Cara Instal Driver Windows 10

6 Cara Instal Driver Windows 10 Setelah Instal Ulang  – Setelah dihentikannya update atau dukungan dari Windows 7, posisi Windows 10 menjadi semakin kuat. Banyak orang yang beramai-ramai pindah sistem operasi dari yang sebelumnya menggunakan Windows 7 menjadi Windows 10. Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Kebanyakan dari mereka beralasan agar sistem mereka menjadi lebih aman dan selalu update. Mereka tidak ingin apabila terus-menerus menggunakan sistem operasi yang sudah tidak didukung akan menyebabkan banyak hal yang berkaitan dengan Windows mereka menjadi terganggu. Untuk melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 10 tentu dilakukan sebuah instalasi sistem operasi baru atau yang biasa kita sebut dengan instal ulang. Saat ini melakukan kegiatan instal ulang sistem operasi terutama Windows 10 tidaklah sulit. Hanya dengan bermodalkan sebuah flashdisk dan file instalasi Windows 10, kita sudah dapat melakukan kegiatan instal ulang sendiri. Setelah instal ulang, biasanya kita langsung menginstal aplikasi-aplikasi penting seperti office atau browser dan lainnya. Namun ada hal yang sering terlupakan yaitu instal driver untuk laptop atau PC kalian.

Driver merupakan salah satu hal yang sangat penting apabila kalian baru saja instal ulang atau upgrade sistem operasi kalian, khususnya Windows 10. Tanpa adanya driver yang terinstal, sistem operasi kalian tidak dapat digunakan dengan semestinya. Berbagai masalah dapat muncul apabila kalian tidak menginstal driver. Masalah seperti suara yang tidak keluar, resolusi layar Windows yang tidak bisa dimaksimalkan, hingga layar yang tidak dapat diredupkan. Hal ini dapat diatasi dengan menginstal driver pada Windows 10 kalian khususnya. Bagaimana caranya? Pada artikel kali ini Duosia akan memberikan solusinya. Tidak hanya satu cara, tapi Duosia akan memberikan 6 Cara Instal Driver Windows 10 Setelah Instal Ulang.

6 Cara Instal Driver Windows 10 Setelah Instal Ulang
6 Cara Instal Driver Windows 10 Setelah Instal Ulang

Cara-cara yang akan dijabarkan dibawah ini merupakan cara-cara yang sudah sering dipraktekkan oleh banyak orang. Walaupun ada beberapa cara, sebagian orang hanya memakai atau mengetahui satu atau dua cara saja. Padahal, sebenarnya ada beberapa alternatif cara kita untuk menginstal driver pada Windows 10 kita. Untuk cara-cara dibawah ini sudah sering penulis lakukan, karena tidak selalu cara satu selalu lebih mudah dari cara lainnya, sehingga ada beberapa alternatif. Ada beberapa cara yang dikhususkan untuk laptop saja namun aja yang bisa dilakukan baik untuk laptop maupun PC. Apabila kalian ingin menginstal driver untuk Windows 7 atau Windows 8.1, cara dibawah mungkin dapat kalian coba, namun kali ini dikhususkan untuk Windows 10. Langsung saja inilah tutorial 6 Cara Install Driver Windows 10 Setelah Instal Ulang.

#1. Cara Instal Driver Windows 10 Melalui DVD

Untuk beberapa tahun belakangan sebenarnya cara ini sudah jarang dipakai karena sudah banyak laptop-laptop keluaran terbaru yang tidak memiliki DVD ROM pada perangkatnya. Cara ini biasanya berlaku pada perangkat laptop yang pada paket pembeliannya sudah termasuk sistem operasi Windows 10. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Masukkan DVD yang berisi driver Windows 10 kalian yang dapat kalian temui dalam kardus pembelian.
  2. Instal seluruh driver yang ada dengan membuka semua installer. Lakukan secara menyeluruh.

Cara ini sudah tidak terlalu relevan, untuk cara lainnya bisa melihat ke cara-cara berikutnya dibawah.

#2. Cara Instal Driver Windows 10 Melalui Windows Update

Cara kedua merupakan cara yang paling mudah kalian lakukan. Selain melakukan pembaruan pada sistem, dengan melakukan pengecekan Windows update, maka driver yang dibutuhkan laptop atau PC kalian akan ikut didownload sesuai spesifikasi sehingga tidak terjadi galat atau error yang disebabkan oleh ketidakcocokan driver. Kelemahan dari cara ini adalah kalian harus mempunyai koneksi internet yang cukup untuk mendownload update-update dan driver yang ukurannya tentu tidaksedikit. Cara instal driver Windows 10 melalui Windows Update adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan perangkat kalian sudah tersambung dengan internet, biasanya saat kita menginstal Windows, driver internet sudah secara otomatis terpasang.
  2. Buka Settings dengan menekan tombol kombinasi ‘Win + I‘. Masuk ke menu Update & Security.
    cara instal driver windows 10
  3. Apabila kalian baru pertama kali tersambung ke internet maka sistem akan secara otomatis mendownload update-update serta driver yang dibutuhkan. Jika tidak maka kalian bisa klik pada pilihan Check for updates.
    cara instal driver laptop
  4. Tunggu sampai proses download dan instal selesai. Apabila ada perintah restart, segera lakukan agar seluruh update dan driver bisa terpasang secara sempurna.

Besaran file yang akan kalian download disini bisa berbeda-beda tergantung kalian menginstal Windows yang sudah terupdate atau tidak. Apabila kalian menginstal Windows dengan file instalasi lawas maka file update yang akan kalian download juga akan semakin besar. Usahakan untuk menggunakan koneksi WiFi yang mumpuni.

#3. Cara Instal Driver Windows 10 Melalui Driverscape

Driverscape sendiri merupakan sebuah situs yang menyediakan driver yang cukup lengkap bagi laptop kalian. Dari laptop yang cukup lawas hingga laptop baru hampir semuanya tersedia disini. Nantinya kalian bisa mencari driver laptop atau PC kalian disini sesuai kebutuhan. Langsung saja inilah cara instal driver Windows 10 melalui Driverscape:

  1. Buka situs Driverscape disini.
  2. Pada bagian Featured Manufacturers, klik sesuai merk laptop kalian. Disini saya memilih ASUS.
    cara instal driver adapter wifi
  3. Masuk ke bagian browse, pilih pada pilihan Laptops & Desktops.
    cara instal driver audio windows 10
  4. Kemudian cari sesuai model dari laptop kalian. Kali ini saya akan mencari laptop ASUS seri X445LD. Setelah ketemu klik pada tulisan Seri laptop kalian atau klik pada pilihan Download.
    cara instal driver amd windows 10
  5. Pada bagian Operating System. pilih sistem operasi yang sesuai. Disini saya memilih Windows 10 64-bit.
    cara instal driver bluetooth di windows 10
  6. Setelah memilih sistem operasi, cari driver apa yang kalian butuhkan. Disini saya ingin menginstal driver internet atau WiFi, maka saya menuju ke bagian Network & Wireless Drivers. Untuk mendownload klik pada pilihan Download, pilih yang paling baru.
    bagaimana cara menginstal driver windows
  7. Apabila sudah terdownload, instal file driver tersebut seperti biasa. Jangan lupa restart setelah berhasil menginstal driver untuk memastikan instalasi berjalan dengan baik.

Cara ini cukup baik untuk diikuti, namun memiliki satu kekurangan. Situs ini tidak memiliki cukup lengkap driver untuk seri tertentu sehingga disarankan bagi kalian untuk mencoba cara lain apabila driver yang kalian butuhkan tidak ditemukan.

#4. Cara Instal Driver Windows 10 Melalui Driverscape (2)

Sama dengan cara sebelumnya, kita menggunakan layanan dari Driverscape. Yang berbeda adalah disini kita akan menggunakan aplikasi dari pihak Driverscape yang bernama Driver Toolkit untuk menginstal driver Windows 10 kita. Perlu diketahui bahwa software ini BERBAYAR. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Download dan instal aplikasi Driverscape atau Driver Toolkit disini.
    http://driverscape.com/download
  2. Kemudian buka aplikasi Driver Toolkit dan klik pada menu Start Scan untuk mencari driver apa yang belum terpasang di Windows 10 kita.
    cara update driver windows 10
  3. Tunggu beberapa saat sampai proses pemindaian pada perangkat kalian selesai.
    cara update driver windows 10 otomatis
  4. Setelah selesai pemindaian, kalian bisa mendownload driver yang diperlukan. Klik pada pilihan Download all untuk mendownload semua driver atau klik pada tulisan Download pada driver-driver yang kalian butuhkan.
    cara memperbarui driver windows 10 otomatis

