Mac

Bagaimana Cara Untuk Ekstrak File RAR di Mac

Tutorial Bagaimana Cara Untuk Ekstrak File RAR di Mac – Hello guys, kali ini saya akan berbagi Tutorial Bagaimana Cara Untuk Extract File RAR di Mac. Artikel ini ditulis karena Mac sendiri tidak mensupport file rar, sehingga ketika kita ingin membuka file ini tidak bisa. Perlu adanya software tambahan untuk membukanya.

Nah saya akan membagikan software serta Tutorial Lengkap Bagaimana Cara Untuk Extract File RAR di Mac. Tutorial ini juga berkaitan dengan tutorial yang sebelumnya, yaitu Cara Download Subtitle Indonesia.

Untuk kamu pengguna Windows, tim saya juga sudah menuliskan Tutorial Bagaimana Cara Untuk Ekstrak File RAR di Windows. Berikut ini tautan terkaitnya.

Cara Mengekstrak Files Menggunakan WinRAR dengan Mudah

Artikel Menarik untuk dibaca:

Sebenernya ada cara lain yang lebih unik, yaitu Cara Mengekstrak Files Secara Online. Dengan kata lain, Anda tidak memerlukan tambahan software apapun, yang diperlukan hanyalah koneksi Internet.


Tentang File RAR

File RAR (Roshal Archive Compressed file) merupakan salah satu format pada file archiver atau file yang sudah diarsipkan. Dengan diarsipkannya file bahkan folder menjadi file rar, makan folder atau file tersebut akan menjadi lebih kecil dan terbungkus dalam satu file saja.

Format ini sangatlah populer, terutama buat kamu nih yang suka download di Internet. Namun, untuk membuka ataupun mengekstrak file ini diperlukan software tambahan.

Perbedaan RAR dan ZIP

RAR: Dalam banyak kasus, RAR jelas lebih unggul dibandingkan dengan ZIP. RAR mensupport untuk menggunakan multivolume. Jadi, ketika anda berencana untuk membuat multivolume arsip, maka RAR adalah pilihannya.Banyak hal yang tidak dapat dilakukan pada ZIP. Namun dapat dilakukan menggunakan RAR. RAR dapat memperbaiki file arsip yang rusak, dan juga dapat memproteksi arsip.

BACA JUGA  Cara Menyimpan File Power Point ke Video

ZIP: ZIP merupakan format file archive yang paling populer. Apalagi, ZIP sendiri lisensinya free dan open source. Mungkin ini salah satu alasan kenapa ZIP sangat populer.

Biasanya, untuk membuka dan mengekstrak file ZIP tidak diperlukan software tambahan. Karena seperti pada Mac dan Windows, ZIP sudah dapat dibuka dan diekstrak karena sudah disediakan langsung oleh OS tersebut, jadi Anda tidak perlu menginstall software tambahan. Perbedaan lainnya menurut saya adalah, kecepatan ketika membuat arsip file. ZIP lebih cepat untuk mengarsipkan sebuat folder atau file dibandingkan dengan RAR.


Cara Untuk Ekstrak File RAR di Mac

Mac tidak menyediakan/mensupport file dengan format RAR. Sehingga, untuk melakukan Ekstrak File RAR di Mac, diperlukan Software tambahan.

Tentang The Unarchiver

The Unarchiver merupakan software yang akan kita gunakan untuk membuka maupun mengekstrak file dengan format RAR di Mac kita. Alasan saya memilih Software ini adalah gratis dan dapat ditemukan dengan mudah di App Store. Selain itu, software ini merupakan software yang cukup populer di App Store untuk unarchive sebuah berkas.

Bagaimana Cara Menggunakan The Unarchiver

Pada bagian ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menggunakan the unarchiver untuk mengekstrak file rar di Mac. Mari ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Download The Unarchiver

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendownload software The Unarchiver. Untuk mendownloadnya, Anda dapat memilih 2 cara yang tersedia.

Anda dapat mendownloadnya melalui official Website dari The Unarchiver atau dari App Store. Untuk 2 pilihan tersebut, saya lebih merekomendasikan untuk mendownload The Unarchiver lewat official Website. Karena, di App Store ada limit kapabilitas untuk App.

Ekstrak File RAR di Mac

2. Install The Unarchiver

Setelah Anda telah mendownload The Unarchiver, langkah selanjutnya adalah menginstall Softwarenya. Berikut langkah-langkah untuk menginstall Softwarenya.

BACA JUGA  Ini Dia 7 Fitur macOS Mojave yang Terbaik!

– Dari Official Website

Jika Anda mendownload The Unarchiver melalui Official Website. Untuk menginstallnya hanya dengan membuka file Installer yang berada pada folder Downloads. Maka secara otomatis software akan terinstall di Mac    Anda.

– Dari App Store

Untuk Anda yang mendownloadnya lewat App Store, The Unarchiver akan dilakukan secara otomatis oleh macOS secara otomatis.

3. Ekstrak File

Ini nih langkah terakhirnya. Setelah Anda berhasil mendownload dan menginstall The Unarchiver, langkah selanjutnya adalah mengekstraknya.

Untuk mengekstrak file menggunakan The Unarchiver. Anda dapat melakukannya dengan cara klik kanan dan pilih open with dengan The Unarchiver.

Ekstrak File RAR di Mac

Cara lain untuk mengekstraknya adalah dengan cara drag & drop file RAR ke icon The Unarchiver.

Ekstrak File RAR di Mac

Itulah Tutorial Lengkap Bagaimana Cara Untuk Ekstrak File RAR di Mac. Semoga bermanfaat untuk Anda. Silakan bagikan artikel ini. Tinggalkan komentar jika Anda mengalami kesulitan atau ada sebuah pertanyaan.

Sekian dan Terima Kasih.

Tanda

Pasti Kamu Suka

Berikan Komentar

avatar
  Beritahu jika Komentar dibalas  
Beritahu
Close