Hope.ly – Short URL (pemendek URL) untuk membantu Palang Merah dalam mendapatkan donasi/sumbangan. Halo kali ini saya akan membahas tentang website yang membuat saya tertegun beserta kagum dengan ide yang unik untuk mencapai misi kemanusian yaitu Hope.ly, saat pertama kali saya melihat ini saya melihatnya di halaman utama Bitly yang belum login, terlihat sangat jelas di bawah kotak untuk mempaste Shorten Link dan ini menurut saya salah satu lokasi yang sangat starategis.

Short URL (URL Pendek)

Pertama disini saya akan membahas tentang Short URL/Shorten link atau bisa juga disebut dalam bahasa indonesia yaitu pemendek URL, dan URL sendiri adalah suatu Adress (alamat) dalam internet yang bertujuan untuk membuka sebuah laman. dan disini saya akan menjelaskan fungsi short url.

Fungsi Short url adalah :

  • Mempermudah dalam mengigat URL.
  • Dapat menyembunyikan link afiliasi.
  • Menyingkat URL panjang menjadi singkat.

Bitly

Dan dari situ kita sudah paham tentang apa itu URL dan Short URL, sekarang pada bagian ini saya akan membahas tentang Bitly salah satu penyedia shorten url terbesar dan terpopuler di dunia, Bitly didirikan pada tahun 2008 dan dijelaskan dibuat di Newyork City, Bitly biasanya memperoleh 600 juta request untuk memendekan url setiap bulanya, dan saat saya lihat pada hompage bitly sekarang mereka sudah memendekan url lebih dari 20 Miliar angka yang sangat fantastis. layanan Bitly biasa di gunakan dalam berbagi tautan yang panjang di sosial media, sms, email, dan masih banyak lagi. jadi disini Bitly membantu Palang Merah untuk mendirikan Hope.ly.

Kelebihan Bitly :

  • Dapat Melacak orang yang mengklik linkya mulai dari browser, os, dsb.
  • mudah di gunakan dan dapat mengcostum url
  • menggunakan redirect 301 sehingga tidak mempengaruhi berbagai hal terutama seo dan kenyamanan pengguna.

Dan yang terakhir adalah saya akan membahas topik utama kita yaitu tentang Hope.ly, Sebenarnya Hope.ly Bitlink, sudah bertujuan untuk membantu dari awalnya. Jika anda menggunakan Hopely nantinya sebelum masuk ke link asli yang belum disingkat akan ada sebuah halaman dimana kita akan menunggu selama 10 Detik yaitu tampilan sebuah undangan untuk mendonasikan uang kepada palang merah amerika. Dengan menggunakan bitly API dalam sharing url yang telah dikecilkan menjadi sangat mudah dan kuat seperti pada Bitly yang tetunya sudah memiliki branding.

Hopely

Untuk review situs Hope.ly tentu saja sangat bagus karena jujur saja disini memiliki tampilan yang bagus, lalu desain yang menggambarkan palang merah, dan tentuya kemudahan dalam membagikan link, menurut Alexa.com Hopely sudah masuk dalam peringkat 72 ribu dunia, dan termasuk 18 ribu di AS. ini menunujukan bahwa situs yang baru dibuat belum lama ini sekitar 1 bulan yang lalu sudah dapat membukitkan kekuatan dari kepedulian yang masih cukup tinggi di dunia internet. langkah selanjutnya adalah bagaimana kita membuah link yang pendek menggunakan layanan Hope.ly. anda bisa mengenal lebih tentang Hopely melalui video ini.

Cara Membuat Short URL dari Hope.ly

1.Pertama kunjungi create.hope.ly

2.Copy dulu link yang ingin di pendekan (dengan cara Blok URL lalu CTRL + C atau Klik kanan lalu copy).

Mengcopy URL yang ingin di pendekan

3.Setelah itu Pastekan link pada Bagian “Paste Link To Shorten” (Klik Kanan pada kolom lalu Paste atau CTRL + V)

Mempaste URL yang ingin dipendekan

4.Maka URL akan muncul disini nanti akan ada ucapan terimakasih dari Hopely Bitlink atas support yang kita berinkan dan Copy lalu sharelah ke akun media sosial anda seperti facebook, twitter, Google+ ataupun di blog anda. Jika ingin membuat URL lagi(misal URL : http://hope.ly/14eYfos )

Mengcopy url yang dipendekan

Cara Lain anda bisa masuk ke akun Bitly dan mengubah domain pemendek

Dan nanti ketika ada orang yang membuka atau menekan URL anda maka akan ada sebuah halaman full page yang tidak bisa di skip seperti di URL Service mewajibkan kita untuk menunggu sekitar 10 Detik untuk melanjutkan ke link yang asli, akan ada ajakan untuk mendonasikan ke palang merah, tapi yang saya sayangkan dari layanan ini dulu mereka hanya menwarkan untuk banner kecil yang berada diatas namun sekarang full page yang menurut saya itu tidak konsisten.

Na dari sini bisa diambil dari ada anda yang memendekan URL menggunakan Adfly ataupun Adfouc dan layanan-layanan pemendek url yang lain yang membayar anda sedikit uang untuk setiap kliknya mungkin sekali-kali bisa menggunakan layanan inin minimal bisa mencoba sekali kali dan khususnya untuk membantu menggalang dana untuk palang merah, walupun palang merah amerika jika niatnya membantu tidak sebatas karenan berbeda negara menyurutkan bantuan kita untuk sesama, hanya dengan memendekan url saja kita sudah termasuk peduli dengan sesama yang kurang berutung.

Oke sekian aritkel dari saya mengenai Hope.ly – Short URL untuk membantu Palang Merah, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih dan Semga bermanfaat.