Selain untuk mendownload driver yang belum terpasang pada Windows 10 kalian, software ini berguna untuk mengupdate driver-driver yang sudah cukup usang. Dengan mengupdate driver secara berkala akan membuat Windows 10 kalian berjalan dengan optimal. Apabila kalian ingin mencari cara yang gratis, bisa disimak cara-cara selanjutnya dibawah ini.

#5. Cara Instal Driver Windows 10 Melalui Easydriver atau Wandrv

Untuk cara kali ini kita akan menggunakan software instaler driver yang bernama Easydriver atau biasa disebut Wandrv. Software ini cukup lengkap dan selalu diupdate apabila ada perangkat baru yang memiliki driver yang baru juga. Cara ini sangat berguna bagi kalian yang sering melakukan instal ulang Windows 10 atau lainnya karena dapat dipakai berulang-ulang. Caranya adalah sebagai berikut:

Easydriver atau Wandrv ini merupakan buatan third party jadi tidak ada situs resminya, maka saya sertakan link website yang menyediakan aplikasi Easydriver atau Wandrv secara update. Website ini bukan pembuat Wandrv karena website pembuatnya berbahasa mandarin sehingga susah untuk mencari link downloadnya.

  1. Pertama kalian download software atau aplikasi Easydriver atau Wandrv disini. Pilih versi Windows yang kalian butuhkan. Di kasus ini kita menggunakan Windows 10 64bit pastinya. Kalau kalian butuh driver Windows 7 bisa juga mengunduhnya disini.
    https://www.blocknesia.com/download-wandrv/
    cara instal driver windows 10 offline
  2. Apabila sudah terdownload, buka aplikasi WanDrv seperti biasa dan tunggu sampai aplikasi terbuka.
    cara instal driver windows 7 offline
  3. Setelah itu kalian centang atau aktifkan pada driver, maka secara otomatis aplikasi Easydriver atau Wandrv akan memilih driver mana yang sesuai dengan perangkat kalian. Kemudian pilih atau klik tombol Install dan tunggu prosesnya hingga selesai.
    cara instal driver windows tanpa internet
  4. Restart PC atau Laptop maka driver sudah terinstall dengan sempurna.

Instal driver Windows 10 dengan menggunakan Easydriver atau Wandrv merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk menginstal driver di Windows 10. Wandrv ini merupakan salah satu yang memiliki database driver terlengkap diantara aplikasi driver installer lainnya.

#6. Cara Instal Driver Windows 10 Melalui Driverpack Online

Driverpack merupakan software alternatif dari Easydriver atau Wandrv untuk menginstal driver Windows 10. Driverpack Online sendiri cukup populer karena kemudahannya dalam menginstal driver Windows 10 dan lainnya.

  1. Buka situs Driverpack disini. Kemudian klik pada tulisan Install all required drivers untuk mendownload file dari Driverpack Online. Download dan buka/instal aplikasi tersebut.
    bagaimana cara menginstal driver pack
  2. Kemudian aplikasi Driverpack Online akan melakukan proses diagnosis yang kemudian dilanjutkan dengan instalasi driver-driver yang dibutuhkan. Tunggu sampai selesai.
    cara instal driver graphics
  3. Setelah semua driver berhasil terinstal, kalian akan disuruh untuk restart atau reboot. Klik pada pilihan Reboot.
    cara instal driver printer di windows 10
  4. Setelah perangkat kalian berhasil direstart, maka driver berhasil terinstal. Tutup aplikasi Driverpack Online.
    cara instal driver vga di laptop dan pc windows

Sekian artikel dengan judul 6 Cara Instal Driver Windows 10 Setelah Instal Ulang. Dengan ditulisnya artikel ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan atau memberikan solusi bagi kalian yang bingung dengan cara instal driver Windows 10 setelah instal ulang.

Jiyaad Sabiq

Member/author in Duosia since 2016. A person who want to share benefit contents and spread knowledge to everyone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih