Cara Mengetahui Hak Cipta Lagu atau Musik di Youtube

3 Cara Mengetahui Hak Cipta Lagu atau Musik di Youtube dengan Mudah dan Cepat – Seiring berjalannya waktu, teknologi dan media semakin berkembang dan memiliki kemajuan yang sangat pesat. Literasi masyarakat lambat laun mulai berkurang dan bergeser dari baca tulis menjadi sering menonton video dan mendengarkan lagu atau audio.

Mulai dari televisi hingga sekarang yang paling banyak digandrungi adalah Youtube. Youtube bisa dibilang sudah sedikit menggantikan peran televisi. Banyak anak muda atau anak kecil yang sangat suka sekali menonton video-video di Youtube. Bahkan banyak para pembuat konten di Youtube menargetkan penonton anak kecil atau remaja sebagai target penonton mereka dengan membuat konten-konten seputar game dan sejenisnya.

Tren semacam ini ternyata juga berdampak kepada cita-cita banyak orang, khususnya  para anak kecil. Ada pergeseran tren cita-cita dari dokter, pilot dan sejenisnya menjadi Youtuber. Hal ini kembali menguatkan bahwa Youtube merupakan media yang sangat digemari saat ini, lebih dari televisi.

Melihat bagaimana populernya Youtube dan bagaimana kehidupan para Youtuber yang mengasilkan banyak pundi-pundi uang melalui Youtube membuat kita ingin menirunya. Banyak sekali akun-akun atau kanal Youtube baru setiap harinya, dengan tujuan yang sama yaitu mencari uang dari video-video Youtube.

Untuk membuat konten yang baik dan menarik salah satu yang diperlukan adalah sebuah musik atau lagu bahkan kita sering memutar video di youtube berulang ulang karena enak di dengar. Namun seperti yang kita ketahui pihak Youtube memiliki aturan yang ketat tentang hak cipta konten, baik itu musik atau lagu hingga potongan klip video. Hal ini tentunya menyebalkan mengingat banyak lagu-lagu bagus yang justru memiliki hak cipta sehingga membuat kita tidak dapat memonetisasi video kita. Untuk menghindari masalah tersebut, kita perlu mengetahui status hak cipta sebuah musik atau lagu yang ada di Youtube. Bagaimana caranya? Kali ini Duosia akan membahas hal tersebut.

3 Cara Mengetahui Hak Cipta Lagu atau Musik di Youtube dengan Mudah dan Cepat
3 Cara Mengetahui Hak Cipta Lagu atau Musik di Youtube dengan Mudah dan Cepat

Dengan mengetahui jenis hak cipta dari suatu musik atau lagu atau bahkan sebuah klip video, kita bisa terhindar dari klaim hak cipta. Hal ini penting untuk kita ketahui karena masalah hak cipta bisa menjadi sebuah masalah yang cukup merepotkan apabila kita tidak dapat mengatasinya. Contohnya apabila kita terkena klaim hak cipta maka kita harus merombak ulang video kita.


#1. Mengetahui Hak Cipta Lagu di Youtube dengan Melihat Status Hak Cipta

Hak Cipta merupakan hal yang penting bagi YouTube. Pihak Youtube sendiri memiliki kategori hak cipta untuk setiap konten yang diunggah di platformnya. Beberapa jenis konten yang terikat dengan hak cipta antara lain:

  • Karya audio visual, misalnya acara TV, film, dan video online
  • Rekaman suara dan komposisi musik
  • Karya tulis, misalnya bahan kuliah, artikel, buku, dan komposisi musik
  • Karya visual, misalnya lukisan, poster, dan iklan Video game dan software komputer
  • Karya dramatis, misalnya drama dan musikal

Dalam praktiknya sendiri, Youtube mengklasifikasikan status hak cipta menjadi dua jenis. Yang pertama adalah Lisensi YouTube standar yang penggunaannya bebas dan lisensi Creative Commons yang penggunaannya harus dengan ijin dari pihak yang bersangkutan. Khusus untuk  musik atau lagu sendiri selama sudah dikomersialisasi maka musik atau lagu tersebut sudah memiliki hak cipta. Namun ada musik atau lagu yang dapat digunakan dengan bebas.

Kita dapat mengidentifikasi apakah sebuah musik atau lagu dengan melihat pada bagian diawah deskripsi sebuah video. Apabila musik atau lagu dalam sebuah video mempunyai hak cipta maka pada bagian Music in this video akan tertulis dengan lengkap informasi mengenai musik atau lagu tersebut.

Mengetahui Hak Cipta Lagu di Youtube dengan Melihat Status Hak Cipta

Hal ini muncul karena pihak YouTube menambahkan informasi ini secara otomatis ke sejumlah video ketika video telah diidentifikasi dan “diklaim” oleh pemegang hak cipta musik melalui fitur pengelolaan hak di YouTube. Sedangkan apabila musik atau lagu dalam sebuah video tidak ada informasi lebih lanjut atau tidak ada bagian Music in this video, maka kemungkinan besar musik atau lagu di video tersebut tidak memiliki hak cipta atau istilahnya free copyright dan dapat dipakai di konten video kalian.


#2. Mengetahui Copyrigth Musik di Youtube dengan Fitur Music Policies

Youtube sendiri mempunyai fitur yang dapat mengidentifikasi status hak cipta sebuah musik atau lagu. Fitur ini bernama Music Policies atau dalam bahasa Indonesia berarti kebijakan musik. Fitur ini berisikan database lengkap dari semua musik atau lagu yang mana hak ciptanya sudah terdaftar di pengelolaan hak cipta Youtube. Dengan menggunakan fitur ini kalian dapat mengetahui status hak cipta sebuah musik atau lagu dengan cepat karena hanya dengan mencarinya dan kalian akan mendapatkan informasi lengkap. Cara Mengetahui Hak Cipta Musik atau Lagu di Youtube dengan Fitur Music Policies adalah sebagai berikut:

  1. Kalian dapat membuka fitur Music Policies disini.
  2. Ketikkan judul musik atau lagu yang ingin kalian cek status hak ciptanya pada bagian Search music. Setelah itu klik tekan ikon search agar proses pencarian dapat berlangsung.
    Mengetahui Copyrigth Musik di Youtube dengan Fitur Music Policies
  3. Akan muncul beberapa judul lagu sesuai dengan kata kunci yang kalian cari sebelumnya. Pilih dengan saksama mana musik atau lagu yang kalian maksud. Kemudian klik pada tanda panah di sebelah judul lagu, maka akan muncul status hak cipta dari musik atau lagu tersebut.
    cara menghindari hak cipta youtube

Salah satu pesannya berbunyi “This song is not available for use in your YouTube videos. If you use this song, your video may be blocked or muted“. Hal ini berarti kalian tidak dapat menggunakan musik atau lagu tersebut di video kalian. Sebenarnya fakta bahwa musik atau lagu tersebut muncul pada database Music Policies sudah menunjukkan bahwa kalian tidak dapat menggunakannya pada video kalian untuk kemudian dimonetisasi. Apabila kalian dengan sengaja menggunakannya di video kalian maka secara otomatis video kalian tidak dapat dimonetisasi.


#3. Mengetahui Hak Paten Lagu di Youtube menggunakan Layanan Website

Pada cara terakhir ini kita menggunakan bantuan sebuah situs untuk mengecek atau mengetahui apakah sebuah musik atau lagu memiliki hal cipta atau tidak. Situs yang dimaksud bernama Easy Song Licencing. Hak cipta disini merupakan hak cipta legal yang sudah tercatat secara hukum. Jadi apabila ada musik atau lagu yang terdaftar di situs tersebut maka kemungkinan besar juga terdaftar di hak cipta Youtube. Cara mengetahui hak cipta musik atau lagi di Youtube menggunakan layanan website Easy Song Licencing adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs Easy Song Licencing disini. Disini saya berikan link yang sudah langsung mengarah ke bagian pencarian hak cipta musik atau lagu.
  2. Setelah situs tersebut terbuka, ketikkan judul lagu pada kolom yang sudah disediakan, kemudian tekan Enter.
    Mengetahui Hak Paten Lagu di Youtube menggunakan Layanan Website
  3. Kemudian akan muncul satu atau beberapa judul musik atau lagu. Klik View song untuk melihat detail dari hak cipta musik atau lagu tersebut.
    cara melihat hak cipta youtube
  4. Disini akan terlihat informasi yang cukup detail mengenai musik atau lagu tersebut.
    jenis pelanggaran hak cipta youtube

Selama musik tersebut ada di database website atau situs tersebut berarti musik atau lagu tersebut memiliki hak cipta yang sudah dipatenkan dan sah secara hukum.

Sekian artikel dari saya, Sekali lagi saya ingatkan jangan menggunakan musik yang berhak cipta

 

Jiyaad Sabiq

A person who want to share benefit contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih