5 Cara Kompres File Agar Menjadi Kecil

Pada jaman sekarang, storage atau ruang penyimpanan sudah berkembang cukup pesat. Pada tahun 90an masih menggunakan disket yang ukurannya hanya sekian kb – Mb. Sekarang sudah berevolusi menjadi satuan yang tinggi sampai satuan Exabytes. Bahkan untuk sekedar penyimpanan di smartphone, banyak yang sudah menggunakan penyimpanan diatas 64 GB.

Namun ada beberapa orang yang memiliki kapasitas penyimpanan yang terbatas, baik itu di PC atau di smartphone miliknya. Salah satu untuk mengakali hal ini adalah dengan melakukan kompresi pada file yang akan disimpan. Kompresi merupakan sebuah teknik untuk menggabungkan data dengan ukuran file yang besar menjadi lebih kecil agar dapat disimpan di dalam storage kita. Kompres file diperlukan untuk membuat penyimpanan lebih hemat dan penyimpanan lebih rapi. Melihat hal tersebut kali ini Duosia akan berusaha mengenai hal Compress

Cara Kompres File Besar dengan Mudah dan Cepat di Laptop
Cara Kompres File Besar dengan Mudah dan Cepat di Laptop

Tutorial ini dilakukan dengan menggunakan PC kalian untuk melakukan kompresi pada file. Namun ada juga cara yang digunakan untuk mengompres file yang secara khusus hanya ada di partisi harddisk tertentu. Nantinya file-file tersebut bisa secara mudah untuk kalian simpan dimanapun. Cara-cara yang akan dibagikan sangat mudah untuk diikuti. Beberapa mungkin tidak kalian sadari. Langsung saja kita menuju Tutorial Kompres


#1 Cara Kompres File Tanpa Software Tambahan Menggunakan Windows Exproler

Pada cara pertama ini adalah dengan menggunakan salah satu opsi di Windows Exproler. Cara ini akan melakukan kompresi pada keseluruhan file yang ada di dalam suatu partisi. Langsung saja cara kompres file menggunakan Windows Exproler.

  1. Klik kanan pada partisi yang ingin kalian kompres file-filenya kemudian pilih Properties.
    kompres file agar lebih kecil
  2. Checklist pada pilihan Compress this drive to save disk space kemudian klik Apply.
    compress a file windows 10
  3. Windows Exproler akan melakukan proses kompresi.
  4. Kalau sudah klik OK. Setiap file baru yang dicopy ke partisi tersebut secara otomatis akan terkompres oleh sistem.

#2 Cara Kompres File Besar Menjadi Kecil Menggunakan WinRAR

Cara ini merupakan cara paling banyak digunakan oleh kebanyakan orang. Biasanya untuk mengecilkan ukuran file-file besar seperti installer game dan software. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Kalian harus sudah mempunyai Winrar Terbaru.
  2. Pilih file atau beberapa file yang ingin kalian kecilkan ukurannya kemudian klik kanan dan pilih pilihan Add to archive…
    kompres file besar
  3. Pada bagian Archive Name isikan nama file hasil kompresi kalian. Disini saya kasih nama HASIL JADI. Kemudian pada bagian Compression Method pilih sesuai kebutuhan, pilih best untuk hasil terbaik. Klik OK
    kompres file besar dengan winrar
  4. Proses kompresi akan berlangsung, kemudian hasilnya akan terlihat dengan munculnya file baru dengan format .RAR.
    kompress file besar

#3 Cara Kompres File dengan Cepat Menggunakan WinZip

Apabila pada cara sebelumnya kita membuat file baru dengan format RAR, kali ini kita menggunakan format sejenis dengan format ZIP. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Kalian harus sudah menginstall software WinZip. Kalau belum bisa mendownloadnya secara resmi. Installernya membutuhkan koneksi Internet.
  2. Buka WinZip.
  3. Di panel File, cari dan pilih file di PC kalian kemudian klik Add to Zip.
    kompres file besar jadi kecil
  4. Di panel Actions, klik Save As.
    cara kompres beberapa file
  5. Pilih tempat untuk menyimpan file hasil kompresi. Selain menyimpan ke PC kalian, hasil kompresi juga bisa kalian bagikan ke media-media lain seperti email dan media sosial.

#4 Cara Kompres File Menggunakan PeaZip

  1. Download dan Install PeaZip disini. Pilih sesuai sistem operasi kalian.
  2. Pilih file yang ingin kalian kompres kemudian klik kanan – PeaZip – Add to archive.
    kompres file cara
  3. Selanjutnya kalian bisa atur sesuai kebutuhan kalian. Mulai dari nama file, tempat file disimpan dan lain sebagainya. Kemudian klik OK.
    kompres file extreme

#5 Cara Kompres File Menggunakan WeCompress (Online)

Website satu ini menyediakan layanan kompresi file dengan format PDF, PowerPoint, Word, Excel, PNG dan JPEG. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka situs WeCompress disini.
  2. Klik tanda + dan pilih file atau seret file dengan format diatas kedalam browser.
    kompres file online
  3. Tunggu proses kompresi file selesai.
  4. Klik Download untuk mengunduh hasil dari kompresi.
    kompres file video online

Sekian artikel dengan judul 5 Cara Kompres File di PC secara Mudah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan juga manfaat kepada kita semua. Apabila ada yang ingin ditanyakan dapat menulis komentar pada kolom dibawah.

/* */

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih