2 Cara Menginstall, Mengakses, Menjalankan, Memasang dan Menggunakan Whatsapp for PC secara Official Tanpa Emulator Menggunakan Browser Google Chrome dan Whatsapp for PC – Halo semua kali ini saya akan memembuat tutorial yang akan sangat menarik bagi anda pengguna PC maupun Smartphone dengan Android, iOS Windows Phone, Nokia dan BlacBerry untuk menggunakan Whatsapp for PC ini.

Cara Menginstall dan Menggunakan WhatsApp for PC

 

Whatsapp for PC

Logo WhatsApp

Apakah kalian sudah mendengar kabar tentang Whatsapp yang bisa dibuka di PC? tentu ini sangat mengejutkan karena pada awalnya whatsapp hanya disediakan untuk Para pengguna smartphone, tapi sebenarnya ini juga sudah di tebak dan di perkirakan sebelum mereka memunculkan berita yang resmi (official) ini beberapa website berita internasional telah menemukan kode berupa integrasi whatsapp dengan PC di versi sebelumnya, dan ternyata benar akhirnya di versi WhatsApp Terbaru ini telah untuk aplikasi komputer atau desktop.

Pengumaman ini di sampaikan oleh CEO Whatsapp Jan Koum di posting facebook pribadinya yang mengatakan “Hari ini, adalah waktu pertama, dimana anda dan jutaan pengguna dapat menggunakan kemampuan Whatsapp di Browser Web anda, dan ini hanyalah penerus dari Ponsel anda jadi, Browser web mencerminkan pesan dan percakapan di ponsel anda – ini berarti semua pesan anda masih aktif di ponsel anda.”

Tentunya fitur ini sangat menguntungkan untuk kita yang sudah biasa menghadap komputer/PC dan yang lebih suka atau terbiasa mengetik di Laptop, karena jujur saja saya sendiri agak malas kalau mengetik di Android, jadi saya sangat terbantu dengan adanya fitur ini. yang mempermudah saya dalam melakukan berbagai hal dalam aplikasi WhatsApp, dan tentunya fitur ini harus di apresiasi.

Untuk Review website Web WhatsApp Desktop sendiri menurut saya tampilanya sudah bagus dan profesional, tampilanya sendiri konsepnya hampir mirip dengan web cloud bawaan smartphone seperti misal Mi Cloud. dan webnya sudah lumayan cepat jika di akses dengan provider lokal dari indonesia dan menggunakan, tambah lagi website ini sudah Menggunakan Protokol HTTPS (Logo gembok Hijau di Adress Bar) yang sudah aman. oke langsung saja kita masuk ke dalam tutorialnnya daripada kelamaan.

Disini saya menggunakan Xiomi Redmi 1s dan Laptop Compaq 510 serta koneksi dengan provider 3 untuk menggunakan tutorial ini, sebenarnya ada beberapa hal yang harus di persiapkan sebelum melakukan tutorial dan akan saya sebutkan nanti di bawah ini agar kita lebih lancar dalam melaksanakan pertinya yang akan saya tayangkan. langsung saja.

#1 Cara Mengakses dan Menggunakan Whatsapp for PC via WEB


Hal yang perlu di Persiapkan sebelum melakukan Tutorial :

  • Anda Memiliki akun WhatsApp yang sudah terdaftar dan login di Smartphone.
  • Menggunakan Aplikasi WhatsApp Terbaru, minimal versi 2.11.500 (Lebih baru lebih baik)
  • Menggunakan Google Chrome Terbaru, hanya support di Browser Google Chrome, tidak bisa menggunakan Firefox, Safari ataupun Browser bawaan windows Internet Explore.
  • Memiliki koneksi di Smartphone dan PC yang memumpuni, untuk mempercepat proses. di rekomendasikan menggunakan WIFI untuk menghemat mobile data.
  • Di rekomendasikan : Menggunakan Laptop/Komputer Pribadi.

Langkah-Langkah:

1. Pertama Download dan install terlebih dahulu WhatsApp Terbaru di Smartphone Android Anda.

2. Setelah itu anda juga harus mengupdate dan menggunakan Google Chrome Terbaru.

3. Pada PC/Laptop anda Silahkan anda menuju ke website web.whatsapp.com dan tunggu loading sebentar sampai Web ini membuat QR Code untuk masuk ke akun anda.

4. Lalu, Silahkan masuk ke WhatsApp di smartphone anda, setelah itu pilih Menu (titik di pojok kanan atas) Menu WhatsApp > WhatsApp Web. Maka kamera anda akan otomatis aktif yang bertujuan untuk Menscan/Membaca QR Code.

Menu WhatsApp Web

 

5.Lalu Arahkan Kamera Smartphone anda menuju layar tepatnya mengarahkanya ke QR Code yang berada di Browser anda. dan setelah proses selesai, secara otomatis anda akan diarahkan ke WhatsApp Web di PC.

