WebWindows

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Dark Mode di Windows 10

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Dark Mode di Windows 10 dengan Mudah dan Cepat – Jika anda mengamati di Windows 10 banyak tampilan yang didominasi dengan warna putih. Bagi beberapa pengguna warna tersebut tidak cocok dilihat, maka banyak yang mengganti tampilannya dengan warna yang gelap karena dinilai lebih bersahabat dengan mata dan terlihat elegan. Dulu perlu menggunakan registry di Windows Run, tapi sekarang kita dipermudah karena kini Windows menyediakan fitur “Dark Theme” pada Menu settings.


Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Dark Theme di Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Dark Theme di Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

Sekarang ini sedang Tren perusahaan Teknologi menciptakan Fitur baru untuk interface aplikasi ataupun software yang mereka buat yakni dengan adanya fitur Nigth Mode atau bisa juga disebut sebagai Mode Malam, seperti yang kita ketahui biasanya di Mode Malam tampilan akan serba Hitam dan hanya beberapa elemen kecil yang menggunakan warna putih.

Hal ini bukan karena apa, tapi karena memang permintaan dari pengguna. Dimana saat ini penggunakan perangkat elektronik sudah menjadi salah satu hal yang sangat lumrah dan dilakukan dengan waktu yang cukup lama, namun dengan kebiasaan ini tentu akan membuat mata semakin cepat lelah, mata tegang dan masalah mata lainya.

Dan tentu saja saat kita menggunakan PC kita, sebagian besar dari kita menggunakan Windows 10 dari Microsoft, dan untungnya sekarang mereka juga sudah menyediakan fitur ini sebagai jawaban dari permintaan para pengguna windows. Oke langsung saja kita masuk ke dalam tutorial.


Menggunakan Dark Mode Pada Setting Windows 10

  1. Buka Pengaturan> Personalization > Colors
  2. Scroll ke bawah dan Pilih “Dark” dibawah bagian “Choose your app mode”

Dark Mode Windows Settings

Setelah itu tema akan otomatis berubah menjadi berwarna gelap. selain itu ada beberapa software yang juga akan berwarna gelap tergantung pada pengembang software tersebut. Salah satu contohnya adalah tampilan pada Microsoft Store yang juga akan berubah menjadi gelap.

BACA JUGA  3 Cara Upload File di Banyak Hosting Sekaligus dengan Mudah dan Cepat

Cara ini tidak bisa membuat semua software menjadi gelap. Ada beberapa software lain yang harus dilakukan secara manual pada Windows 10.


Mengaktifkan Dark Mode Pada Microsoft Office

Saat kita membuka Microsoft Office Word 2016 akan secara otomatis terbuka dengan warna yang bertema cerah, yakni Putih sebagai warna dasar dan Biru pada tittle bar. Tapi Ms. Word juga mempunyai Mode gelap yang bisa diaktifkan secara manual. Caranya yaitu:

  1. Buka Software Word atau Excel atau Power Point
  2. Pilih “File>Options”
  3. Pada menu “General”, Cari bagian “Personalize your copy of Microsoft Office”
  4. Setelah itu ubah menu dropdown “Office theme” menjadi “Dark Gray”
  5. Klik “OK”

Dark Mode Microsoft Office

Perubahan Mode Gelap ini juga berlaku pada semua aplikasi Office. Jadi ketika kalian mengubah Dark mode pada Word maka saat membuka Excel, PowerPoint, LookOut dan aplikasi Office lainnya akan otomatis tema yang akan ditampilkan berubah menjadi gelap.


Dark Mode pada Microsoft Edge

Tampilan default pada Microsoft Edge didominasi dengan warna cerah, yaitu putih dan abu-abu. Tapi tahukah kalian pada Microsoft Edge kita juga bisa merubah tampilan dengan berwarna gelap. Cara merubahnya berbeda dengan mengubah tampilan pada Settings. Kita harus mengubahnya secara manual dengan cara:

  1. Buka Microsoft Edge
  2. Klik menu pengaturan (yang ada titik 3 di pojok kanan)
  3. Pilih “Dark” pada menu dropdown “Choose a Theme”

dark mode di edge

Coba lihat! pada screenshot diatas menunjukan perubahan tampilan menjadi gelap. Akan tetapi perubahan tersebut hanya mempengaruhi menu-menu pada tittle bar dan tidak mempengaruhi tampilan halaman web.


Dark Theme di Firefox

Dark Mode di Mozilla Firefox

Dinilai hemat RAM menjadi alasan banyaknya yang menggunakan browser ini untuk berselancar di dunia internet. Seperti pada browser umumnya Firefox juga didominasi oleh warna cerah. Akan tetapi bisa diubah menjadi tema gelap dengan mengubahnya secara manual. Cara mengubahnya sudah pernah Duosia bahas sebelumnya. Silahkan baca di Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Dark Mode di Mozilla Firefox anda Juga bisa mengunduh dulu softwarenya di Mozilla Firefox Offline Installer

BACA JUGA  CriOS Browser

Mengaktifkan Dark Theme Pada Keselurahan Desktop Windows

Seperti yang sudah dibahas bahwa perubahan “Dark Mode” pada setting Windows tidak mengubah semua aplikasi yang ada pada windows. Contohnya saja saat kita membuka File Explorer, tema akan tetap sama seperti biasanya meskipun tema gelap telah diaktifkan pada Setting Windows. Cara lain yang bisa digunakan untuk mengubah seluruh tema pada desktop adalah sebagai berikut

  1. Buka Settings > Ease of Access
  2. Pilih menu “High Contrast”
  3. Pada menu dropdown “Choose a theme“, pilih “High Contrast Black”
  4. Klik “Apply”

Pengaturan Contrast Windows

Setelah itu  anda perlu menunggu beberapa detik karena Windows akan mengatur ulang tampilan. Seluruh tampilan akan menjadi gelap setelah itu termasuk File Explorer. Akan tetapi High Contrast bukan lah merupakan solusi untuk memperindah tampilan File Explorer. Ini hanya hanya untuk memudahkan kita dalam membaca tulisan yang ada di layar jika terjadi sesuatu pada layar PC anda.

File Explorer Dark Mode


Sekian tutorial yang bisa saya sampaikan mengenai Cara Menggunakan Dark Theme di Windows 10 untuk saat ini. Jika kedepannya ada pembaruan maka kami tim Duosia akan selalu mengupdate versi yang terbaru untuk kalian semua. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu kalian semua.

Tanda

Pasti Kamu Suka

Berikan Komentar

avatar
  Beritahu jika Komentar dibalas  
Beritahu
Close

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih