Cara Meringkas Dokumen Otomatis

2 Cara Meringkas Dokumen Otomatis 100% Tanpa Aplikasi – Dengan adanya kebijakan untuk tetap dirumah selama masa pandemi Covid-19 ini, pastinya banyak hal yang harus dikerjakan dari rumah. Para pekerja kantoran menyelesaikan pekerjaannya di rumah, para pelajar mengerjakan tugasnya di rumah. Tentunya, mengerjakan berbagai pekerjaan di rumah terasa lebih melegakan karena tidak ada tuntutan langsung yang menekan kita untuk menyelesaikan pekerjaan dalam jangan waktu tertentu. Kita bisa bekerja selayaknya kita bukanlah karyawan, namun pekerja lepas atau freelancer. Begitu juga dengan para pelajar dan mahasiswa, mereka dapat mengerjakan tugas kapanpun selama tidak melebihi batas waktu.

Tentunya kemudahan-kemudahan tersebut berbanding lurus dengan kesulitan yang ada. Ada saja hambatan yang terjadi apabila kita melakukan pekerjaan dari rumah. Kerjaan yang menumpuk, tugas yang tidak wajar jumlahnya, hingga terbengkalainya pekerjaan-pekerjaan karena terbuai dengan suasana rumah yang damai. Terlebih lagi bagi para pelajar yang biasanya dibebai tugas yang banyaknya melebihi batas kewajaran. Salah satu tugas yang sering diterima oleh para pelajar sekolah dan mahasiswa adalah merangkum atau meringkas sebuah materi atau dokumen. Hal ini seringkali memberatkan karena harus bekerja dua kali, yaitu membaca lengkap kemudian merangkum keseluruhan dokumen.

Banyak cara untuk mengakali tugas tersebut. Mungkin bisa dengan cara hanya menuliskan kalimat intinya saja, atau hanya menghapus bagian-bagian tertentu dari sebuah dokumen. Karena tugas yang menumpuk, mereka hanya memikirkan bahwa sebuah tugas selesai mereka kerjakan tanpa peduli benar atau tidaknya. Mereka biasanya ingin mencari cara bagaimana merangkum atau meringkas dokumen otomatis sehingga tugas mereka cepat selesai. Sebenarnya ada cara untuk melakukan hal itu. Kita bisa merangkus atau meringkas sebuah dokumen tanpa ribet dan bisa secara otomatis. Melihat fenomena tersebut, Duosia akan memberikan tutorial terkait. Pada kesempatan kali ini Duosia akan memberikan tutorial dengan judul 2 Cara Meringkas Dokumen Otomatis 100% Tanpa Aplikasi.

2 Cara Meringkas Dokumen Secara Otomatis 100% Tanpa Aplikasi2 Cara Meringkas Dokumen Otomatis 100% Tanpa Aplikasi

Pada artikel ini penulis akan menyamakan antara istilah merangkum atau meringkas dengan membuat sebuah kesimpulan. Hal ini karena biasanya hasil dari rangkuman atau ringkasan sebuah dokumen sama bentuknya dengan sebuah kesimpulan. Dengan cara-cara yang akan dijelaskan dibawah, kita akan membuat kesimpulan atau ringkasan dari sebuah dokumen utuh. Langsung saja inilah artikel 2 Cara Meringkas Dokumen Otomatis 100% Tanpa Aplikasi.

#1. Cara Meringkas Dokumen Otomatis dengan Edubirdie

Cara pertama ini kita akan menggunakan layanan dari sebuah situs web bernama Edubirdie. EduBirdie sendiri menurut mereka adalah platform akademik dimana para siswa dapat memilih dari ratusan penulis profesional untuk membantu mereka dalam tugas menulis mereka. Jadi mereka menyediakan berbagai layanan untuk membantu para pelajar untuk menyelesaikan tugas menulis mereka. Salah satunya adalah fitur untuk merangkum atau meringkan dokumen secara otomatis. Langsung saja inilah cara meringkas dokumen otomatis dengan Edubirdie:
  1. Pertama tentu saja siapkan teks atau dokumen yang ingin kalian rangkum atau ringkas dengan ketentuan minimal 200 kata. Usahakan teks polos atau teks tanpa heading dan sejenisnya.
  2. Buka situs atau layanan Free Online Summarizer dari Edubirdie disini.
  3. Salin atau copy teks dari dokumen yang ingin kalian rangkum atau ringkas.cara meringkas dokumen otomatis di windows
  4. Tempel atau paste teks dari dokumen tadi pada kolom yang sudah disediakan di layanan Edubirdie dan isikan judul pada kolom yang sudah disediakan. Kemudian klik pada menu Summarize agar situs tersebut memulai proses meringkas dokumen atau teks tersebut.cara meringkas dokumen online
  5. Proses merangkum atau meringkas dokumen akan berlangsung, tunggu sampai selesai.
  6. Kalian bisa menyalin teks tersebut kemudian edit sesuai kebutuhan. Untuk meringkas dokumen atau teks lainnya, klik pada pilhan Summarize another text dan lakukan kembali langkah pertama sampai terakhir.aplikasi meringkas dokumen otomatis gratis
Setelah proses merangkum teks selesai maka akan muncul hasilnya. Akan terlihat perbandingan jumlah kata dari sebelum dan sesudah teks tersebut dirangkum atau diringkas. Selain itu akan ada informasi tentang berapa presentase ringkasan dari teks atau dokumen tersebut. Salin teks hasil rangkuman atau ringkasan tadi sesuai kebutuhan kalian. Apabila kalian langsung menyalin teks hasil ringkasan, sebaiknya masukkan dahulu kedalam Notepad agar tidak berantakan saat dimasukkan ke software lain semisal Microsoft Word.

#2. Cara Meringkas Dokumen Otomatis Dengan Resoomer

Cara kedua kali ini hampir sama dengan cara pertama yaitu dengan memanfaatkan sebuah layanan website yang memungkinkan kita untuk merangkum atau meringkas dokumen secara otomatis. Layanan yang akan kita gunakan kali ini bernama Resoomer. Sesuai dengan namanya, layanan ini berguna untuk meringkas teks. Cara kedua ini dapat kalian jadikan opsi alternatif dari cara pertama apabila dirasa lebih cocok. Langsung saja inilah cara meringkas dokumen otomatis dengan Resoomer:
  1. Pertama kalian harus menyiapkan teks yang ingin kalian rangkum atau ringkas secara otomatis. Untuk ketentuannya samakan saja dengan ketentuan yang ada di cara pertama.
  2. Kemudian buka situs Resoomer disini.
  3. Salin atau copy teks yang sudah kalian siapkan sebelumnya, kemudian tempel atau paste pada kotak atau kolom yang telah disediakan pada situs Resoomer. Setelah itu kalian klik pada menu Resoomer untuk meringkas dokumen tersebut.cara meringkas teks otomatis pc
  4. Tunggu sampai proses meringkas dokumen otomatis selesai.
  5. Hasilnya akan terlihat tepat disamping dokumen atau teks aslinya. Akan terlihat berapa presentasi teks yang diringkas.cara merangkum teks otomatis di pc gratis
  6. Scroll kebawah maka kalian akan menemukan beberapa menu. Kalian bisa memilih untuk mendownload hasil ringkasan tersebut menjadi PDF, DOC, atau hanya menyalinnya seperti biasa.aplikasi merangkum dokumen otomatis gratis

Apabila kalian langsung menyalin teks hasil ringkasan, sebaiknya masukkan dahulu kedalam Notepad agar tidak berantakan saat dimasukkan ke software lain semisal Microsoft Word.

Tutorial diatas dapat kalian coba untuk setidaknya meringankan beban tugas yang sudah menumpuk. Dengan adanya tutorial ini diharapkan dapat mempermudah jalannya perkuliahan atau sekolah daring kalian sehingga tidak membuat stress yang berlebihan. Namun jangan terlalu sering menggunakan layanan diatas karena ada kemungkinan dokumen yang kalian ringkas kurang akurat secara tata bahasa karena dilakukan oleh AI.

Sekian artikel dengan judul 2 Cara Meringkas Dokumen Otomatis 100% Tanpa Aplikasi. Semoga dengan ditulisnya artikel ini dapat memberikan wawasan dan juga membantu kalian yang sedang menjalani program work from home atau sejenisnya.

Jiyaad Sabiq

Member/author in Duosia since 2016. A person who want to share benefit contents and spread knowledge to everyone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Tolong Bantu Kami Tumbuh

Kami hanya akan menampilkan iklan yang RELEVAN dan TIDAK MENGANGGU Dengan anda MEMATIKAN Adblock pada situs kami, Merupakan salah satu Modal untuk menyajikan konten Terbaik