2 Cara Download Subtitle/CC (.srt) Bahasa Indonesia dari Video Youtube dengan Mudah dan Cepat melalui PC, Android, Smartphone – Halo semua, lama juga saya tidak membuat posting, maka kali ini saya akan membagikan tutorial yang saya harap akan bermanfaat untuk kalian karena ini menurut saya tutorial yang di perlukan untuk pengguna PC ataupun smartphone karena dalam kehidupan menonton film atau video kita tidak akan lepas dari yang namanya subtitle.

Cara Download Subtitle dari Youtube

Oke pastinya anda sudah tahukan tentang apa itu subtitle? jika belum akan saya jelaskan sedikit, sebenarnya dalam kehidupan anda, pasti anda pernah melihat yang namanya subitle yaitu Teks yang muncul pada saat menonton film ataupun video khususnya jika film itu menggunakan bahasa asing atau bahasa luar negeri seperti inggris, china, jepang, dll. maka agar kita dapat mengetahui alur cerita film tersebut kita harus mempunyai subtitle, walaupun kadang berasa kurang karena seringnya saat kita menonton film dan ada subtitle mungkin kita akan lebih fokus untuk membaca teksnya daripada melihat berbagai efek film yang begitu menakjubkan. ini Cara Download Subtitle Indonesia untuk Film dan Video.

Dan disini pastinya kalian sering membuka situs streaming video terbaik yaitu Youtube, ya untung saja youtube salah satu perusahaan akusisi google ini meningkatkan fitur terus dari waktu ke waktu tentu saja agar pengunjung betah dan tidak berpindah ke situs lain, dan keunggulan lain juga karena youtube sudah sagat mendunia dan salah satu situs yang sangat populer di indonesia. dan tentu saja banyak video di youtube yang menggunakan bahasa inggris kadang kala karena kita belum menguasai bahasa itu kita kebingungan tambah lagi kita sudah terlanjur mendownload videonya maka kita harus mengetahui apa yang di bicarakanya maka kita memerlukan info tentang bagaimana mendownload subtitle dari youtube? dan di sini Saya akan mencoba menjalasknya tentang bagaimana Cara Download Subtitle dari Youtube, oke langsung saja kita masuk tutorialnya.

Di tutorial ini saya menyeleksi website yang masuk dalam kriteria saya yaitu Tidak terlalu banyak iklan, loading cepat, Mobile Friendly (ramah pengguna mobile/hp), dan tentu saja mudah di gunakan.

Catatan:  Tidak semua subtitle berbahasa asing tersedia untuk bahasa indonesia, tapi akan lebih baik jika anda mencobanya terlebih dahulu daripada langsung menyerah.


1. Cara Download Subtitle dengan Mudah dan cepat dari Youtube Menggunakan Savefrom.net

sebenarnya dengan menggunakan situs satu ini agak mirip dengan Cara Download Video di Youtube Tanpa Software, tapi karena memang fitur savefrom.net yang semakin bagus jadi mereka juga selalu mengikuti perkembangan situs youtube.

  1. Pertama Copy link video yang subtitlenya ingin di download. misal : saya ingin mendownload”Unsung Hero” (Official HD) > maka saya mencarinya di yotube > lalu membukanya dan mengcopy linknya. Contoh link :https://www.youtube.com/watch?v=uaWA2GbcnJU

    Mengcopy Link/URL Video youtube
  2. Langkah kedua langsung buka website http://id.savefrom.net/

  3. Pastekan/Tempel URL Video youtube tadi di Link Box yang telah di sediakan. lalu klik Unduh.

    Paste URL/Link ke Savefrom

  4. Tunggu loading sebenter, setelah informasi video muncul maka langsung saja klik pada bagian yang bertuliskan subtitle.

    mendownload subtitle dari savefrom

  5. Tunggu lagi loading untuk mengakses berbagai subtitle yang telah disediakan, lalu pilih dan klik salah satu bahasa yang di inginkan. saya disini memilih bahasa indonesia (indonesian) jika anda tertarik untuk menggunakan bahasa yang lain juga bisa, karena disini hampir tersedia semua bahasa.
  6. Maka subtitle akan terdownload, dan happy watching. untuk cara memasukan subtitle silahkan scroll ke bawah.

    Subtitle dari Savefrom telah terdownload


 

2. Cara Download Subtitle Indonesia dari Youtube Menggunakan Amara.org

Sedikit tentang website ini saya suka menggunakan website ini karena salah satunya adalah perusahaan non profit jadi mereka tidak menempelkan iklan dan tanpa menggunakan iklan, dan memiliki fitur yang lengkap bisa berbagai ekstensi subtitle seperti .DFXP, .SBV, .SRT, .SSA, .TXT, .VTT . dan menurut saya mereka memang memegang misi yang mulia untuk membantu orang dengan mudah.

  1. Berbeda dengan Tutorial pertama diatas disini kita hanya perlu mengetahui judul dari video youtube yang ingin kita download tanpa mengetahui URL-nya. Misal judul yang ingin saya download “dream motivational video”
  2. Selanjutnya buka website http://www.amara.org/id/search/#/?q=

  3. Tuliskan judul video di search box amara, jika sudah klik enter.

    mencari subtitle di amara

  4. Lalu cari video yang tepat dengan melihat thumbanil (gambar preview) yang subtitlenya ingin di download. akan ada info tentang berapa banyak bahasa yang tersedia (jumlah subtitle yang ada), dan klik video yang di rasa sudah tepat.
  5. Pada bagian kiri akan ada tulisan tentang subtitle bahasa apa saja yang tersedia, jika bahasa indonesia belum kelihatan silahkan klik “show all”, lalu scroll lagi ke bawah setelah ketemu silahkan klik subtitlenya.

    menampilkan semua subtitle

  6. Klik bagian “Download” silahkan pilih SRT (karena ekstensi ini hampir support semua video)

    Mendownload Subtitle dari Amara

  7. Maka subtitle akan terdownload dan silahkan di mainkan.

Cara Memainkan Subtitle Secara Otomatis :

Jika anda malas untuk memasukan subtitle secara manual atau ketika akan menyetel video maka ini sangat saya sarankan, silahkan baca paduan Cara Memainkan Subtitle Otomatis di Video.

Anda juga bisa mengikuti tutorial :


Kesimpulan: kedua website di atas untuk mendownload subtitle dari youtube memiliki kelebihan dan kekurang jika anda menginkan cepat dan mudah dalam mendownload subtitle maka saya menyaranakan menggunakan id.savefrom.net, tapi jika anda menginkan subtitle yang bagus dan kualitas terjemahannya juga bagus maka saya menyaranakan menggunakan Amara.

Oke sekian artikel dari saya mengenai Cara Download Subtitle/CC (.srt) Bahasa Indonesia dari Video Youtube dengan Mudah dan Cepat, semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk anda dan kita semua dalam waktu dekat atau waktu yang akan datang.