WebWindows

2 Cara Memblokir Situs Web di Google Chrome

2 Cara Memblokir Situs Web Yang Merugikan dan Tidak Bermanfaat di Google Chrome– Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang bagaimana cara memblokir situs web pada Chrome yang dapat membahayakan pengguna internet. Selamat membaca.


2 Cara Memblokir Situs Web di Google Chrome

2 Cara Memblokir Situs Web di Google Chrome

Internet merupakan sarana untuk membantu kegiatan manusia sehari-hari, berbagai bidang bisa kita temukan di Internet. Akan tetapi, ribuan situs website yang ada bukan berarti semuanya bermanfaat dan dapat membantu kegiatan anda. Banyak situs-situs yang tidak berguna bahkan dapat merugikan perangkat anda.

Chrome yang merupakan salah satu web browser favorit saat ini memungkinkan penggunanya untuk memblokir situs-situs tersebut. Maka dari itu, Duosia akan membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan menyarankan anda untuk memblokir beberapa situs yang dinilai merugikan atau membahayakan komputer anda dengan menggunakan chrome. Berikut adalah cara memblokir situs tersebut


#1 Memblokir Situs Menggunakan Extensi

Ekstensi Chrome sudah banyak menyelesaikan masalah pada chrome, salah satunya masalah memblokir situs web. Salah satu ekstensi yang dapat digunakan dan recomended menurut kami adalah Block Site Extension.

BlockSite Extensions

Ekstensi Chrome sudah banyak menyelesaikan masalah pada chrome, salah satunya masalah memblokir situs web. Salah satu ekstensi yang dapat digunakan dan recomended menurut kami adalah Block Site Extension.

 

daftar situs yang telah di blok

 


Incognito Mode pada Block Site Extensions

Incognito Mode

Tidak hanya berkerja pada mode normal Chrome, tetapi Extensi ini juga dapat berkerja ketika anda menggunakan Mode Incognito pada Chrome anda


Blok Dengan Jangka Waktu

Pilih jadwal kapan kalian ingin mengaktifkan Block Site pada situs yang kamu blokir. Maka Blok Site hanya akan memblokir situs tersebut pada waktu yang sudah terjadwal saja dan situs masih akan terbuka jika kalian membukanya diluar jadwal

Jadwal Blok Situs

Cara Mendownload dan Menggunakan

  1. Buka Chrome Web Store
  2. Cari Block Site pada mesin pencarian
  3. Pilih Block Site Extension yang ditawarkan oleh https://blocksite.co
  4. Klik tambahkan ke Chrome atau download
  5. Setelah extensi terdownload maka klik Agree atau Setuju pada Privacy Policy
  6. Extensi berhasil ditambahkan pada Chrome anda

Extensi tersebut akan otomatis aktive jika kalian telah selesai mendownloadnya untuk mengatur extensi tersebut kalian bisa meng-klik menu titik tiga pada pojok kanan atas Chrome. Pilih Extension pada menu More Tools lalu kalian bisa mengetik url link situs yang ingin kalian blokir.

Cara Memblokir Situs Web Yang Merugikan

Memblokir situs menggunakan extensi sangatlah mudah dan simpel karena anda hanya perlu mengatur fitur-fitur yang telah disediakan oleh Extensi tersebut. Akan tetapi Chrome tidak menyediakan pasword untuk melindungi extensi yang telah anda download agar tidak bisa di edit oleh orang lain termasuk anak anda.

Jika kalian memiliki anak yang cerdas maka hal tersebut sangatlah mudah diatasi. Mereka bisa menghapus extensi pada Chrome tersebut maka situs yang tadinya terblokir akan kembali terbuka atau bisa saja mereka menginstall dan menggunakan web browser selain Chrome.


#2 Memblokir Situs Menggunakan Host File

Cara lain yang kami sarankan untuk anda adalah dengan menggunakan file host yang berupa text dokumen yang akan menerjemahkan alamat situs menjadi alamat IP. Hal tersebut akan memblokir situs tersebut pada seluruh komputer. Berikut tips dari Duosia.

  1. Buka Notepad dan Run As AdministratorCara memblokir situs web via host file
  2. Pilih File>Open atau dengan menekan Ctrl+O
    Cara memblokir situs yang merugikan serta extensinya
  3. Cari lokasi C:\WINDOWS\system32\drivers\etc\
  4. Pada bagian bawah ubah dropdown Text Document (*.txt) menjadi All Files (*.*)
  5. Buka file hosts maka akan tampil subuah teks pada Notepad
    Cara Memblokir Situs Web Dengan Notepad
  6. Pada bagian bawah teks tambahkan format ini dan alamat web yang ingin kalian blok “127.0.0.1 www.menangdomino99.net”
  7. Jika ada situs lain yang kalian ingin blok hanya buat baris baru lalu menggunakan format yang sama
  8. Setelah selesai pilih File>Save
    Cara Blokir Situs Web Menggunakan Notepad dan Ekstensi
  9. Setelah kalian save coba buka situs tersebut pada Chrome anda, maka hasilnya akan ditolak
    Blokir Situs Web Merugikan dengan Mudah
BACA JUGA  Cara Mengatahui IP Address di Windows 8

Kalian bisa memilih salah satu dari cara diatas yang menurut kalian mudah dan efektif untuk melindungi anak anda dalam berinternet atau keperluan lainnya. Sekian tutorial dari saya tentang 2 Cara Memblokir Situs Web di Google Chrome. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

 

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih