Web

Cara Mengubah Gambar Menjadi Teks di Google Drive dengan Mudah

Cara  Mengubah/Merubah/Convert Gambar/Foto Menjadi Teks di Google Drive dengan Mudah dan Cepat – Kembali lagi dengan Duosia, kali ini saya akan memberikan tutorial yang sangat berguna bagi kalian yang suka membaca e-book ataupun kegiatan membaca lainnya yang menggunakan perantara gadget. Selain itu artikel ini sangat cocok bagi kalian para pelajar yang suka Screenshoot materi di Internet tetapi bingung saat ingin mengeditnya.

Cara Mudah dan Cepat Convert Gambar Menjadi Teks di Google Drive

Cara Mengubah Gambar Menjadi Teks di Google Drive dengan Mudah

Melihat perkembangan teknologi yang setiap hari semakin maju membuat banyak hal yang mulai tergantikan dengan teknologi,seperti halnya buku yang sudah banyak digantikan dengan adanya E-Book. Selain ramah tempat dan memori,kita juga dapat dengan mudah menyalin isi buku dari E-book,hanya perlu blok teks,copy,dan kemudian paste.

Namun tidak semua penulis atau penyedia E-book yang membuat E-book mereka dapat disalin seperti halnya teks biasa,mereka biasanya mengunci fitur tersebut agar tidak mudah disalin. Tapi hal ini dapat kita akali dengan mudah karena ternyata Google Drive memiliki fitur yang dapat mengubah gambar menjadi teks atau istilahnya adalah mengonversi gambar menjadi teks. Cara ini menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR)

Apa itu Optical Character Recognition ?

OCR (Optical Character Recognition) adalah aplikasi yang berfungsi untuk men scan gambar pada image dan dijadikan text, dan aplikasi ini juga bisa menjadi support /aplikasi tambahan untuk scanner. Dengan adanya OCR, Image yang bertulisan tangan, tulisan mesin ketik atau computer text, dapat dimanipulasi. (sumber : www.skill.co.id) Hal ini memudahkan kita untuk mengubah gambar menjadi teks.

Optical Character Recognition di Google Drive

Tanpa kita sadari selama ini Google Drive telah mengaktifkan fitur Optical Character Recognition.Fitur ini bermanfaat untuk mengubah gambar ke text.Tutorial ini sangat mudah untuk dipraktekkan dan juga tidak banyak memakan waktu. Jika kalian ingin mengubah dari gambar ke teks,pastikan dulu bahwa gambar yang ingin dipindai memiliki kualitas yang baik dan dapat dibaca dengan jelas. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

BACA JUGA  Cara Mengatasi "Installation Not Found" SmadAV Pro

Tutorial Mengubah Gambar Menjadi Teks di Google Drive

1. Log in ke akun Google dan buka Google Drive

2. Klik Settings > Upload Settings > aktifkan Convert Uploaded Files to Google Docs editor format

mengubah gambar menjadi teks di google drive

3. Upload dokumen yang ingin di konversi dari gambar (format PNG, JPG, PDF) ke teks. Ingat! Pastikan gambar yang ingin diupload memiliki kualitas yang baik dan dapat dengan jelas dibaca.

konversi teks jadi gambar dengan Mudah

4. Tunggu proses upload selesai.

5. Download file hasil konversi dalam bentuk doc.

convert gambar jadi teks dengan mudah dan cepat

Hasilnya seperti dibawah ini. Halaman pertama berisi gambar atau foto asli dan halaman kedua berisi teks hasil konversi.

Merubah Gambar menjadi Teks

Demikian tutorial tantang Cara Mudah Mengubah Gambar Menjadi Teks di Google Drive. Semoga tutorial kali ini dapat memberikan manfaat bagi banyak orang, Termasuk kalian. Terimakasih

Tanda

Pasti Kamu Suka

Berikan Komentar

avatar
  Beritahu jika Komentar dibalas  
Beritahu
Close