10 Tips Belanja Online dengan Aman dan Nyaman

10 Tips Belanja Online Dengan Aman dan Nyaman – Internet dan manusia sekarang hampir tidak dapat dipisahkan. Manusia dalam hidupnya sudah banyak bergantung kepada internet. Dengan berbagai layanan yang ada di internet, manusia dapat memenuhi banyak dari kebutuhannya. Salah satu kebutuhan atau hal yang selalu dilakukan oleh manusia adalah berbelanja. Berbelanja merupakan suatu aktifitas untuk membeli suatu barang, baik itu untuk kebutuhan maupun keinginan. Seiring berjalannya waktu, kegiatan berbelanja dapat dengan mudah kita lakukan dengan perantara internet. Sebenarnya, kegiatan jual beli di internet sudah berlangsung cukup lama. The Boston Computer Exchange, marketplace untuk peralatan komputer bekas diklaim sebagai kegiatan e-commerce yang pertama di dunia pada tahun 1982. Kemudian hadirlah Ebay dan Amazon sebagai pusat jual beli terbesar di Internet saat ini. Hal ini juga merambah ke tanah air dengan hadirnya beberapa marketplace, baik itu produk asli Indonesia maupun marketplace luar negeri yang membuka cabangnya di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, marketplace atau online shop sebenarnya sudah ada sejak tahun 1999 dengan munculnya situs Bhineka.com yang menjual berbagai produk komputer. Baru pada tahun 2010 keatas muncul banyak marketplace lain seperti bukalapak, tokopedia, lazada, shopee, jd.id dan lain sebagainya Dengan banyaknya marketplace yang ada sekarang, tentunya banyak orang yang tertarik untuk berbelanja di internet. Namun banyak dari mereka yang bingung bagaimana cara berbelanja di online shop secara baik. Mereka cenderung bingung bagaimana agar mereka dapat membeli barang yang sesuai dengan keinginan mereka. Biasanya mereka takut apabila barang yang mereka beli tidak sesuai harapan atau bahkan rusak saat sampai. Maka dari itu, di artikel kali ini admin akan memberikan sedikit tips dan saran dalam berbelanja online. Artikel kali ini berjudul 10 Tips Belanja Online Dengan Aman dan Nyaman.

Cara Belanja Online Dengan Aman dan Nyaman
Belanja Online Dengan Aman dan Nyaman

Diantara banyaknya situs online shop atau marketplace yang ada, tidak semuanya menawarkan barang yang kalian inginkan. Bisa jadi, barang yang sama di beberapa marketplace memiliki kualitas dan kondisi yang berbeda-beda. Kalau kalian tidak berhati-hati, tentunya kalian akan merugi baik itu waktu maupun materi. Beberapa tips yang akan dibagikan disini berasal dari pengalaman pribadi penulis serta dirangkum dari beberapa sumber. Agar tidak tertipu saat berbelanja online, ada baiknya kalian simak artikel 10 Tutorial Belanja Online Dengan Aman dan Nyaman ini:

#1.Gunakan Perangkat Pribadi

Keamanan sangat penting disinim karena saat berbelanja online kita membutuhkan banyak data pribadi kita. Sebaiknya gunakan perangkat pribadi seperti smartphone atau laptop pribadi saat berbelanja online. Selain itu, jangan terlalu banyak memberikan informasi diri kita saat berbelanja online, berikan seperlunya saja.

tips belanja online yang aman

#2.Berbelanja di Marketplace Terpercaya

Cara ini sebenarnya cocok bagi kalian yang sudah beberapa kali berbelanja di salah satu marketplace. Apabila kalian baru pertama kali mencoba berbelanja online, ada baiknya kalian mencari informasi dari orang terdekat. Dengan mencari informasi-informasi tersebut, kalian akan mendapat banyak pertimbangan untuk berbelanja di situs tertentu. Pertimbangkan kepuasan mereka saat berbelanja di marketplace tersebut.

cara belanja online aman

#3. Cek Reputasi Penjual

Sesuai namanya, marketplace atau online shop sejatinya adalah tempat untuk berjualan, atau istilah mudahnya adalah lapak. Seperti ibarat pasar tradisional, maka marketplace merupakan pasar yang berada di dunia internet. Dalam sebuah pasar tentunya ada banyak sekali penjual yang menawarkan dagangannya. Banyak sekali tawaran yang menggiurkan dari mereka. Sebut saja harga yang miring hingga bonus yang ditawarkan. Namun sebelum itu semua, ada hal yang sangat penting untuk kalian perhatikan. Kalian harus mengecek reputasi dari penjual tersebut.

tips belanja online agar tidak kena tipu

Berbagai marketplace memiliki istilah yang berbeda-beda untuk menilai para penjualnya. Di Bukalapak ada istilah Premium Seller atau Lapak Terbaik. Untuk Tokopedia kita dapat melihat badge di bagian reputasi toko, rentangnya dari Bronze hingga Diamond. Di JD.ID, kalian bisa melihat jumlah bintang pada bagian reputasi toko. Untuk Lazada kalian bisa melihat berapa persentase Penilaian Positif Seller. Sedangkan untuk Shoppe kalian dapat melihat apakah seller tersebut merupakan Star Seller atau bukan. Kemudian di Blibli kalian cukup melihat skor reputasi penjual. Apabila kalian tidak mau susah-susah melihat reputasi penjual, cukup berbelanja di bagian Mall dari masing-masing marketplace.

#4. Cek Deskripsi Produk yang Dijual

Periksa baik-baik deskripsi produk yang ditawarkan penjual. Ada beberapa produk-produk tertentu yang memiliki banyak varian atau jenis dan biasanya hal ini sudah dituliskan dengan jelas oleh para penjual. Contohnya adalah sebuah gadget, biasanya ditulis apakah gadget tersebut adalah versi Internasional atau versi negara tertentu. Biasanya di deskripsi juga dicantumkan apakah varian tertentu tersedia atau sedang kosong. Selain menjelaskan tentang varian atau jenis, penjual biasanya juga mencantumkan peringatan tentang barang yang akan dibeli. Seperti apakah barang tersebut memiliki informasi khusus atau tidak. Misalnya seperti sebuah kartu memori atau SD Card. Banyak ditemukan complain dari pembeli bahwa ukuran asli tidak sesuai dengan yang tertera di kemasan. Disini penjual biasanya mencantumkan informasi khusus bahwa memang ukurannya tidak sepenuhnya sama karena ada beberapa alasan tertentu.

cara belanja online agar tidak tertipu

Dengan memeriksa deskripsi, kita jadi lebih paham akan barang yang akan beli dan akan mengurangi potensi kecewa di kemudian hari.

#5. Cek Ulasan Pembeli

Sebagai seorang pembeli, tentunya kita harus tahu bagaimana kedaan barang yang akan kita beli. Cara paling mudah untuk mengecek barang tersebut adalah dengan mengecek secara langsung. Tetapi saat kita berbelanja online tentunya kita tidak dapat melihat barangnya secara langsung. Pada kondisi ini ulasan dari pembeli sangat membantu, selain dengan membaca deskripsi yang tertera tentunya. Dengan melihat ulasan pembeli yang lain, kita dapat mengetahui lebih lanjut tentang keadaan barang yang akan kita beli.

tips belanja online biar ga ketipu

#6. Jangan Mudah Tergoda Barang Murah

Setelah yakin tentang produk yang akan kita beli, kita akan melihat harganya. Hal ini sering kali mengecoh kita para pembeli saat membeli barang. Dengan harga yang miring, siapa sih yang tidak tergoda? Dengan harga yang murah kita dapat menghemat banyak pengeluaran. Namun hal ini perlu menjadi perhatian karena biasanya barang yang diobral dengan sangat murah memiliki kualitas yang tidak bagus atau kualitasnya sudah agak menurun. Disini kalian perlu berhati-hati.

tips belanja online murah

Lebih baik untuk membeli barang dengan harga yang kira-kira tidak terlalu miring sehingga kualitas yang akan didapat tentu tidak main-main. Lakukan tips-tips sebelum ini untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan hanya karena tergiur barang murah.

#7. Manfaatkan Promo yang Ada

Berbagai macam marketplace sering kali mengadakan berbagai promo dan penawaran menarik. Biasanya promo ini hadir pada saat-saat tertentu. Seringkali promo ini hadir pada masa-masa liburan atau saat ada peristiwa khusus. Saat bulan Ramadhan misalnya, hampir semua marketplace mengadakan promo besar-besaran selama satu bulan penuh, ditambah beberapa hari setelah hari lebaran. Masa-masa ini merupakan saat yang paling pas untuk berbelanja online karena banyak manfaat yang diapatkan dari promo ini. Contohnya seperti promo gratis ongkir dan cashback yang jumlahnya lumayan.

tips belanja online di shopee

Selain itu ada juga Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional yang dimana hampir semua online shop menawarkan banyak promo menarik. Ada baiknya kalian yang ingin berbelanja online menunggu saat-saat seperti itu.

#8. Manfaatkan Gratis Ongkir

Ongkir atau ongkos kirim seringkali menjadi kendala saat kita berbelanja online. Hal ini menjadi menjengkelkan apabila harga barang dan ongkos kirim memiliki nilai yang sama. Maka dari itu carilah toko yang memiliki penawaran gratis ongkir, atau gunakan voucher gratis ongkir apabila memungkinkan.

tips belanja online hemat ongkir

#9. Pilih Metode Pembayaran yang Sesuai

Ada banyak metode pembayaran yang ditawarkan oleh para marketplace. Mulai dari kartu kredit, transfer bank, pembayaran di merchant tertentu (Indomart dan Alfamart, hingga menggunakan layanan uang elektronik seperti OVO atau Gopay. Sesuaikan dengan ketersediaan layanan yang dapat kalian gunakan. Atau apabila ada fitur COD, dapat kalian gunakan sebagai pertimbangan.

cara belanja online cicilan tanpa kartu kredit

#10. Periksa Harga Total Sebelum Membayar

Hal ini biasanya terlewat oleh kita, padahal hal ini cukup riskan. Tentunya sangat merugikan apabila harga yang kita bayar melebihi seharusnya hanya karena kita salah input. Salah input disini semisal barang yang harusnya cuma 1 tetapi kalian input jadi 2 barang sehingga kalian harus membayar lebih banyak. Periksa kembali jumlah dari harga barang, plus ongkos bungkus, plus ongkos kirim kemudian masukkan voucher apabila ada.

Sekian artikel dari Kami. Semoga dengan ditulisnya artikel ini dapat menambah wawasan dan juga manfaat kepada banyak orang.

 

Jiyaad Sabiq

A person who want to share benefit contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

int(1) int(1) /* */

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih