Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar

Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar Online tanpa Software dengan Mudah dan Cepat – Kesempatan ini saya akan membuatkan sebuah tutorial yang akan sangat bermanfaat bagi kita yang hobi upload foto ke banyak sosial media sekaligus, atau bahkan untuk kalian disini yang mau coba jadi fotografer. Dilihat dari judulnya pasti kalian sudah tahu tentang isi dari tutorial ini.

Tutorial kali ini adalah cara untuk mengecilkan, mengurangi, atau mengompres ukuran sebuah file gambar, foto yang berformat .gif, .jpg, .jpeg, .png. Keempat format itu adalah format paling populer di dunia fotografi atau semacamnya, karena memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tutorial ini ditulis karena banyak orang yang sering kesusahan untuk mengurangi atau mengecilkan ukuran file gambar untuk berbagai keperluan. Keperluan yang dimaksud seperti mengunggah file gambar untuk pendaftaran sekolah, ujian atau berbagai macam lainnya.

Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar Online tanpa Software dengan Mudah dan CepatCara Mengecilkan Ukuran File Gambar Online tanpa Software dengan Mudah dan Cepat

Tutorial kali ini dapat kalian manfaatkan untuk berbagai hal seperti tujuan atau inisiatif. Semisal untuk menghemat kuota, menghemat kapasitas penyimpanan flashdisk atau harddish, untuk mempercepat loading blog atau website dengan ukuran gambar yang pas-pasan dan alasan lain. Cara yang akan dijabarkan dibawah ini terbilang mudah untuk kalian ikuti. Langsung saja inilah tutorial Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar Online tanpa Software dengan Mudah dan Cepat.



Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar Online tanpa Software

Untuk tutorial kali ini saya akan menggunakan layanan kompres file dari Compressnow. Website ini merupakan salah satu yang menyediakan layanan untuk mengompres atau mengecilkan ukuran file gambar secara mudah dan cepat. Langsung saja inilah cara mengecilkan ukuran file gambar online tanpa software:

  1. Seperti biasa siapkan terlebih dahulu foto yang ingin di comprees dan ketahui lokasinya misal ( D > Wallpaper.jpg), dan pastikan juga foto yang ingin di kecilkan ukuran filenya besarnya tidak lebih 9 MB/9000 KB, dan memiliki format/berformat/berekstensi gif, jpg, jpeg, png. untuk browsernya saya merekomendasikan untuk menggunakan Chrome, Firefox, Safari, Opera, dan maxthon (karena sudah saya coba)
  2. Langsung buka website untuk compress fotonya yaitu compressnow.com yang saya suka dari website ini adalah tidak merubah lebar atau tinggi dari gambar asli.
  3. Selanjutnya Klik button upload yang bertuliskan “Pilih File”, Setelah megklik tombolnya maka akan muncul window baru, kita disini untuk memilih file yang ingini di kompres, setelah ketemu filenya, klik “Open”.Memilih dan Mengupload Foto yang ingin di comprees
  4. Maka ini waktunya untuk kita memilih berapa persen besar kompres, cara mengaturnya sangat mudah yaitu dengan cara menggerakan kekanan atau kekiri tombol yang saya tandai di gambar bawah, logikanya semakin besar persen maka hasil kompres akan semakin bagus, atau ukuran file akan semakin kecil tapi kualitas dan kejeranihan gambar akan semakin menurun, dan semakin kecil persen maka hasil compression akan kurang bagus, atau file tidak terlalu berubah ukuranya, dan kualitas gambarnya lumayan. atur persenya sesuai keinginan agan-agan, dan kebutuhan, setelah menentukan berapa persenya, dan mempertimbangkan ukuranya, dan silahkan bereksperimen, setelah memutuskan langsung saja klik Tombol “Comprees Now” yang ada di antara Original Image dan Comprees result.Mengatur Kualitas dan Ukuran
  5. Setelang kita mengklik tombol “Comprees Now”, akan ada keterangan tentang reduction atau pengurangan ukuran file dari original kehasil kompres, dan jika agan ingin mendownload fotonya klik link download yang bewarna hiram dengan ada garis bawah, maka gambar akan otomatis terdownload.Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar - Duosia
  6. File gambar biasanya akan bernama “image” dan biasanya gambar akan tersimpan di Folder download, atau C > User > Nama Laptop/Komputer/PC > Downloads.
Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar - Duosia


Selamat, kalian sudah berhasil mengecilkan ukuran file gambar secara online.

Akhir kata saya ucapkan sekian posting dari saya mengenai Cara Mengecilkan Ukuran File Gambar Online tanpa Software dengan Mudah dan Cepat . Selamat mencoba tutor satu ini, dan semoga apa yang saya sampaikan di kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang membutuhkan pencerahan mengenai bagaimana untuk mengecilkan ukuran file gambar.

Ahmad Pram Prayogo Pangestu

Saya adalah Blogger paruh waktu dari Indonesia dan Mahasiswa Jurusan Manajemen Teknologi, Tujuan saya disini untuk membuat artikel yang bermanfaat dan mudah dipahami. Quotes favorit saya adalah "Jika anda ingin mengubah dunia, Mulailah dengan mengubah diri Anda menjadi lebih baik".

2 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Tolong Bantu Kami Tumbuh

Kami hanya akan menampilkan iklan yang RELEVAN dan TIDAK MENGANGGU Dengan anda MEMATIKAN Adblock pada situs kami, Merupakan salah satu Modal untuk menyajikan konten Terbaik