Pengertian Cloud Storange

Pengertian Cloud Storange dan Fungsi Cloud Storange – dan mengenal lebih dekat tentang Cloud Storange, Sering Terdengar atau membaca di social media tentang pertanyaan “Apa sih Cloud Storage, pengertian cloud storange apa, apa fungsi atau kegunaan cloud storange ?” dan dari beberapa pertanyaan tersebut saya mempunyai ide/gagasan untuk menyampaikan tetang apa itu cloud storange dan menjelaskan lebih deatail tentang ini, karena dari kebayakan jawaban yang ada di social media hanya menjawab dengan perkataan yang sangat singkat seperti “Untuk Menyimpan file, Untuk Backup File, dsb” oke akan langsung saya jelasakan saja apa itu Cloud Storage.

Cloud Storange atau komputasi awan adalah suatu media penyimpanan data yang dapat diakses dimana saja, dan kapan saja oleh para penggunanya melalui perantara jaringan  yang terintegrasi dan tersinkronisasi melalui internet. dan Tentu saja filenya berada dikomputer dimana anda membuat akun cloud storage. Ilustrasinya seperti ini, Jika saya seorang Desainer maka saya membutuhkan beberapa file seperti gambar, ilustrasu,dll, oleh karana uty untuk mempermudah saya ketika bekerja dimana saja, saya menyimpanya di salah satu penyedia cloud storange. dan ini bisa menjadi pilihan untuk menyimpan data atau file kita. Kita biasanya menyimpan data pada beberapa media seperti seperti CD, Flashdish, Harddish. Tapi sebagian pengguna komputer hal tersebut yang saya sebutkan diatas, mulai menjadi penghalang efisiens/efektifitas kerja saat data-data atau file yang sedang dibutuhkan tidak dapat diakese atau digunakan. Misalnya CD, Flashdish, atau Harddish yang rusak. Saat disimpan secara ‘cloud‘, data-data tersebut dapat dengan mudah diakses lewat jaringan internet. Tidak perlu mengambil laptop/notebook saat ketinggalan, atau mencari flashdisk di segala tempat. dan Jika terjadi masalah pada saat ingin mengakses file di cloud storange maka ada beberapa kemungkinan misalnya, Penyedia Cloud Storange/Cloud Hosting sedang melakukan maintenance secara berkala. dan Jika Space atau ruang data yang terbatas maka ada beberapa cara untuk mendapatkan banyak space lagi, Kalau sudah penuh kita dapat membuat akun baru lagi, atau bisa juga mengambil layanan premium dengan membayar sejumlah tarif untuk mendapatkan tempat penyimpanan yang lebih besar/ada juga yang sampai unlimited. Yang paling disukai dari keuntungan teknologi ini adalah kemudahan mengakses data-data kita di mana saja dan kapan saja. 

Pengertian Cloud Storange dan Fungsi Cloud Storange


Akan tetapi, disamping kelebihan dan keunggulan dari Cloud Storage, Pasti juga akan ada kekurangan dari system ini, 

kekurangan Cloud Storange

  • hal keamanan. Setiap akun dilindungi oleh password yang bisa saja diketahui orang lain, Walaupun kita berusaha semampu kita untuk berhati-hati tetap saja tak menutup kemungkinan akun kita bisa dibuka atau dibobol orang lain. 
  • Gangguan pada saat mengakses data, mungkinkah itu disebabkan karena koneksi yang bermasalah atau terlalu lama, atau server yang sedang ‘down’. 

Beberapa sistem/penyedia cloud storage bahkan menyediakan fitur agar orang lain dapat mengakses data milik kita seperti fitur sharing. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan kita dalam pengerjaan sebuah proyek kolaboratif/kerja sama daripada bertukar salinan data baik secara online (dengan cara upload) maupun offline (mencopy data menggunakan flashdish, dsb). Bagaimana berminat untuk menggunakan layanan Cloud Storage atau penasaran ingin mencobanya, baiklah selesai tugas dari saya untuk kali ini dalam menyampikan Pengertian Cloud Storange dan Fungsi Cloud Storange. semoga menambah pengetahuan untuk kita, dan semoga bermanfaat bagi kita semua.