Cara Membuka Software dengan Cepat Menggunakan Shortkey/Hotkey

Cara Membuka Software dengan Cepat Menggunakan Shortkey/Hotkey dengan Mudah – Produktifitas dan efesiensi kerja sangat dibutuhkan pada saat ini, apalagi di zaman yang serba cepat. DImanapun kita berada, kita dituntut untuk bekerja secara lebih baik dan pastinya kita dituntut untuk lebih cepat dalam mengerjakan tugas apapun. Dengan keadaan seperti ini tentunya kita membutuhkan berbagai trik atau jalan pintas untuk melakukan apapun. Hal ini sangat dirasakan apabila kita sudah merambah ke dunia komputer. Dalam menjalankan sistemnya, sebuah komputer memiliki banyak sekali skenario dalam menjalankan program-programnya. Salah satu skenario yang ada saat kita menjalankan sebuah komputer adalah dengan adanya bermacam tombol shortcut/shortkey atau tombol pintasan. Shortcut atau shortkey yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang adalah copy paste, yaitu dengan menekan ctrl + c dan ctrl + v. Pertanyaan saya disini adalah apakah disini kalian selama ini sudah mengenal shortkey atau sudah memanfaatkanya untuk keperluan anda? Mungkin sebagian dari kalian dalam browsing ataupun aktifitas lain di komputer/pc sudah menggunakan beberapa shortcut atau shortkey. Namun ada juga yang belum pernah menggunakannya atau bahkan belum mengenalnya sama sekali.

Secara sederhana, Shortkey/Hotkey/Shortcut adalah tombol di keybord yang dapat digunakan untuk mengakses suatu program, software, dsb. dengan cepat dan mudah. Dengan kita mengakses suatu program atau melakukan perintah dengan menggunakan shortcut atau shortkey kita dapat menghemat beberapa hal. Kita dapat menghemat waktu, pikiran, dan tenaga. Tentunya hal tersebut dapat membuat kinerja kita menjadi lebih produktif dan efesien. Dalam pengaplikasiannya, hotkey/shortkey/shortcut ternyata dapat kita gunakan untuk membuka program atau aplikasi yang ada di perangkat PC atau laptop kita. Hal ini tentunya dapat mempercepat kinerja kita yang sering menggunakan hanya satu-dua software saja dalam bekerja. Langsung saja, artikel tutorial kali ini berjudul Cara Membuka Software dengan Cepat Menggunakan Shortkey/Hotkey/Shortcut dengan Mudah.

Cara Membuka Software dengan Cepat Menggunakan Shortkey/Hotkey/Shortcut dengan Mudah

Cara Membuka Software dengan Cepat Menggunakan kostum Shortkey/Hotkey/Shortcut dengan Mudah
Dengan memanfaatkan hotkey/shortkey/shortcut nantinya anda dapat membuka software atau aplikasi dengan cepat menggunakan kombinasi tombol yang anda inginkan untuk membuka atau mengaksesnya. Kalian tidak perlu lagi lama-lama mencari ikon di desktop atau mencari pada daftar aplikasi di Start Menu hanya untuk membuka aplikasi yang kalian ingin buka. Cukup dengan menekan kombinasi tombol di keyboard kalian dapat membuka aplikasi tersebut dalam hitungan detik, bahkan sepersekian detik saja. Tak usah berlama-lama, langsung saja kita menuju tutorial Cara Membuka Software dengan Cepat Menggunakan Shortkey/Hotkey/Shortcut dengan Mudah.


Cara Membuka Software dengan Cepat Menggunakan Shortkey/Hotkey :

Sebelum kalian menyimak tutorial dibawah ini, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal penting dibawah ini:

  • Pastikan kalian memiliki Shortcut software yang ingin di jadikan bahan praktek di desktop. Secara default, sebuah shortcut aplikasi atau software sudah tersedia saat kalian menginstal aplikasi atau spftware tersebut.
  • Jika belum ada : Buka directory Files Software anda, misal (C:/Program Files/SmadAV) > cari Nama File SMARTP.exe (namasoftware.exe) setelah itu klik kanan > dan Send To Desktop (Create Shortcut).

cara membuat shortcut aplikasi

  • Penentuan Hotkey jangan sampai bertabrakan dengan Hotkey lain. Pastikan kalian menentukan Hotkey/Shortkey yang berbeda untuk setiap aplikasi atau software.

Setelah memperhatikan hal-hal diatas, kalian dapat langsung mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Desktop PC anda.
  2. Selanjutnya pilih software yang ingin di costum shortkey > lalu klik kanan > Properties.
    Membuka Properties Shortcut
  3. Dan di kolom Shorcut Key, langsung ketik (tombol non tidak usah dihapus akan menyesuasikan sendiri)Tombol yang ingin anda gunakan untuk membuka software tersebut gunakan awalan Ctrl + Alt + Tombol yang di inginkan, Misal saya membuka SmadAV menggunakan Awalan Ctrl + Alt + S.
    Menentukan Hotkey
  4. Setelah itu klik Aply dan OK.

Sekarang kalian tinggal mempraktekkan Shortkey/Hotkey yang telah anda buat tadi. Kemudian kalian lihat hasilnya, maka software akan muncul atau terbuka segera setelah kalian menekan Hotkey/Shortkey tersebut.

Software Muncul Menggunakan Hotkey


Sekian artikel tutorial kali ini. Semoga artikel Cara Membuka Software dengan Cepat Menggunakan Shortkey/Hotkey dengan Mudah dapat bermanfaat untuk anda dan kita semua dalam waktu sekarang maupun yang akan datang. Terimakasih dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

Ahmad Pram Prayogo Pangestu

Saya adalah Blogger paruh waktu dari Indonesia dan Mahasiswa Jurusan Manajemen Teknologi, Tujuan saya disini untuk membuat artikel yang bermanfaat dan mudah dipahami. Quotes favorit saya adalah "Jika anda ingin mengubah dunia, Mulailah dengan mengubah diri Anda menjadi lebih baik".

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Pin It on Pinterest

Close

Tolong Bantu Kami Tumbuh

Kami hanya akan menampilkan iklan yang RELEVAN dan TIDAK MENGANGGU Dengan anda MEMATIKAN Adblock pada situs kami, Merupakan salah satu Modal untuk menyajikan konten Terbaik