3 Cara Mengirim/Mentransfer File/Berkas dari Laptop/Komputer ke Smartphone Android Menggunakan SHAREit dengan Mudah dan Cepat (dengan Gambar) – Halo kali ini saya akan menyelesaikan series SHAREit di Duosia, jadi tutorial ini akan cocok untuk kalian yang ingin mengirim suatu file dari PC kalian ke Android kalian. Kami disini menggunakan SHAREit untuk tutorial ini.

Cara Menggunakan SHAREit untuk Mengirim File dari PC ke Android

Mengirim file dari Laptop ke Android dengan Mudah dan Cepat

Pasti sangat sering kita mengalami keadaan dimana kita sangat ingin untuk memindahkan file dari Laptop kita menuju smartphone kita, alasanyapun beragam ada yang ingin memindahkan karena memang ada urusan tertentu, ada juga yang memindahkan karena ingin menonton video dilayar yang lebih kecil atau alasan lainya.

Namun sering kali kita mengalami masalah, misalnya ketika kita diperjalanan atau misal kita lupa membawa kabel data, atau masalah seperti tidak ada bluetoot di Laptop kita dan bisa saja kita tidak mempunyai MicroSD atau Smartphone hanya mendukung internal storage.

Kita memang bisa menggunakan Internet untuk memindahkan file menggunakan layanan cloud storage seperti MediaFire, Mega ataupun Dropbox. Tapi apakah iya kita akan membuang waktu kita? ataupun membuang waktu kita? padahal kita memiliki cara yang lebih cepat dan tentu saja Offline dan Tanpa menyedot sedikitpun kuota. Tinggal kita saja mau memilih yang mana?

Oke disini saya akan menyediakan 3 Cara, jadi silahkan pilih salah satu yang paling mudah menurut kalian, kalau yang paling mudah menurut saya adalah dari atas Cara 1 (semakin mudah) – Cara 3 (semakin sulit) namun untuk pilihan tetap di tangan kalian.


Software yang harus di Install Terlebih dahulu

Ini bisa menjadi Refrensi anda jika anda dalam kondisi yang berbeda: 4 Cara Mengirim File dari Android ke PC Menggunakan SHAREit


#1 Cara Men-Transfer File dari PC ke Android dengan Mudah

Untuk tutorial cara 1 menggunakan fitur Mobile Search Computer, jadi gampangnya HP anda yang mencari laptop anda. Saya menaruh tutorial ini di urutan pertama karena saya merasa smartphone lebih cepat ketika menangkap WIFI daripada laptop

A. Langkah Pada PC (Lakukan tahapan ini sampai selesai)

  1. Pertama buka SHAREit pada PC,Laptop mencari Android SHAREit
  2. Tunggu sebentar, dan otomatis hotspot akan dibuat oleh SHAREit, Tunggu sampai selesai dan akan ada tulisan “Waiting to be connected” jika hotspot telah selesai dibuat.

B. Langkah Pada Android

  1. Seperti biasa, Buka Android dan Buka aplikasi SHAREit
  2. Setelah itu Pilih Menu (Letak: Pojok kiri Atas) > dan silahkan Pilih “Connect PC”
    Connect to PC
  3. Tunggu sebentar proses membaca (read: Scanning), dan setelah akun Laptop anda ditemukan, Tab AVA laptop anda.
    Proses Scanning
  4. Sekarang perlu melihat laptop anda, dan memberikan persetujuan akses, membutuhkan waktu beberapa saat agar benar benar Terhubung (catatan:tunggu sampai masuk Menu Transfer, jika salah satu perangkat masih connecting jangan kirim dulu)
    Menyetujui Device
  5. Setelah itu silahkan anda pilih menu “Pictures” atau “Files”. Nanti akan ada Window Baru > Silahkan pilih File mana saja yang ingin dikirim > Klik “Open” untuk mulai mengirim
    Mengirim File dari PC ke Android

    Ikuti langkah ini dari Kiri ke kanan

    Proses Mengirm File

    Urutanya untuk Screenshot ini dari Kanan ke Kiri

  6. Tunggu Proses transfernya. Dan setelah selesai akan lebih baik jika kalian melakukan DC dengan mengklik tombol “Disconnect”

#2 Cara Mengirim Berkas dari Komputer ke Smartphone Android dengan Cepat

Untuk Tutorial 2, saya menggunakan metode Computer Search Mobile dalam bahasa inggris, dan kalau diterjemahkan ke bahasa indonesia yaitu Komputer yang mencari HP. Sekarang banyak HP yang teathringnya sudah canggih dan cara ini juga cocok karena terkadang membuat hotspot di laptop gagal.

A. Langkah Pada Android (Selesaikan langkah ini dulu sampai selesai)

  1. Langkah awal adalah buka SHAREit pada Android anda
  2. Kedua, buka Menu dan Tab “Connect PC”
    Connect ke PC
  3. Ketiga, anda harus Men-Tab pada tulisan “PC Search Mobile” (Berada di Pojok kanan Bawah)
    PC Search Mobile
  4. Tunggu Proses sebentar dan Hotspot akan terpasang dan Aktif, Jika sudah Berhasil maka akan bertuliskan “Waiting to be connected…”
    Hotspot telah terpasang

B. Langkah Pada PC (Setelah melakukan langkah pada Android, Lanjutkan ke langkah ini)

  1. Selanjutnya jalankan software SHAREit for PC, Pilih “Search Hotspot of Mobile”
    Mencari Hotspot dari Smartphone
  2. Tunggu sebentar prosesnya, tunggu sampai anda menemukan Avatar Android anda. Setelah ketemu silahkan klik
    Memilih Android
  3. Pada layar PC akan ada pemberitahuan bahwa kita sedang menunggu persetujuan pada android, Maka Pada Android silahkan accept “permintaan bergabung” dari PC dengan Tab “OK”
    Menyetujui Request untuk bergabung
  4. Setelah permintaan diterima, tunggu sebentar untuk proses “connecting”. Dan setelah selesai anda akan berada di menu Transfer (catatan: Mulai lakukan Transfer File ketika tampilan di Android dan PC sudah pada Menu Transfer, jika salah satu perangkat masih connecting jangan kirim dulu)
    Connecting to PC
  5. Sekarang anda bisa mengirim file dari Komputer anda ke Android anda, Silahkan pilih “files” > setelah itu pilih juga file yang ingin dikirim > lalu klik “Open” untuk mengirim
    Mengirim File dari PC ke Android

    Ikuti langkah ini dari Kiri ke kanan

    Proses Mengirm File

    Urutanya untuk Screenshot ini dari Kanan ke Kiri

  6. Nanti akan ada kolom baru yang disebut kolom “History”, dan tunggu proses mentransfernya. Seperti biasa selesai menggunakan SHAREit, “Klik Disconnect” untuk memutus koneksi dengan HP.

#3 Cara Mengirim Berkas dari Laptop ke Android dengan Mudah dan Cepat

A. Langkah Pada PC (Lakukan langkah ini sampai selesai)

  1. Jalankan SHAREit pada Laptop anda terlebih dahulu
  2. Nanti otomatis SHAREit akan membuat hotspot dan Tunggu sebentar sampai hotspot selesai diciptakan (Indikator jika hotspot telah dibuat ada tulisan “Waiting to be connected”)
    Memilih Scan QR Code
  3. Setelah itu klik pada “Show QR Code” > Maka akan muncul QR code yang perlu di scan
    Tampilan Menu QR Code
B. Langkah Pada Android (Setelah melakukan langkah pada PC baru mengikuti ini)
  1. Buka SHAREit pada Android.
  2. Seperti cara-cara sebelumnya, Buka “Menu” dan Tab pada “Connect PC”
    Connect to PC
  3. Yang membedakan adalah pada langkah ini ini, selanjutnya anda harus Tab Tombol “Scan to Connect” (Beerada di pojok kiri bawah)
    Scan untuk Connect
  4. Maka otomatis anda akan membuka kamera, dan silahkan arahkan kamera smartphone anda ke layar laptop tepatnya ke QR code yang ada di laptop
    Membaca QR Code menggunakan kamera
  5. Akan muncul lagi dialog box yang memungkinkan anda untuk memilih menggunakan hotspot laptop atau menggunakan hotspot android (untuk memilih koneksi terbaik sesuaikan dengan laptop dan android anda, Jika laptop anda yang lebih bagus “mahal” silahkan menggunakan opsi pertama, Jika sekiranya android anda yang lebih bagus maka gunakan opsi kedua) | Setelah saya test menggunakan hotspot Android ternyata lebih stabil
    Memilih Jaringan yang akan digunakan
  6. Sekarang SHAREit sudah bisa digunakan untuk mengirim berkas, Klik “File” > Pilih juga File yang ingin dikirim di Window baru yang muncul > Lalu klik “Open” untuk memulai operasi ini.
    Mengirim File dari PC ke Android

    Ikuti langkah ini dari Kiri ke kanan

    Proses Mengirm File

    Urutanya untuk Screenshot ini dari Kanan ke Kiri

     

  7. Tunggu sebentar proses mengirimnya. Setelah semua file selesai dikirim dan tidak ada keinginan untuk menggunakanya lagi klik “Disconnect” untuk mengakhiri sesi ini.

Semoga dengan Tutorial 3 Cara Mengirim/Mentransfer File/Berkas dari Laptop/Komputer ke Smartphone Android Menggunakan SHAREit dengan Mudah dan Cepat Hari anda semakin produktif, bermanfaat dan menjadi lebih baik. Sekiand dari saya jika ada kekurangan atau kesalahan saya mohon maaf. Terimakasih