Cara Mengubah Partisi MBR ke GPT

3 Cara Mengubah Partisi MBR ke GPT sebelum Instal Ulang Windows 10 –  Setelah berakhirnya dukungan dari pihak Microsoft untuk Windows 7, banyak penggunanya yang kebingungan dan khawatir. Mereka khawatir apabila dukungan dari Microsoft berakhir, Windows 7 yang mereka pakai akan tidak stabil dan berujung virus yang rentan menyerang sistem operasi mereka. Salah satu solusi cepat mengatasi itu semua adalah dengan melakukan upgrade atau update dari Windows 7 ke versi atasnya. Kebanyakan dari mereka mengupgrade sistem operasi mereka dari Windows 7 ke Windows 10. Istilah populernya adalah instal ulang Windows 10 dari Windows 7. Windows 10 sendiri dipilih oleh banyak orang karena merupakan versi sistem operasi berbasis Windows yang paling mutakhir. Jerry Nixon, developer evangelist dari Microsoft pada gelaran Microsoft Ignite tahun 2015 lalu mengatakan bahwa versi Windows 10 merupakan generasi terakhir yang dirilis oleh Microsoft. Hal ini berarti bahwa kedepannya sistem operasi Windows 10 akan selalu mendapatkan dukungan baik itu update berkala maupun update fitur baru dari Microsoft. Tentunya sebagai pengguna kita tidak mau melewatkan keuntungan itu bukan?

Dalam menginstal sistem operasi baru pada komputer atau laptop kita, dibutuhkan yang namanya sistem penyimpanan atau drive. Drive untuk instalasi sistem operasi dapat berupa Hard Disk maupun SSD. Salah satu kendala yang paling sering dialami oleh orang awam adalah adanya peringatan yang berbunyi Windows cannot be installed on this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only be installed to GPT disks. GPT merupakan versi penyempurnaan dari MBR pada sebuah drive. Bagaimana cara mengatasi pesan error MBR saat instal ulang Windows 10? Kali ini Duosia akan memberikan solusinya melalui artikel berjudul 3 Cara Mengubah Partisi MBR ke GPT sebelum Instal Ulang Windows 10.

3 Cara Mengubah Partisi MBR ke GPT sebelum Instal Ulang Windows 10
3 Cara Mengubah Partisi MBR ke GPT sebelum Instal Ulang Windows 10

Dalam proses upgrade atau instal ulang Windows 10 dari Windows 7 salah satu masalah umum adalah munculnya masalah partisi MBR dan GPT. Untuk menginstal sebuah Windows 10, tipe sebuah drive harus bertipe GPT. Sedangkan untuk beberapa kasus seperti pada komputer atau laptop lama, drive penyimpanan mereka masih bertipe MBR. Hal ini menyebabkan adanya masalah kecil pada proses instalasi Windows 10 kalian. Cara mengatasinya tentu dengan mengubah drive partisi MBR ke GPT. Mengubah disini berarti kita harus mengubah satu drive, bukan hanya salah satu partisi saja, maka lebih bagus apabila kalian mengalokasikan sebuah drive yang dikhususkan untuk instal Windows 10. Cara ini kebanyakan hanya dapat dilakukan pada drive yang kosong, semisal kita mempunyai dua drive dalam satu perangkat dan ingin menginstal sistem Windows 10 pada drive yang masih kosong. Langsung saja inilah tutorial 3 Cara Mengubah Partisi MBR ke GPT sebelum Instal Ulang Windows 10.

Sebelum melakukan tutorial dibawah ini, mohon untuk memback-up data terlebih dahulu agar tidak terjadi kehilangan data.

#1. Cara Mengubah Partisi MBR ke GPT dengan Disk Management

Cara pertama kita menggunakan fitur yang sudah tersedia di Control Panel Windows kalian yaitu Disk Management. Baik itu di Windows 7 atau Windows 10 semuanya memiliki fitur Disk Management didalamnya. Selain untuk membuat atau mengatur partisi baru, Disk Management juga dapat kalian gunakan untuk mengubah partisi MBR ke GPT. Untuk cara ini kita harus tetap bisa masuk ke sistem operasi kita sehingga tidak dapat mengubah MBR ke GPT pada drive yang sama. Cara mudahnya kita bisa melepas harddisk atau SSDnya sementara kemudian pasang di komputer atau laptop lain dan melakukan cara ini di komputer atau laptop tersebut. Disini kita akan membagi menjadi dua tahap agar tidak terlalu rumit. Langsung saja inilah cara mengubah partisi MBR ke GPT dengan Disk Management:

Tahap Pertama

  1. Buka Disk Management. Cara mudahnya kalian buka Run dengan kombinasi tombol Win + R kemudian ketikkan “diskmgmt.msc” dan tekan Enter.
    convert mbr ke gpt tanpa kehilangan data
  2. Akan muncul daftar drive atau disk yang terpasang pada komputer atau laptop kalian. Sebelumnya, kalian harus menghapus (bukan format) drive atau disk yang ingin kalian ubah ke GPT sehingga drive tersebut benar-benar kosong. Klik pada partisi yang ada didalam Disk yang dimaksud kemudian klik kanan – Delete Volume. Lakukan pada setiap partisi yang ada di dalam disk tersebut sampai berubah menjadi Unallocated Size.
    cara merubah mbr ke gpt windows 7

Tahap Kedua

  1. Klik kanan pada disk atau drive yang ingin kalian ubah atau drive dengan status Unallocated Size kemudian pilih Convert to GPT disk.
    cara mengubah mbr ke gpt disk management
  2. Tunggu beberapa saat, maka kalian sudah berhasil mengubah partisi MBR ke GPT.

Pada tahapan ini hard disk atau SSD kalian sudah siap untuk kalian instal Windows 10. Untuk pembuatan partisi bisa kalian lakukan sembari menginstal Windows 10. Perlu ditekankan kembali bahwa cara ini harus dilakukan di perangkat lain karena kita akan menghapus keseluruhan isi disk kita.

#2. Cara Mengubah Partisi MBR ke GPT dengan Minitool

Untuk cara kedua kita akan menggunakan sebuah aplikasi gratis yang bernama Minitool. Aplikasi ini sangat membantu kita untuk mengatur partisi atau drive kita, termasuk untuk mengubah tipe partisi dari MBR ke GPT. Langsung saja inilah cara mengubah partisi MBR ke GPT dengan Minitool:

  1. Pertama kalian harus mendownload dan menginstal aplikasi Minitool. Kalian bisa download Minitool versi terbaru disini. Pilih yang MiniTool Partition Wizard Free Edition.
    https://www.minitool.com/download-center/
  2. Buka aplikasi Minitool tadi kemudian pilih disk mana yang ingin kalian ubah dari MBR ke GPT. Klik kanan – Delete All Partitions. Langkah ini akan menghapus seluruh isi disk sehingga disk tersebut menjadi kosong sepenuhnya.
    cara merubah mbr ke gpt tanpa format
  3. Kemudian kalian klik lagi pada disk yang ingin kalian ubah dari MBR ke GPT kemudian klik pada menu Convert MBR Disk to GPT Disk. Setelah itu klik Apply untuk menerapkan perubahan tadi.
    solusi gagal instal windows 10 mbr
  4. Aplikasi MiniTool akan memproses disk yang kalian ubah dari MBR ke GPT. Tunggu beberapa saat, kemudian Restart sistem kalian.
    cara ubah disk mbr ke gpt windows 7 10

Cara ini merupakan cara yang bisa dibilang paling mudah karena menggunakan aplikasi pihak ketiga yang memiliki tampilan yang mudah dimengerti. Namun, perlu diingat kembali bahwa cara ini harus dilakukan di perangkat lain karena kita akan menghapus keseluruhan isi disk kita.

#3. Cara Mengubah Partisi MBR ke GPT dengan CMD

Di cara ketiga ini kita menggunakan fitur dari Windows yaitu CMD atau Command Prompt. Tidak seperti kedua cara diatas yang mengharuskan kita memindahkan hard disk atau SSD kita dahulu agar bisa diubah tipe partisinya, dengan menggunakan CMD kita bisa mengubah MBR ke GPT langsung dari komputer atau laptop kita. Cara ini kita lakukan saat sedang booting dan sudah masuk tampilan instalasi Windows 10. Disini saya asumsikan kalian akan menginstal Windows 10 melalui USB Bootable atau melalui flashdisk karena saat ini sudah jarang yang menginstal Windows menggunakan DVD atau sejenisnya. Langsung saja inilah cara mengubah partisi MBR ke GPT dengan CMD atau Command Prompt:

  1. Saat kalian menemukan pesan Error atau dimanapun selama kalian sedang dalam tahap instalasi Windows 10, kalian bisa menekan kombinasi tombol Shift + F10 untuk masuk ke command prompt atau CMD.
  2. Ketikkan “diskpart” kemudian tekan Enter.
    cara merubah mbr ke gpt dengan cmd
  3. Kemudian kalian ketikkan lagi “list disk” dan tekan Enter. Maka akan muncul disk atau drive penyimpanan yang terpasang pada perangkat komputer atau laptop kalian. Semua disk akan terdeteksi, baik itu internal maupun eksternal.
    cara mengubah mbr ke gpt dengan cmd
  4. Selanjutnya ketikkan “select disk 0” apabila kalian hanya menggunakan satu disk atau drive dan tekan Enter. Apabila kalian menggunakan lebih dari satu disk atau drive, pilih sesuai yang kalian butuhkan tergantung di drive mana sistem ingin diinstal, semisal select disk 1,2, dan seterusnya. Lihat pada ukuran atau kapasitas agar tidak salah memilih.
    cara ubah mbr ke gpt saat instal ulang
  5. Ketik “convert gpt” untuk mulai mengubah disk menjadi tipe gpt, tekan Enter untuk memulai proses konversi.
    convert mbr ke gpt saat instal ulang

Disini kalian sudah berhasil mengubah tipe disk kalian dari MBR ke GPT. Kalian bisa melakukan instalasi Windows 10 pada disk tersebut.

 

 

Jiyaad Sabiq

Member/author in Duosia since 2016. A person who want to share benefit contents and spread knowledge to everyone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih