Mac

6 Software Untuk Membuka Video/Film MKV pada Mac

Halo guys, kali ini saya berbagi Software untuk Membuka Video/Film berformat MKV pada Mac kamu. Artikel ini saya buat berdasrkan pengalaman waktu memakai Mac. Namun, tidak bisa membuka file MKV dengan QuickTime.

Apa itu MKV?

Matroska (MKV) merupakan standard format kontainer Multimedia yang bersifat terbuka. Sebenarnya mempunyai konsep yang mirip dengan format AVI, MP4,3GP,FLV atau ASF. Tapi, Matroska merupakan format dengan spesifikasi yang terbuka sepenuhnya (open source). MKV merupakan tipe file Matroska untuk video (dengan subtitle dan audio).

MKV atau Matroska juga merupakan format yang sangat baik ketika kita menonton video HD. Itulah mengapa sering kita jumpai ketika video tersebut dengan resolusi 720p atau 1080p pasti berformat .mkv. Banyak web atau video di Internet sekarang ini menggunakan format ini. Tapi sangat disayangkan, ketika kamu mendownload/menyimpan file mkv di Mac. Mac tidak akan support dengan file MKV, karena emang secara default Apple tidak menyediakan QuickTime untuk dapat membuka file MKV.

Jika Windows memang sudah dari bawaan adanya built-in codec yang dapat dengan mudah membuka file .mkv , tidak sama dengan macOS. MKV tidak akan berjalan menggunakan QuickTime player atau iTunes di Mac.

Untuk itu saya akan memberikan/berbagi 6 Software Untuk Membuka VIdeo/FIlm MKV pada Mac. Berikut ini keenam Software tersebut.

6 Software Untuk Membuka Video/Film MKV pada Mac

#1 – VLC 2 Recommended

Pertama saya akan merekomendasikan VLC, karena saya sudah mencobanya sendiri. Bahwa VLC ini mudah dengan tampilan UI yang simple juga. Kalau dari webnya sendiri, VLC adalah pemutar multimedia lintas-platform gratis dan open source dan kerangka kerja yang memainkan sebagian besar file multimedia serta DVD, CD Audio, VCD, dan berbagai protokol streaming.

Fitur

  • Bisa menambahkan Skins
  • Bisa membuat Skins sendiri dengan VLC skin editor
  • terdapat ekstensi
  • Video dan Audio FIlter
  • Sinkronasi Subtitle
  • dan lain lain.

#2 – Kodi

Kodi (dulunya XBMC) adalah aplikasi media player gratis dan open source yang dikembangkan oleh XBMC / Kodi Foundation, sebuah konsorsium teknologi nirlaba.

BACA JUGA  Ini Dia 7 Fitur macOS Mojave yang Terbaik!

Kodi tersedia untuk beberapa platform sistem operasi dan perangkat keras, menampilkan antarmuka pengguna 10-kaki untuk digunakan dengan televisi dan kontrol jarak jauh. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memutar dan melihat sebagian besar video, musik, podcast, dan file media digital lainnya dari media penyimpanan lokal dan jaringan dan internet. Kodi merupakan opsi lain untuk memutas file MKV yang menurut saya juga bagus.

Tampilan dari Software ini yang cukup simple dan fokus untuk memainkan video menjadi opsi bagus untuk dicoba. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari Kodi, salin file video MKV apa pun ke direktori Film di folder home pengguna dan kamu akan dapat menemukannya dengan cepat di dalam Kodi untuk diputar.

Fitur

  • Add-Ons
  • Skin
  • Web Interface
  • Remote Control
  • dll

#3 – Elmedia Player  (Berbayar)

Software yang satu ini juga keliatannya bagus teman-teman. Walau sebenarnya saya sendiri belum pernah memakainya. Software ini bukanlah Software gratis/free, untuk menggunakannya kita diharuskan membayar Rp.45.000/bulan. Sebab itu saya lebih memilih VLC karena gratis.

Dengan Elmedia Multiformat Player Anda bisa memainkan file MKV di Mac sesuai dengan standar tertinggi. Semua berkat fitur yang cukup mengesankan dari Elmedia Player. Salah satunya, kamu juga dapat menempatkan salah satu segmen video untuk dilakukan loop/perulangan secara terus menerus.

Fitur

  • Kecepatan mudah disesuaikan
  • Kontrol Volum indepen asli
  • Tuner Video
  • Equalizer 10-band dengan preset populer
  • Opsi Deinterlacing
  • dll

#4 – Plex

Plex sebenarnya hampir sama dengan Kodi. Berikut ini alasan kenapa kalian harus menggunakan Plex untuk membuka file MKV. Berikut ini alasan kenapa kalian harus menggunakan Plex sebagai media player file MKV.

Plex membawa media favorit Anda bersama di satu tempat, membuatnya indah dan mudah dinikmati. Plex mengatur koleksi video, musik, dan foto pribadi Anda dan mengalirkannya ke semua perangkat Anda. Dengan Plex Live TV & DVR dan katalog konten online yang hebat, termasuk Plex News dan podcast, Plex mempermudah untuk menemukan dan menikmati semua media yang Anda sukai di semua perangkat Anda, di mana pun Anda berada. Itu tagline saya ambil dari websitenya langsung dan translate ke Indonesia.

BACA JUGA  Notepad++ 6.6 Terbaru

Walaupun secara tampilan UI Plex ini keren. Namun, ada issue bahwa software ini jelek dalam UX, yang menyebabkan user menjadi merasa kesulitan menggunakannya. Meskipun demikian, Plex masih dapat memutar file MKV dengan cukup baik, jika Anda akan menggunakannya drag dan drop video MKV ke ikon Plex untuk memuat film. Jika tidak, kamu dapat mencoba menavigasi melalui menu baru yang mungkin membingungkan. Sehingga kamu akan pusing menggunakan Plex.

Fitur

  • Inetegrasi dengan VR
  • UI yang bagus
  • dll

#5 – Perian

Perian adalah komponen tambahan atau third-party yang nantinya ditambahkan kedalam QuickTime. Dengan ditambahkannya Perian ke dalam QuickTime, nantinya QuickTime akan mampu untuk membuka file MKV. Sangat mudah untuk diinstall, apalagi setelah kamu menginstallnya. Kamu dapat langsung membuka file MKV di Mac menggunakan QuickTime.

Tapi, dari beberapa artikel yang saya baca. Beberapa User complain mengenai peramban/third-party ini yang tidak support dengan beberapa versi macOS.

Fitur

  • Player menggunakan QuickTime

#6 – MPlayerX Recommended

MplayerX juga opsi lain untuk membuka file MKV di Mac. Kenapa saya memasukan MPlayerX kedalam list? Karena MPlayerX ini juga memiliki beberapa keunggulan. Hampir seperti QuickTime secara UI. Software yang cukup ringan juga menurut saya, menjadikan MPlayerX menarik untuk dicoba. MPlayerX hadir dengan beberapa fitur berikut ini.

Fitur

  • Home Theater System
  • Apple Remote Support
  • dll

Kesimpulan

Mana yang terbaik? Untuk saya sendiri, saya cenderung untuk memilih VLC karena ringan dan tentunya gratis. Seperti yang saya jelaskan diatas, beberapa softwa untuk membuka file MKV di Mac tidaklah gratis. Lebihnya lagi, UI/UX yang tidak simple membuat saya pribadi pusing ketika menggunakan software selain VLC.

Sekian artikel tutorial dengan judul 6 Software Untuk Membuka Video/Film MKV pada Mac semoga dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada banyak orang.

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih