Cara Mengsintall, Memasang , Mengakses, Menjalankan dan Menggunakan SoftEther VPN Client + VPN Gate Plugin Client dengan Mudah dan Cepat (Dilengkapi dengan Screenshot) – Halo semua, kali ini saya akan melanjutkan artikel yang kemarin yaitu SoftEther VPN Client dan yang lebih istimewa artikel ini akan menjadi yang pertama menggunakan Media GIF untuk tutorialnya.

Cara Memasang dan Menggunakan SoftEther VPN + VPN Gate dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengsintall dan Menggunakan SoftEther VPN + VPN Gate

Apakah kalian pernah menggunakan VPN? Jika belum maka sekarang adalah kesempatan yang baik untuk memulai Menggunakan VPN. Tapi apakah kalian sudah tahu apa itu VPN? dan pasti banyak dari  kalian yang masih bertanya tanya mengenai apa itu VPN dan apa manfaat menggunakan VPN? maka akan saya jelaskan sekarang.

Apa itu VPN?

VPN yang memiliki kepanjangan Virtual private network adalah Jaringan Privat antara komputer dan internet, sehingga kamu dapat surfing ke website secara anonim dan tanpa takut di mata-matai oleh hacker ataupun pemerintah.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Oke, mungkin yang diatas sedikit gambar umum, dan dengan grafik dibawah ini akan lebih jelas bagaimana cara kerja suatu VPN sehingga membuat jaringan kalian aman dari para mata mata di dunia maya, jadi seperti ini cara kerjanya:

Apa itu VPN?

Jadi dari gambar diatas misalkan kalian ingin berselancar di dunia maya, namun seperti yang kita ketahui bahwa sebenarnya banyak yang memantau pergerakan kita seperti misalnya Hacker, lalu Pemerintah, ISP (Internet Service Provider) yang kita gunakan ataupun Pihak kantor/Sekolah jika kita menggunakan jaringan mereka.

Apa Manfaat Menggunakan VPN?

Dan dengan adanya masalah itu maka muncul suatu invoasi yang disebut dengan VPN yang jika kita menggunakanya kita dapat mendapat keuntungan sebagai berikut:

  • Mengakses situs yang diblokir pemerintah ataupun Operator kita
  • Menyembunyikan IP Adress dan lokasi kita
  • Mengganti IP ke suatu negara tertentu agar dapat mengakses suatu situs

Apakah Admin Duosia Menggunakan VPN?

Jujur saja saya tidak terlalu sering menggunakan VPN, hanya pada saat-saat tertentu seperti misal membuka situs bermanfaat yang diblokir pemerintah (Baca: Membuka Reddit) dan Saya jarang menggunakan VPN sebagai alat yang selalu pakai, jadi VPN di tangan saya hanya pada kondisi tertentu saja.

Berapa Harga untuk Berlangganan VPN?

Seperti halnya suatu software, tentu VPN ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. Dan memang harga tidak membohongi suatu fitur untuk VPN Premium harga rata-ratanya adalah $9 USD (ada yang lebih mahal ada yang lebih murah) harga biasanya berpatok pada banyaknya server dan lokasi server serta kecepatan.

Setelah berselancar dan mencoba coba berbagai VPN, akhirnya Admin Duosia menumukan VPN GRATIS yang Cepat, Aman dan Legal. dDan ini benar benar free tanpa melakukan suatu tindakan ilegal, dan yang lebih mantap walaupun ini gratis namun memilki fitur dan kecepatan bak pengguna premium. Jadi harus langsung dicoba!! kalau tidak mau menyesal kalau masa depan kalian ingin cerah (Pembaca: wah admin lebay :v)

Cara Memasang  SoftEther VPN Client dengan Mudah dan Cepat

  1. Yang pertama harus dilakukan adalah kalian harus mendownload SoftEther VPN Client Terbaru
  2. Setelah terdownload  File tadi dengan WINRAR, karena tadi filenya berbentuk ZIP. Maka langkah pertama adalah mengextractnya (Baca juga: Tutorial Mengekstrak Files Menggunakan WinRAR dengan Mudah dan Cepat). Caranya:
    1. Masukan File yang di download pada folder baru
    Mengekstrak File 2. Setelah itu klik kanan > Pilih “Extract Here”
    3. Tunggu Proses Extrak sebentar.
  3. Lalu install file yang bernama “VPN Gate Client” yang kira kira ukuranya 44 MB
    Install VPN
  4. Tunggu sebentar setelah itu klik “Next”
    Menginstall SoftEther VPN
  5. Setelah itu pilih “Sofeither VPN Client” dan selanjutnya klik “Next”
    Mengsintall Software
  6. Dan selanjutnya centang box “I Agree the end user License Agreement” dan setelah itu baru klik “Next”
    Menyetujui Perjanjian
  7. Selanjutnya klik “Next” lagi
    Klik Lanjut
  8. Tunggu proses intallasi sebentar
    Menunggu Proses installasi Softether VPN
  9. Dan setelah itu anda bisa mengklik “Finish”
    Mengklik Finish
  10. Dan sekarang Software telah dijalankan.

Cara Menggunakan VPN dengan VPN Gate + SoftEther VPN

  1. Setelah software Terbuka, selanjutnya klik “VPN Gate Public VPN Relay Server”
    Membuka VPN list
  2. Setelah itu akan muncul “VPN Gate Service Control Panel” dan pastikan anda TIDAK MENCENTANG box yang bertuliskan “Enable The VPN Gate … ” setelah itu klik “OK”
    Mengiyakan VPN Gate
  3. Setelah itu pilih salah satu vpn yang ada di list dan biasanya semakin diatas semakin baik. (untuk kolom lainya saya jelaskan diakhir tutorial) dan Selanjutnya klik “Connect to the VPN Server”
    Mengkonekan ke VPN Server
  4. Selanjutnya akan muncul satu windows lagi yang berisi “Peringatan sebelum bergabung” untuk ini klik pada box “Do not show this messege again” agar kedepanya box ini tidak muncul lagi dan selanjutnya klik “Agree”
    Menyetujui untuk bergabung
  5. Pada tahap berikutnya kita akan disuruh untuk memilih VPN Protocol. Dan saya menyarankan untuk menggunakan Protokol TCP saja (Anda juga bisa berekspresiman menggunakan UDP untuk mencari yang terbaik menurut anda) dan selanjutnya klik “OK” | Refrensi lanjutan TCP vs UDP
    Memilih Protokol VPN
  6. Karena ini pertama kali kita menggunakan Sofether VPN, maka langkah selanjutnya kita harus memberikan permisi administrator kepada mereka untuk membuatkan kita virtual Adapter. Klik saja “OK” atau “Yes”
  7. Tunggu proses sebentar sampai mereka selesai membuatkan kita Virtual Adapter
    Proses Menginstall Virtual Adapter
  8. Indikasi pertama ketika telah berhasil menggunakan VPN adalah ada Windows yang bertuliskan “The VPN Connection is Estabilished”
    Koneksi VPN telah ada
  9. Dan Indikasi lain setelah selesai biasanya nanti akan muncul Network baru. Biasana ada notifikasi di Menu WIFI Windows
  10. Dan setelah Virtual Network Adapter berstatus telah “Enable” dan VPN Gate Connection telah “Connected” itu bertanda bahwa kalian telah berhasil menggunakan VPN.
    Tanda tanda VPN telah berhasil dibuat
  11. Untuk mengujinya silahkan kunjunjungi situs sepeti http://whatismyipaddress.com/ untuk melihat lokasi IP kalian
    IP telah berubah

Cara Memutuskan Koneksi dengan VPN

  1. Buka menu utama Softether VPN
  2. Pada VPN Gate Connection, Klik Kanan > Pilih “Disconnect”
    Disconnect VPN
  3. Dan pada Virtuak Adapter, Klik Kanan > Pilih “Disable” > Sampai statusnya menjadi Disable
    Mematikan Virtual Adapter
  4. Untuk keluar secara penuh, Buka Menu Tray Icon > Pilih Logo Softeither VPN > Setelah itu klik Kanan > Dan Pilih “Exit”
    Keluar dari Softeither VPN
  5. Kemudian akan ada Dialog Box, Dan Klik “YES”
    Mengkonfirmasi untuk keluar dari Aplikasi

Cara Menggunakan Kembali VPN

  1. Buka Softwarenya
  2. Yang terpenting silahkan “Enable” terlebih dahulu “Virtual Network Adapter” dengan Cara Klik Kanan pada virtual network adapter > Klik “Enable”
    Cara Menggunakan kembali VPN
  3. Untuk langkah selanjutnya hampir sama dengan Tutorial awal menggunakan VPN, seperti selanjutnya masuk untuk mencari list VPN. (Dan urutanya sama seperti diatas)

Sedikit Tambahan untuk Penjelasan kolom pada VPN list seperti pada langkah nomor 3 (yang menurut saya penting):

  • Region: Lokasi IP berdasarkan Negara
  • Uptime: Sudah berapa lama VPN online
  • VPN Sesion: Sesi pada VPN
  • Line Speed: Kecepatan suatu VPN
  • Logging Policy: waktu paling lama saat kita login
  • Cummulative User: Perkiraan banyaknya pengguna yang menggunakan VPN tersebut
  • Total Score: Skor suatu VPN yang mana semakin besar akan semakin di prioritaskan dalam urutan

Setelah semuanya saya jelaskan sudah tiba saatnya saya untuk pamit untuk kesempatan kali ini, maka saya ucapkan terimakasih telah membaca Tutorial Mengsintall, Memasang , Mengakses, Menjalankan dan Menggunakan SoftEther VPN Client + VPN Gate Plugin Client dengan Mudah dan Cepat.

Dan semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk anda dan semoga semakin membuka wawasan anda. Happy Sharing!!!