2 Cara Membuat dan Memasang/Memberi Password/Kata Sandi di Google Chrome dengan Mudah dan Cepat – Halo kali ini Duosia akan membahas mengenai Browser paling populer di Dunia yaitu Google Chrome tercinta. Dan pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial untuk mengunci/melock browser google chrome dengan kata sandi.

Cara Memasang Password dan Mengunci Google Chrome

Google Chrome Offline Installer Terbaru

Mengapa Harus memberi Password pada Google Chrome?

Ya pertanyaan inilah yang pasti akan pertama muncul dalam benak kalian, dan disini saya akan mencoba menjelaskan betapa pentingnya memberikan kata sandi pada browser dikarenakan banyak hal

https://www.duosia.id/windows/cara-mengganti-bahasa-di-google-chrome/

Pertama, dengan memberikan passcode pada chrome akan mencegah terjadinya akses yang tidak dizinkan oleh orang lain, kasus nyata yang saya alami sendiri adalah saya mendapati akun facebook dan twitter saya dibajak oleh teman saya sendiri.

Mengapa? karena saya tidak memberikan password di browser saya, kejadian dimulai ketika saya sedang di sekolah dan sedang memagang laptop. Ketika itu ada teman dari kelas lain yang memanggil saya dari luar otomatis saya langsung meninggalkan kegiatan berselancar saya dan saya langsung menghampiri teman kelas lain saya.

Dan diwaktu yang sama teman sekelas saya menggunakan kecepatan kilatnya melakukan pembajakan di akun facebook saya dengan menulis status galau yang tidak bermutu, sebenarnya saya dapat meredam emosi saya hanya saja karena facebook kebanyakan merupakan koneksi dari keluarga jadi saya menjadi agak marah.

Facebook dibajak

So, daripada akan terjadi pembajakan berikutnya saya langsung saja mencari cara untuk mengunci chrome saya, karena tidak mungkin kalau saya me log out semua akun saya, yang tentu saja itu akan menyita waktu dan tidak efektif.

Dan saya berhasil untuk mengunci chrome saya, dan ketika para pembajak ingin membuka browser kesayangan pada awal startup chrome, mereka akan dihadang oleh box password yang memaksa agar mereka memasukan password.

Lalu, apakah cara membuat password untuk chrome mudah?

Tentu saja sangat mudah karena kita hanya akan melalu beberapa langkah yang tentu saja yang terpenting tidak akan menyita waktu anda dan tidak mempersulit anda. Karena saya sudah memilih cara yang paling mudah dan simpel.

Hal yang harus dipersiapkan sebelum menjalankan tutorial

  1. Sudah memiliki, jika belum punya silahkan download di  Google Chrome Terbaru
  2. Memiliki akun Google dan Sudah login di Browser (untuk mengakses chrome store)

#1 Cara Membuat Password di Google Chrome dengan PassBrow


  1. Langsung saja, silahkan menuju link extention dari Passbrow, Disiniinstall ekstensi chrome
  2. Setelah itu klik Tombol “Add to chrome” maka akan muncul dialog box lagi dan silahkan klik “Add Extention” untuk mengkonfirmasi penginstallankonfirmasi install ekstensi
  3. Tunggu proses download sebentar, setelah selasai anda akan diarahkan ke halaman extensi agar kita mencentang “Allow in incognito” ini berfungsi agar ketika seseorang ingin mengakali dengan membuka ingonito mode mereka tetap harus memasukan password (Note: ini link setting ekstensi jika anda tidak sengaja mengclose tabnya chrome://extensions/?id=lbgoadondhcaigdkciejdegkgambbkne)menyetujui incignito mode
  4. Sekarang langsung saja anda membuka option passbrow silahkan buka dengan klik link ini chrome-extension://lbgoadondhcaigdkciejdegkgambbkne/html/options.html
  5. Saya tidak mengisi kolom pertama karena saya berpikir tidak akan melupakan password saya (Toh kalau saya lupa password saya mungkin akan me reinstall Google Chrome saya). Namun jika anda takut lupa password anda silahkan isi kolom pertama juga.
  6. Jadi langsung saja Masuk pada Kolom “New Password” (kolom kedua) dan silahkan ketik password anda, di form pertama dan untuk mengkonfrimasi tulis kembali password anda di form kedua. Setelah itu klik “Save” Mungkin nanti akan ada file yang terdownload, dan itu fungsinya untuk recover jika anda nantinya lupa passwordMembuat password untuk masuk chrome
  7. Sekarang Google Chrome sudah dilindungi dengan password untuk melakukan testing silahkan Keluar dari Chrome dan buka lagi.
    Memasukan password untuk masuk chrome
  8. Dan bisa dilihat sudah ada box password yang siap menghadang para tukang pembajak. Dan hal lain yang lebih mantap adalah ketika orang salah memasukan password maka Chrome akan otomatis keluar, lalu jika orang tidak memasukan password dan memilih untuk klik tombol “cancel” chrome juga akan keluar.

#2 Cara Memasang Password di Google Chrome dengan Simple Startup Password


  1. Silahkan Download extensinya disini
  2. Sama dengan cara pertama. klik Tombol “Add to chrome” maka akan muncul dialog box lagi dan silahkan klik “Add Extention” untuk mengkonfirmasi penginstallan
  3. Untuk setting password silahkan buka chrome-extension://ojoalkffommhmdmbohjphohoejjmgepc/options.html Silahkan masukan password, setelah itu klik saveSetting password di simple Startup Password
  4. Untuk melakukan testing silahkan keluar dari Google Chrome dan buka lagi. Maka anda akan disuruh untuk memasukan Password ketika akan masuk ChromeMemasukan password di Simple Startup Password

Pilih Mana antara Cara #1 dan Cara #2?

Saya pribadi lebih merekomendasikan Cara #1 dikarenakan extentionya yang lebih update (terakhir update 26 desember 2016) dibanding ekstensi pada tutorial #2 yang updatenya pada tanggal 7 Juni 2011. Selain itu dari segi tampilan saya lebih cocok dengan Ekstensi Cara #1 yang terlihat lebih modern dan lebih lengkap.

Oke sekian dari saya mengenai Cara Mengunci Google Chrome dengan Password. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat untuk anda baik untuk masa sekarang maupun untuk masa Depan.