Mac

3 Cara Berbagi WiFi di Mac Tanpa Software

Cara Cepat dan Mudah Berbagi WiFi di Mac Tanpa Software – Halo semua, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi Tutorial Bagaimana Cara Cepat dan Mudah Berbagi Hotspot di Mac. Tutorial kali ini bermula ketika saya ingin berbagi WiFi dengan menggunakan Mac. Namun, setelah saya cari di Internet, sepertinya tidak ada Software yang meyakinkan. Tanpa saya sadari, ternyata ada fitur bagus bawaan dari Mac itu sendiri. Kita dapat melakukan Sharing/Berbagi Wifi tanpa Menggunakan Software. Kerennya lagi, ternyata untuk melakukan Berbagi Hotspot di Mac Tanpa Software ini sangatlah mudah dan cepat.


Tentang Berbagi WiFi di Mac Tanpa Software

Berbagi WiFi merupakan cara yang efektif untuk Anda yang mungkin mengalami masalah ketika smartphone atau laptop tidak dapat terhubung dengan internet tanpa Anda ketahui penyebabnya. Dengan Sharing/Berbagi WiFI. Dengan terkoneknya/adanya koneksi di Mac Anda, Anda dapat melakukan Sharing/Berbagi akses Internet ke perangkat lain. Sebagai contoh ketika smartphone saya tidak dapat menjangkau koneksi WiFi yang ada, namun Mac saya dapat mengaksesnya, saya memungkinkan untuk melakukan Sharing/Berbagi WiFi dari Mac yang sudah terkonek dengan internet dengan Smartphone saya. Oke langsung saja saya akan membagikan Tutorialnya, ikut langkah-langkah berikut ini.

Baca Artikel ini juga:


3 Cara Berbagi WiFi di Mac Tanpa Software :

  1. Ketika sudah mempersiapkan Mac Anda, masuk ke System Preferences. Cara masuknya dengan cara klik logo Apple () yang berada dipojok kanan atas. Setelah itu klik System Preferences.

Berbagi WiFi di Mac

2. Setelah Anda masuk kedalam System Preferences, maka akan ada beberapa pilihan didalamnya. Klik pada menu Sharing untuk memasuki System Sharing yang berada pada Mac.

BACA JUGA  Cara Tes IQ Online dan Offline

Berbagi WiFi di Mac

3. Anda akan dibawa kedalam halaman Sharing. Disitu akan terdapat beberapa pengaturan ketika Anda ingin melakukan Sharing/Berbagi. Diantaranya adalah pengaturan Internet Sharing, disinilah kita akan mengaturnya. Tujuan pengaturan disini yaitu untuk mengaktifkan fitur Internet Sharing/Berbagi WiFi yang berada pada Mac.

Di step inilah kita diberikan pilihan, yaitu 3 Cara Berbagi WiFi di Mac Tanpa Software. Bisa melaui Bluetooth PAN, Thunderbolt Bridge atau iPhone USB.

#1 Melaui Bluetooth PAN

Aktifkan Bluetooth PAN jika Anda ingin berbagi melalui Bluetooth. Pada Artikel ini saya mencontohkannya melalui Bluetooth. Karena saya rasa, melalui piranti inilah cara termudah untuk Berbagi Internet, syarat utamanya adalah terdapatnya Bluetooth diantara kedua device yang akan melakukan Internet Sharing.

#2 Melaui Thunderbolt Bridge

Anda juga dapat melakukan Internet Sharing melalui Thunderbolt Birdge, Thunberbolt ini berfungsi juga sebagai connector di dalam Mac, untuk Anda yang masih belum tau bagaimana bentuk dari Thunderbolt, beriku ini saya lampirkan gambarnya.

Berbagi WiFi di Mac

#3 Melaui iPhone USB

Untuk Anda yang mempunyai iPhone, Anda juga dapat melakukan Internet Sharing melalui iPhone USB. Caranya sendiri adalah dengan menghubungkan USB pada iPhone dengan USB port yang berada pada Mac.


Langkah Berbagi WiFi

Langkah selanjutnya untuk mengaktifkan Internet Sharing di halaman ini adalah dengan melakukan check (✅) pada pilihan Bluetooth PAN. Kenapa Bluetooth PAN? Karena saya berencana untuk berbagi koneksi lewat Bluetooth. Ketika berencana untuk berbagi koneksi Internet Anda juga bisa melakukannya lewat Thunderbolt Bridge atau iPhone USB.

Berbagi WiFi di Mac

4. Langkah berikutnya adalah melakukan check (✅) pada pilihan Internet Sharing, hal ini dilakukan agar fitur Internet Sharing yang berada pada Mac aktif.

Berbagi WiFi di Mac

5. Setelah itu akan muncul pop up alert bahwa Anda akan menyalakan fitur Internet Sharing. Silakan klik Start untuk memulainya.

BACA JUGA  Cara Download Game Flash

Berbagi WiFi di Mac

6. Selesai, setelah Anda melakukan semuanya. Akan ada indikasi berwarna hijau bahwa Internet Sharing pada Mac Anda sudah aktif/On.

Berbagi WiFi di Mac

7. Langkah selanjutnya, mari kita cek didalam Smartphone kita apakah ada koneksi tersebut. Untuk melakukannya masuk kedalam pengaturan Bluetooth. Disini karena saya menggunakan iPhone, untuk melakukannya adalah dengan cara masuk ke Settings->Bluetooth.

Disini laptop saya bernama macintosh dan nama tersebut ada dalam daftar Bluetooth. Itu berarti fitur Internet Sharing telah aktif/on. Sekarang kita tap nama laptop kita didalam pengaturan Bluetoothnya.

7. Setelah Anda Tap, langkah selanjutnya adalah meunggu sampai Bluetooth Smartphone kita terhubung dengan Bluetooth yang berada pada Mac. Jika berhasil maka akan berganti status dari Not Connected menjadi Connected.

Berbagi WiFi di Mac

Sekian Tutorial dari saya Bagaimana Cara Berbagi WiFi di Mac Tanpa Software. Dalam Tutorial Tersebut, saya mecontohkan cara Berbagi WiFi melalui Bluetooth. Sebenarnya, Anda dapat melakukan Sharing Internet dengan 3 cara yaitu melalui Bluetooth, Thunderbolt Bridge dan iPhone USB. Silakan pilih opsi tersebut sesuai kebutuhan  Anda. Terima kasih.

Tanda

Pasti Kamu Suka

Berikan Komentar

avatar
  Beritahu jika Komentar dibalas  
Beritahu
Close