Scan QR code untuk login Whatsapp for PC

Scan QR Code

6.Dan sekarang anda sudah dapat mengirim pesan (chat), lokasi, voice note (rekaman suara), Gambar, dll melalui PC. dengan mudah dan anda menjadi lebih nyaman dan produktif dalam menggunakan WA. dan nanti pada tampilan awal anda akan menjumpai tampilan seperti ini.

WA untuk PC

Tampilan WA Web

 

WA untuk Laptop

Screenshot Chat Grup Whatsapp Web

Lalu anda juga dapat membagi halaman sampai menjadi 3, seperti untuk tampilan profil anda sendiri, lalu tampilan pesan dan untuk profil teman chat anda, tampilanya sudah sangat bagus dan bisa sangat fleksibel.

Info: Sistem kerja WhatsApp for PC hanya mensync/menyambungkan WhatsApp di smartphone dengan di PC, dan selama anda menggunakan WhatsApp for PC, Smartphone anda juga harus dalam keadaan connect internet. dan ini yang saya sayangkan karena jika smartphone offline maka kita tidak dapat mengakses Whatsapp di PC.

Tutorial ke dua ini saya buat jika anda tidak menyukai mencampur adukan antara kegiatan browsing dengan chatting, Jika anda menggunakan tutorial ke dua anda juga tidak perlu membuka browser jika ingin mengcek WhatsApp, jadi pilihlah sesuai selara anda. Sebenarnya Tutorial ini hampir sama dengan WhatsApp Web.

#2 Cara Menginstall dan Menggunakan Whatsapp for PC (Tanpa Bluestack)

Hal yang perlu di Persiapkan sebelum melakukan Tutorial :

  • Anda Memiliki akun WhatsApp yang sudah terdaftar dan login di Smartphone.
  • Menggunakan Aplikasi WhatsApp Terbaru, minimal versi 2.11.500 (Lebih baru lebih baik)
  • Menggunakan Windows 8, Windows 8.1 atau Windows 10
  • Memiliki koneksi di Smartphone dan PC yang memumpuni, untuk mempercepat proses direkomendasikan menggunakan WIFI untuk menghemat mobile data.
  • Di rekomendasikan : Menggunakan Laptop/Komputer Pribadi.

Langkah-Langkah:

1. Pertama Anda harus Download dan install terlebih dahulu WhatsApp APK Terbaru di Smartphone Android Anda, atau bisa juga dengan update Aplikasi WhatsApp di Google Play Store.

2.Setelah itu anda perlu mendownload aplikasi WhatsApp for PC Terbaru, Dan install aplikasi ini seperi biasanya (Jika ada peringatan keamanan silahkan Klik “Run”) Nanti aplikasi WhatsApp PC akan otomatis terbuka sendiri setelah selesai install.

Install WhatsApp for PC

Install WA di Laptop

 

Proses Install WA Laptop

Proses Install

3. Pada PC/Laptop anda Silahkan anda buka aplikasi whatsapp, tunggu sampai aplikasi Whatsapp untuk PC ini membuat QR Code untuk login akun anda.

4. Sama seperti sebelumnya, Silahkan masuk ke WhatsApp di smartphone anda, setelah itu pilih Menu (titik di pojok kanan atas) Menu WhatsApp > WhatsApp Web. Maka kamera anda akan otomatis aktif yang bertujuan untuk Menscan/Membaca QR Code.

Menu WhatsApp WEB

5.Lalu Arahkan Kamera Smartphone anda menuju layar laptop tepatnya mengarahkanya ke QR Code yang berada di Browser anda. dan setelah proses selesai, secara otomatis anda akan diarahkan ke WhatsApp di PC.

Scan QR Code WhatsApp for PC

6.Dan sekarang anda sudah dapat bertukar pesan, lokasi, voice note (rekaman suara), Gambar ataupun Video, Selfie, dll melalui PC. Sekarang anda dapat menjadi lebih produktif dan mudah dalam membalas pesan. Anda akan disambut tampilan seperti ini saat pertama membuka WhatsApp PC

WA untuk PC

Grup Chat Whatsapp for PC

 

2 Cara Menginstall dan Menggunakan Whatsapp for PC Tanpa Emulator

Screenshon Chat Personal

Info: Sistem kerja WhatsApp for PC hanya mensync/menyambungkan WhatsApp di smartphone dengan di PC, dan selama anda menggunakan WhatsApp for PC, Smartphone anda juga harus dalam keadaan connect internet. dan ini yang saya sayangkan karena jika smartphone offline maka kita tidak dapat mengakses Whatsapp di PC.

Oke semoga artikel yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk anda dan kita semua, khususnya untuk anda pengguna whatsapp dan bagi yang tidak menggunakan WA juga dapat menjadi info dan ilmu tambahan, Akhir kata semoga artikel mengenai Cara Menginstall, Mengakses, Menjalankan dan Menggunakan Whatsapp for PC secara Official Tanpa Emulator Menggunakan Browser Google Chrome dapat bermanfaat dalam waktu dekat atau waktu yang akan datang. Terimakasih.