. Format MP3 ini pertama kali dikembangkan oleh orang Jerman bernama Karlheinz Brandenburg, memakai pengodean Pulse Code Modulation (PCM). Prinsip yang dipergunakan oleh MP3 adalah mengurangi jumlah bit yang untuk menghilangkan komponen-komponen suara yang tidak terdengar oleh manusia . Format ini kemudian dikembangkan oleh Moving Picture Experts Group (MPEG). Format file ini menggunakan Layer 3 kompresi audio yang umumnya digunakan untuk menyimpan file audio didalam harddrive. Bitrate MP3 berkisar antara 128, 160, 192, 256, dan 320 kbps. Semakin besar bitratenya tentu semakin bagus kualitas audionya. Namun hal ini juga membuat ukuran file menjadi lebih besar.

2. M4A (MPEG 4 Audio)
format lagu terbaik

M4A merupakan format audio dengan basis MPEG-4, sama dengan format MP4 tetapi MP4 berisi video.  M4A adalah file MPEG dengan 4 lapis (Layer) yang berisi Audio. Format ini pada dasarnya adalah untuk menyimpan file audio dan video yang sudah terkompres. M4A ini merupakan turunan dari AAC (Advanced Audio Coding).

File dengan format M4A dipopulerkan oleh perusahaan Apple.inc yang menggunakan format ini di semua lagu iTunes. Awalnya M4A ini dikenalkan untuk menggantikan format MP3 karena ukurannya yang lebih kecil, apabila dibandingkan dengan bitrate yang sama. Selain itu format ini juga memiliki kekayaan audio yang lebih luas atau loseless, dalam artian audionya sangat mendetail.

3. FLAC (Free Lossless Audio Codec)
fomat audio terbaik

FLAC merupakan format audio dengan kategori Lossless. Format ini sedikit mirip dengan MP3, tetapi file dengan format FLAC ini dikompres tanpa mengurangi kualitasnya, atau bisa dibilang hanya sedikit berkurang kualitasnya (lossless). Sebuah rekaman audio yang dikompres ke FLAC dapat dikembalikan ke ukuran semula. Persentase kompresi dari format FLAC berkisar antara 53% dari ukuran aslinya. Kualitas audio dari FLAC sedikit berada diatas MP3.

Kesimpulan

Diantara ketiga file format audio diatas kita bisa menarik kesimpulan mengenai mana yang lebih baik. Urutannya adalah sebagai berikut :

  1. M4A
  2. FLAC
  3. MP3

Dari daftar teratas kenapa format audio terbaik adalah M4A? Dari segi kualitas, M4A memiliki kualitas yang sangat baik sehingga dipercaya oleh perusahaan sebesar Apple sebagai format lagu di iTunes. Dengan bitrate yang sama, antara ketiga format diatas M4A memiliki ukuran file terkecil dengan kualitas audio yang tetap terjaga. Walaupun format MP3 merupakan format audio digital terpopuler saat ini, tetapi format MP3 sudah dianggap tertinggal. Dan untuk FLAC, hasil kompresi memang sangat bagus namun tetap memiliki ukuran file yang cukup besar.

Sekian artikel dengan judul Perbedaan Antara MP3 M4A dan FLAC Mana yang Lebih Baik. Maafkan apabila artikel tersebut kurang sempurna. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan dan banyak manfaat yang berguna. Apabila ada koreksi dan saran bisa menulis komentar pada kolom yang telah disediakan.

 

 

 

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih