Cara Downgrade/Mengembalikan Windows 10 ke Versi Sebelumnya

Cara Mudah dan Cepat Rollback/Downgrade/Mengembalikan Windows 10 ke Versi Sebelumnya atau Versi Awal/Pabrik – Saat ini, Windows 10 merupakan sistem operasi yang banyak digunakan oleh mayoritas pengguna komputer atau laptop. Hal ini dikarenakan Windows 10 memiliki banyak keunggulan dan kemudahan dalam pemakaiannya. Selain itu,Windows 10 merupakan sistem operasi yang masih mendapatkan dukungan atau update dari pihak Microsoft selaku pembuat dan pengembangnya. Namun dibalik sesuatu yang terlihat sempurna pasti masih ada kekurangannya.

Setelah serangkaian update versi Windows 10, banyak pengguna yang merasakan lebih banyak efek buruk dibanding baiknya. Karena beberapa efek buruk tersebut, kita merasa lebih nyaman untuk menggunakan Windows 10 versi lawas dan tidak mengupdatenya sama sekali. Beberapa efek buruk atau negatif dari update Windows 10 akan diuraikan pada penjelasan di bawah.


Tutorial Cara Downgrade/Mengembalikan Windows 10 ke Versi Sebelumnya atau ke Versi AwalCara Downgrade/Mengembalikan Windows 10 ke Versi Sebelumnya

Kenapa Harus Rollback/Downgrade/Mengembalikan Windows 10 ke Versi Sebelumnya?

Mungkin banyak diantara kalian pengguna Windows 10 yang sering mendapati masalah dengan kinerja Windows kalian. Biasanya masalah akan muncul pada Windows kalian setelah melakukan beberapa kali update. Saya sendiri mengalami beberapa masalah yang cukup mengganggu setelah beberapa kali melakukan update. Masalah pada Windows 10 adalah seperti penggunaan CPU Windows 10 yang berlebih dan menyebabkan laptop/PC menjadi hang atau tidak dapat berjalan dengan semestinya. Hal ini tentu sangat mengganggu sehingga kita bisa mengatasinya dengan melakukan Rollback/Downgrade Windows 10 ke versi sebelumnya atau bahkan ke versi awal. Cara ini cukup ampuh karena pada akhirnya Windows 10 kita akan terasa seperti baru lagi setelah diilakukan downgrade Windows 10. Dibandingkan dengan install ulang secara manual,cara ini lebih efektif.

Kalau kita cermati, setelah Windows 10 melakukan Update ke versi terbaru, sistem akan membuat folder yang bernama Windows.old. Folder ini berisikan komponen lama pada Windows 10 versi sebelumnya dan difungsikan sebagai backup apabila terjadi sesuatu. Folder backup ini dapat memungkinkan kamu untuk Rollback atau Downgrade Windows 10 jika kamu mengalami masalah pada versi Windows 10 yang terbaru. Selain itu, folder ini juga akan muncul apabila kalian baru saja menginstal atau mengupgrade Windows kalian dari WIndows 7 ke Windows 10.


Sebelum Downgrade Windows 10 , perhatikan beberapa hal berikut

  • Pastikan kamu tidak menghapus folder Windows.old (pastikan tetap utuh tanpa diubah).
  • Pastikan kamu memiliki cukup ruang pada partisi sistem. Setidaknya memiliki ruang sebanyak 2kali dari ukuran folder Windows.old.
  • Rollback ini tidak akan berpengaruh pada personal file yang ada. Tetapi tetap dianjurkan untuk melakukan
  • backup terlebih dahulu (opsional).
  • Rollback ini akan menghapus semua pengaturan yang ada pada Windows 10 yang digunakan saat ini.

Artikel Menarik Lainnya:


Cara Rollback/Downgrade/Mengembalikan Windows 10 ke Versi Sebelumnya atau Versi Awal

  1. Buka Settings lalu klik di bagian ke Update & Security – Recovery.Downgrade windows 10 cepat
  2. Pada panel sebelah kanan, klik opsi Get Started pada menu ‘Go back to the previous version of Windows 10′ atau pada menu ‘Go back to an earlier build’. Setiap PC mungkin berbeda-beda.Cara mudah downgrade windows 10
  3. Selain melalui Settings, kamu juga dapat melakukannya melalui Advanced Startup Options. Kalian bisa langsung cari lewat panel Windows.Langkah langkah downgrade windows 10
  4. Selanjutnya kamu tinggal mengikuti instruksi yang ada dilayar. Biasanya instruksi-instruksi sederhana seperti hanya menekan tombol next atau agree atau sejenisnya

Jika kamu mendapatkan pesan ‘We’re sorry, but you can’t go back’ atau tidak dapat melakukan rollback, itu berarti sudah lebih dari 10 hari sejak kalian update ke versi Windows 10 terbaru. Karena setelah 10 hari, sistem akan otomatis menghapus komponen file Windows 10 sebelumnya (kamu dapat menggunakan Disk Cleanup jika ingin membersihkannya secara keseluruhan).

Jadi, jika kamu ingin tetap melakukan rollback/downgrade Windows 10, maka opsi lainnya adalah menginstall versi Windows 10 sebelumnya secara manual atau istilah awamnya adalah instal ulang Windows 10.


Sekian postingan dari saya mengenai Tutorial Mudah dan Cepat Cara Downgrade/Mengembalikan/Rollback Windows 10 ke Versi Sebelumnya atau ke Versi Awal/Pabrik. Semoga yang apa saya sampaikan dapat bermanfaat dan berguna untuk kalian semua, Jika masih ada pertanyaan silahkan tanyakan dalam kolom komentar dan sampai jumpa di postingan berikutnya.

Jiyaad Sabiq

Member/author in Duosia since 2016. A person who want to share benefit contents and spread knowledge to everyone.

9 Komentar

    1. Insya allah aman, soalnya cara kerjanya cuma menghapus update terbaru. Tapi tetap dianjurkan untuk backup data, khususnya di folder User.

  1. bang saya mau tanya, laptop saya bawaan windows 10 64 bit, saya coba install ulang pakai windows 10 32 bit, tapi ga bisa ” walau pun sudah saya format hardisknya, alasanya win 10 64 bit banyak sofware 32 bit yang ga bisa saya install di 64 bit.

    teriakasih.

  2. Bang. Laptop saya ini bawaannya Windows 10 64bit. Kira-kira bisa gak ya diganti ke Windows 8.1? Saya risih karena pemakaian RAM tinggi terus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Tolong Bantu Kami Tumbuh

Kami hanya akan menampilkan iklan yang RELEVAN dan TIDAK MENGANGGU Dengan anda MEMATIKAN Adblock pada situs kami, Merupakan salah satu Modal untuk menyajikan konten Terbaik