Cara Mengambil Screenshot di Windows 10

9 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 Paling Mudah – Kembali lagi membahas sistem operasi Windows 10 yang memiliki banyak fitur dan layanan. Seiring dengan perkembangannya, Windows 10 selalu memperbarui layanan dan juga fitur-fiturnya. Salah satu fitur yang ada di Windows 10 adalah untuk melakukan tangkapan layar atau screenshot. Diantara fitur-fitur dan layanan lainnya, fitur untuk melakukan screenshot merupakan salah satu fitur yang sangat berguna bagi para pengguna Windows 10 itu sendiri. Dengan melakukan screenshot atau tangkapan layar, kita tidak perlu memotret bagian dari layar laptop atau PC kita, yang tentunya memiliki hasil yang tidak baik. Seringkali apabila kita memotret layar laptop atau PC kita, hasilnya akan sangat buruk karena banyak cahaya yang menyolok mata serta banyaknya bagian yang kabur. Kasus seperti ini seringkali penulis temukan di forum-forum ketika ada yang bertanya tentang sesuatu namun tidak menggunakan teknik screenshot yang benar.

Aktivitas screenshot merupakan suatu hal yang memiliki banyak kegunaan. Bagi para pelajar dan mahasiswa misalnya dapat menggunakan fitur screenshot untuk mengambil seluruh atau sebagian layar Windows 10 mereka untuk keperluan tugas. Kemudian para anggota komunitas tertentu misalnya apabila ingin membagikan sesuatu yang terlihat di layar Windows 10, mereka dapat menggunakan fitur screenshot atau tangkapan layar ini. Walaupun fitur ini sudah lazim digunakan, ternyata maish banyak yang belum mengetahui bagaimana cara melakukan screenshow di Windows 10 dengan mudah. Oleh karena itu pada artikel kali ini Duosia akan membagikan tutorial dengan judul 9 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 Paling Mudah.

9 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 Paling Mudah
9 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 Paling Mudah

Sebenarnya cara melakukan screenshot di Windows 10 sangat mudah digunakan. Selain mudah, ternyata ada banyak cara yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot di Windows 10. Cara-cara yang akan ditulis dibawah ini berbeda-beda baik dari sisi kemudahan dan juga fungsinya. Kalian tidak perlu bingung karena cara screenshot di Windows 10 merupakan kegiatan yang sangat mudah untuk dilakukan. Untuk versi Windows dibawah Windows 10 mungkin ada beberapa yang bisa dilakukan. Kalian mungkin dapat menerapkan tutorial cara screenshot di Windows 7 atau lainnya. Langsung saja kita menuju tutorial dengan judul 9 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 Paling Mudah ini.

Untuk tombol Prt sc sysrq mungkin berbeda-beda di beberapa merk. Cari yang mengandung kata ‘print’ atau ‘prt sc’ dan semacamnya.

#1. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Paint

Untuk cara pertama kita menggunakan tombol di keyboard yang sudah secara default diatur untuk mengambil screenshot. Cara lengkap mengambil screenshot di Windows 10 dengan Paint adalah sebagai berikut:

  1. Buka layar yang ingin kalian ambil screenshot atau tangkapan layarnya. Misal layar sebuah situs web atau daftar file dalam sebuah folder.
  2. Pada keyboard kalian cari dan tekan pada tombol ‘Prt sc sysrq‘.
    cara screenshot windows 7
  3. Pada tahapan ini Windows 10 kalian sudah menyimpan data screenshot kalian pada clipboard. Disini kalian harus menyalinnya di sebuah media yaitu Paint.
  4. Buka paint dengan cara klik menu Start atau menu dengan logo Windows di pojok kiri bawah layar kalian. Ketikkan ‘Paint‘ kemudian buka.
    cara screenshot laptop acer windows 7
  5. Salin dengan menekan tombol pintas Ctrl + V atau klik pada menu Paste di bagian kiri atas software Paint kalian. Akan muncul hasil dari screenshot Windows 10 kalian. Disini kalian dapat menyesuaikan bagian mana yang ingin kalian pertahankan dengan menggunakan fitur crop.
  6. Kalau sudah kalian bisa menyimpannya di folder yang kalian inginkan dengan cara menekan tombol Ctrl + S atau klik menu Save dan simpan dimanapun kalian inginkan.
    ara screenshot laptop asus windows 7

#2. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Kombinasi Tombol Keyboard

Di cara kedua ini kita akan menggunakan kombinasi tombol yang ada di tombol keyboard laptop atau PC kita. Hampir sama dengan cara pertama, kita tetap membutuhkan sebuah software untuk menyimpan hasil dari screenshot kita nantinya, contohnya adalah paint. Yang berbeda dari cara pertama adalah disini kita hanya akan mengambil screenshot dari jendela yang aktif saja. Semisal kita hanya mengambil screenshot dari browser kita saja, tanpa lainnya seperti taskbar atau background. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Kombinasi Tombol Keyboard adalah sebagai berikut:

  1. Buka jendela atau aplikasi tertentu yang ingin kalian ambil screenshotnya. Misalnya disini saya akan membuka aplikasi notepad.
  2. Pada keyboard, kalian tekan kombinasi tombol ‘Alt + Prt sc sysrq‘.
    cara screenshot windows 10 pc
  3. Hasil dari tangkapan layar atau screenshot tadi akan tersimpan sementara di clipboard.
  4. Buka paint dengan cara klik menu Start atau menu dengan logo Windows di pojok kiri bawah layar kalian. Ketikkan ‘Paint‘ kemudian buka.
    cara screenshot windows 7 dengan keyboard
  5. Salin dengan menekan tombol pintas Ctrl + V atau klik pada menu Paste di bagian kiri atas software Paint kalian. Akan muncul hasil dari screenshot Windows 10 kalian. Disini kalian dapat menyesuaikan bagian mana yang ingin kalian pertahankan dengan menggunakan fitur crop.
  6. Kalau sudah kalian bisa menyimpannya di folder yang kalian inginkan dengan cara menekan tombol Ctrl + S atau menu Save dan simpan dimanapun kalian inginkan.
    bagaimana cara screenshot windows 10

#3. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Kombinasi Tombol Keyboard (2)

Kali ini kita akan kembali menggunakan kombinasi dari tombol yang ada di keyboard laptop atau PC kalian. Bedanya dari cara sebelumnya adalah disini hasil dari screenshot akan langsung tersimpan di folder Windows 10 kalian. Cara lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka layar Windows 10 kalian yang ingin kalian ambil screenshotnya.
  2. Tekan kombinasi tombol ‘Win + Prt sc sysrq‘ untuk mengambil screenshot.
    bagaimana cara screenshot windows 8
  3. Layar Windows 10 kalian akan redup sebentar yang menandakan bahwa proses screenshot sedang berlangsung.
  4. Hasilnya kalian dapat melihatnya di folder Pictures – Screenshot di Windows 10 kalian.
    cara screenshot windows 10 tanpa aplikasi

Disini kalian hanya dapat mengambil screenshot layar secara keseluruhan, tidak seperti cara sebelumnya yang mengambil hanya untuk jendela aktif saja.

#4. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Kombinasi Tombol Keyboard (3)

Sama seperti kedua acara sebelumnya, disini kita cukup memanfaatkan tombol keyboard laptop atau PC kita. Untuk cara kali ini kita bisa dengan leluasa mengambil bagian mana dari layar kita yang ingin kita ambil screenshotnya. Langsung saja inilah cara selengkapnya:

  1. Buka layar Windows 10 kalian yang ingin kalian ambil screenshotnya.
  2. Kemudian pada tombol keyboard kalian, tekan kombinasi ‘Win + Shift + S‘ untuk melakukan screenshot.
    cara screenshot windows laptop
  3. Setelah itu akan muncul interface untuk kalian mengambil screenshot. Kalian bisa menggunakan Rectangular Crop, Free Crop Windows Snip dan Fullscreen Snip. Disini pointer kalian berguna untuk mengcrop bagian mana yang ingin kalian ambil. Crop pada bagian tertentu yang ingin kalian ambil screenshotnya.
    cara screenshot windows 10 laptop
  4. Apabila sudah melakukan crop, klik di sembarang tempat. Hasil screenshot kalian berhasil disimpan di clipoard dan siap untuk kalian salin di Paint.
    cara screenshot windows 10
  5. Buka paint dengan cara klik menu Start atau menu dengan logo Windows di pojok kiri bawah layar kalian. Ketikkan ‘Paint‘ kemudian buka.
    cara screenshot laptop asus windows 10
  6. Salin dengan menekan tombol pintas Ctrl + V atau klik pada menu Paste di bagian kiri atas software Paint kalian. Akan muncul hasil dari screenshot Windows 10 kalian. Disini kalian dapat menyesuaikan bagian mana yang ingin kalian pertahankan dengan menggunakan fitur crop.
  7. Kalau sudah kalian bisa menyimpannya di folder yang kalian inginkan dengan cara menekan tombol Ctrl + S atau menu Save dan simpan dimanapun kalian inginkan.
    cara screenshot asus windows 10

#5. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Snipping Tool

Berbeda dari cara-cara sebelumnya, kali ini kita hanya menggunakan software bawaan Windows 10 yaitu Snipping Tool tanpa kombinasi tombol lainnya. Snipping tool membuat kita bisa dengan leluasa melakukan screenshot layar Windows 10. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Snipping Tool adalah sebagai berikut:

Buka aplikasi Snipping Tool dengan cara tekan Menu Start kemudian cari dan buka ‘Snipping tool‘.

cara screenshot windows 8

Pada aplikasi ini ada beberapa alternatif cara melakukan screenshot antara lain:

  1. Screenshot sesuai bentuk yang kalian inginkan (Free-from Snip).
  2. Screenshot dengan bentuk kotak atau persegi (Rectangular Snip).
  3. Screenshot berdasarkan Window atau jendela aplikasi yang dipilih (Window Snip).
  4. Screenshot dengan seluruh layar Windows 10 (Full-Screen Snip).
    cara screenshot windows 8.1

Pilih salah satu dari beberapa pilihan diatas sesuai kebutuhan dan klik New untuk mengambil screenshot yang kalian inginkan. Kemudian simpan dengan menekan tombol ‘Ctrl + S‘ atau menu Save Snip dan simpan di folder yang kalian inginkan.

cara screenshot laptop acer windows 10

#6. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Aplikasi Snip & Sketch

Kali ini kita menggunakan aplikasi dari pihak Microsoft yang bernama Snip & Sketch. Aplikasi ini merupakan versi yang lebih maju dari Snipping Tool yang sudah ada sebelumnya. Langsung saja inilah cara mengambil screenshot di Windows 10 dengan aplikasi Snip & Sketch:

  1. Cari aplikasi Snip & Sketch dengan cara klik menu Start kemudian cari dan buka Snip & Sketch. Apabila belum tersedia, kalian dapat mendownloadnya dari Microsoft Store atau dengan membuka tautan berikut.
  2. Untuk mengambil screenshot, klik pada menu New Snip atau tekan ‘Ctrl + N‘. Kemudian akan muncul tampilan seperti yang tertera di cara nomor 4 diatas. Crop bagian yang kalian inginkan.
    cara screenshot di windows media player
  3. Disini kalian bisa mengedit seperlunya, kalau sudah bisa kalian simpan dengan klik menu Save atau tekan ‘Ctrl + S’. Simpan dalam folder yang kalian inginkan.
    cara screenshot windows 10 terbaru 2020

#7. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Aplikasi Picpick

Aplikasi Pickpick merupakan aplikasi pihak ketiga yang memudahkan kita untuk mengambil screenshot Windows 10 dan mengeditnya langsung. Software ini merupakan software berbayar untuk versi fullnya, namun kalian dapat menggunakan versi portable yang gratis.

  1. Download dan install terlebih dahulu software Pickpick disini. Pilih yang free di sebelah kiri.
  2. Setelah berhasil diinstall kalian bisa buka aplikasinya. Akan muncul pemberitahuan kombinasi tombol untuk melakukan screenshot dengan Pickpick.
  3. Untuk mengambil screenshot fullscreen, caranya buka Picpick lalu setelah terbuka tekan tombol printscreen ‘Prt Sc sysrq’ atau yang mirip. Sedangkan untuk jendela aktif dengan menggunakan kombinasi ‘Alt + Prt Sc sysrq‘. Dengan begitu maka gambar akan otomatis masuk ke jendela editor picpick.
  4. Apabila tidak berhasil, kalian bisa menuju menu File – Start. Pada bagian Screen Capture ada beberapa pilihan, pilih sesuai kebutuhan.
    cara screenshot pada windows 10 2020
  5. Disini kalian bisa mengeditnya sedikit. Kalau sudah kalian bisa menyimpannya dengan menekan menu Save atau tekan tombol ‘Ctrl + S‘.
    cara screenshot laptop windows 10 terbaru

#8. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Microsoft Game Bar

Pada Windows 10, Microsoft menambahkan sebuah fitur baru yaitu Xbox atau Microsoft Game Bar. Dengan adanya fitur ini kalian dapat mengambil screenshot atau merekam layar sembari bermain game. Jadi, cara ini dikhususkan bagi kalian yang mengambil screenshot saat sedang bermain game sehingga kalian dapat meng-capture layar game kalian. Cara mengambil screenshot di Windows 10 dengan Microsoft Game Bar adalah sebagai berikut:

  1. Buka game yang ingin kalian inginkan, semisal disini saya membuka game GTA 5.
  2. Untuk mengaktifkan atau memunculkan fitur GameBar, tekan tombol ‘Win + G‘.
  3. Klik pada ikon Kamera untuk mengambil screenshot dari game di Windows 10. Untuk altrnatif, kalian bisa gunakan kombinasi tombol ‘Win + Alt + PrtSc’.
    cara screenshot saat bermain game windows
    cara screenshot game tanpa aplikasi
  4. Apabila berhasil, akan muncul notifikasi seperti dibawah ini.
    cara screenshot gta 5
  5. Kemudian gambar hasil screenshot tersebut akan otomatis tersimpan secara default  di ‘C:\Users\User\Videos\Captures‘.
    cara screenshot di game windows 10

Disini kalian juga dapat melakukan rekaman layar dari gameplay kalian.

#9. Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Onedrive

Maksud dari menggunakan OneDrive disini tidak benar-benar hanya menggunakan layanan OneDrive semata. OneDrive sendiri merupakan layanan penyimpanan yang dimiliki oleh pihak Microsoft, jadi sudah terintegrasi dengan mudah dengan Windows 10. Dengan adanya OneDrive di Windows 10 kita, melakukan kegiatan screenshot menjadi lebih mudah. Cara mengambil screenshot di Windows 10 dengan OneDrive adalah sebagai berikut:

  1. Kalian harus sudah mempunyai aplikasi OneDrive yang terinstal di Windows 10 kalian dan sudah login ke OneDrive menggunakan akun microsoft kalian. Apabila belum kalian dapat mendownload OneDrive di Microsoft Store atau disini.
  2. Jika kalian belum mempunyai akun microsoft untuk login ke OneDrive, kalian bisa baca artikel 2 Cara Mudah Membuat Akun Microsoft.
  3. Apabila kalian sudah selesai menginstal dan login ke OneDrive di Windows 10 kalian saatnya mengatur aplikasi OneDrive kalian agar bisa melakukan screenshot dengan mudah.
  4. Lihat ke ikon OneDrive di bagian tray di taskbar kalian. Klik ikon tersebut kemudian klik More – Settings.
    cara screenshot di laptop hp windows 10
  5. Masuk ke menu Backup. Pada bagian Screenshots centang pada pilihan Automatically save screenshots I capture to OneDrive. Klik OK.
    cara login onedrive windows 10
  6. Dengan cara ini kalian hanya perlu menekan tombol ‘Prt Sc sysrq‘ pada keyboard kalian dan hasilnya akan tersimpan secara otomatis di folder OneDrive di Windows 10 kalian. Kalian bisa mencarinya di OneDrive – Other-Picture/Gambar – Screenshot.

Cara ini sangat memudahkan kita karena kita hanya perlu mengonfigurasikan satu kali diawal. Kedepannya kita tidak perlu lagi mengatur pengaturan dari OneDrive kita, hanya menekan satu tombol di keyboard maka hasil screenshot akan langsung tersimpan di penyimpanan offline maupun online.

Sekian artikel dengan judul 9 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 Paling Mudah. Semoga dapat memberikan kemudahan bagi kalian yang ingin melakukan screenshot di Windows 10 khususnya.

Jiyaad Sabiq

Member/author in Duosia since 2016. A person who want to share benefit contents and spread knowledge to everyone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Close

Tolong Bantu Kami Tumbuh

Kami hanya akan menampilkan iklan yang RELEVAN dan TIDAK MENGANGGU Dengan anda MEMATIKAN Adblock pada situs ini, Kami sangat berterimakasih dan akan menyajikan konten yang lebih Baik