Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk

5 Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk di Windows 10 – Sebuah drive atau penyimpanan merupakan sebuah komponen penting dalam setiap perangkat elektronik. Semua alat elektronik pastinya memiliki sebuah komponen yang berguna untuk menyimpan suatu data, data apapun bentuknya. Hal ini tentunya berlaku bagi gadget, terutama komputer ataupun laptop. Untuk penyimpanan pada sebuah perangkat komputer atau laptop, ada beberapa macam diantaranya adalah Hard Disk atau biasa disingkat HDD dan juga Solid State Drive yang biasa disingkat sebagai SSD. Salah satu yang masih digunakan sampai saat ini adalah Hard Disk atau HDD. Hard Disk sendiri menurut website resmi Seagate merupakan komponen perangkat keras yang menyimpan semua konten digital. Konten digital berarti segala bentuk file yang dapat disimpan pada sebuah perangkat penyimpanan.

Keuntungan dari Hard Disk daripada penyimpanan sejenis yaitu SSD adalah karena harga yang lebih terjangkau namun memiliki kapasitas yang lebih besar. Namun tentunya dengan harga yang lebih terjangkau, kecepatan transfer file dari Hard Disk tidak terlalu kencang. Maka dari itu Hard Disk digunakan untuk menyimpan banyak file seperti foto, video, aplikasi, dan lain sebagainya yang memerlukan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Harga Hard Disk saat ini sudah cukup murah, apalagi yang bekas. Dalam memilih sebuah Hard Disk bekas hal yang sangat perlu kalian perhatikan adalah kondisi atau kesehatan dari sebuah Hard Disk. Jangan sampai Hard Disk yang akan kita beli memiliki bad sectors. Hard Disk dengan bad sectors tentunya tidak dapat berjalan dengan semestinya sehingga dapat merugikan kita apabila data yang ada menjadi hilang karena bad sectors. Maka dari itu, artikel kali ini berjudul 5 Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk di Windows 10.

5 Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk di Windows 10
5 Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk di Windows 10

Mengecek kesehatan sebuah Hard Disk sangat penting untuk kelangsungan data pada Hard Disk kita. Sekali Hard Disk terkena bad sectors, maka harus ada tindakan lanjut seperti memindah data atau memisah bad sectors pada sebuah Hard Disk. Hal ini tentunya dapat kita lakukan apabila kita mengetahui tingkat kesehatan Hard Disk yang kita miliki. Apabila kita tidak awas akan hal ini, bisa saja tiba-tiba data kita hilang atau data kita rusak karena hard disk yang tidak sehat, hal ini sangat merugikan kita mengingat jasa recovery file terbilang cukup mahal. Penulis sangat sadar akan hal ini karena beberapa kali mengalami hal yang sama. Langsung saja inilah artikel 5 Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk di Windows 10.

#1. Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk dengan CHKSDK

CHKDSK atau akronim dari Check Disk merupakan sebuah perintah yang dapat kalian lakukan semacam error-checking pada sebuah sistem berkas atau penyimpanan. Dengan menggunakan perintah CHKDSK ini, kalian dapat memindai hard disk kalian kalau ada masalah sehingga dapat diketahui apakah hard disk tersebut benar-benar bermasalah atau tidak. Cara ini merupakan cara tradisional untuk mengecek kesehatan Hard Disk atau SDD. Langsung saja cara mengecek kesehatan hard disk dengan CHKDSK adalah sebagai berikut:

Cara Pertama

Cara ini kalian lakukan apabila hard disk tersebut terdeteksi pada Windows Explorer. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Masuk ke Windows Explorer. Kalian dapat menekan kombinasi tombol Win + E.
  2. Cari hard disk atau partisi mana yang ingin kalian cek kesehatannya. Klik kanan – Properties.
    cara mengecek kesehatan hardisk
  3. Kemudian kalian menuju menu Tools. Pada bagian Error Checking pilih atau klik pada menu Check.
    cara cek kesehatan hard disk
  4. Akan muncul pesan seperti ini apabila sistem merasa tindakan ini tidak diperlukan. Klik saja pada pilihan Scan drive.
    cara cek kesehatan hardisk laptop
  5. Proses scanning akan dimulai, tunggu sampai proses tersebut selesai.
    cara mengecek kesehatan hard disk
  6. Kemudian hasilnya akan keluar. Apabila Hard Disk kalian sehat maka akan muncul pesan seperti dibawah ini.
    cara mengecek kesehatan hardisk komputer

Apabila ada kerusakan maka akan muncul pesan yang berisi kerusakan sesuai hasil scanning tadi.

Cara Kedua

Cara ini dapat kalian gunakan apabila Hard Disk yang ingin kalian cek kesehatannya tidak muncul di Windows Exproler. Bisa jadi karena damage atau rusak, atau mungkin Hard Disk tersebut baru kalian beli sehingga tidak muncul partisi pada umumnya. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka CMD atau Command Prompt di Windows 10 kalian. Caranya buka Start Menu kemudian cari dan buka “Command Prompt” atau cukup mengetikkan “cmd“. Buka dalam mode Run as administrator.
    mengecek kesehatan hardisk laptop
  2. Setelah terbuka, langsung saja ketikkan perintah “chkdsk (label partisi):” (tanpa tanda petik). Sebagai contoh, apabila ingin melakukan pengecekan kesehatan pada partisi D, maka kalian ketikkan “chkdsk d:“. Apabila tidak berhasil coba dengan huruf kapital.
    cek kesehatan hardisk dengan cmd
  3. Command Prompt akan melakukan proses scanning terhadap Hard Disk atau partisi kalian secara menyeluruh.
    cara mengecek kesehatan hardisk tanpa aplikasi
  4. Setelah proses selesai maka akan muncul hasilnya. Kalian cukup melihat pada bagian bad sectors karena hal ini yang menjadi aspek yang menentukan apakah sebuah disk atau drive rusak atau sehat.
    cara cek kesehatan harddisk tanpa aplikasi

#2. Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk dengan Hard Disk Sentinel

Cara kedua ini kita menggunakan sebuah aplikasi bernama Hard Disk Sentinel. Jadi, aplikasi Hard Disk Sentinel merupakan sebuah aplikasi yang berguna untuk memonitor suhu dan kesehatan sebuah hard disk, menguji dan memperbaiki masalah HDD,  serta mendeteksi kerusakan pada sebuah disk. Aplikasi ini merupakan aplikasi terpopuler untuk mengecek kesehatan hard disk pada saat ini. Langsung saja inilah cara mengecek kesehatan hard disk dengan Hard Disk Sentinel:

  1. Pertama, kalian download Hard Disk Sentinel terbaru disini. Kemudian instal dan buka aplikasi Hard Disk Sentinel.
  2. Setelah aplikasi Hard Disk Sentinel terbuka maka akan pada bagian Overview terlihat persentase kesehatan (Health) dan performa (Performance) dari Hard Disk kalian. Untuk daftar Hard Disk atau SSD yang terpasang akan terlihat di sebelah kiri.
    aplikasi cek kesehatan hardisk terbaik

Hal yang perlu menjadi perhatian lebih adalah pada bagian Health atau kesehatan dibandingkan dengan Performance atau performa. Hal ini karena Hard Disk atau disk lain seperti SSD yang tidak sehat biasanya mengalami bad sector sehingga kinerja akan melambat dan bahkan banyak file yang tidak dapat dibuka.

#3. Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk dengan CystalDiskInfo

CystalDiskInfo merupakan salah satu alternatif software untuk mengecek kesehatan Hard Disk selain Hard Disk Sentinel. Salah satu ciri dari aplikasi CrystalDiskInfo ini adalah terdapatnya skin atau tema anime yang bisa kalian gunakan. Aplikasi ini berjalan pada sistem operasi Windows Vista keatas untuk file installernya, atau apabila kalian menggunakan Windows XP kalian bisa mendownload versi portablenya. Langsung saja inilah cara mengecek kesehatan Hard Disk dengan CrystalDiskInfo:

  1. Pertama kalian download dan instal aplikasi CrystalDiskInfo terbaru disini. Kalian bisa memilih untuk Standard Edition apabila tidak menginginkan tema anime.
    software pengecek kesehatan hardisk
  2. Kemudian buka aplikasi CrystalDiskInfo setelah berhasil kalian instal. Akan muncul informasi dari Hard Disk kalian. Apabila pada sistem kalian menggunakan lebih dari satu Hard Disk atau SSD maka akan muncul semuanya pada bagian atas dari aplikasi CrystalDiskInfo, seperti yang sudah ditandai pada gambar dibawah ini.
    aplikasi cek kesehatan hardisk laptop

Selama warna indikator dari kesehatan dan suhu pada aplikasi CrystalDiskInfo berwarna biru, maka Hard Disk kalian masih dianggap normal. Apabila mengalami kerusakan, maka warnanya akan berubah dari biru ke kuning, kuning, dan kuning ke merah.

#4. Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk dengan Perintah WMIC

WMIC sendiri adalah sebuah perintah command-line interface yang memungkinkan kita melakukan perintah-perintah administratif pada perangkat kita, salah satunya adalah untuk mengecek kesehatan sebuah Hard Disk. Dengan perintah ini kalian akan menggunakan fitur S.M.A.R.T. (Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology) yang merupakan sebuah sistem pemantauan terhadap Hard Disk, termasuk memantau kesehatannya. Langsung saja inilah cara mengecek kesehatan Hard Disk dengan perintah WMIC:

  1. Buka CMD atau Command Prompt. Caranya dengan membuka Run dengan menekan tombol Win + R kemudian ketikkan “CMD” dan tekan Enter.
    cara cepat membuka cmd di windows 10
  2. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan “wmic” dan tekan Enter.
    cara cek kesehatan hardisk lewat cmd
  3. Kalian akan masuk mode WMIC. Kemudian ketikkan “diskdrive get status” dan tekan Enter.
    cara cek kesehatan hardisk lewat bios

Apabila status atau hasilnya adalah “OK” maka Hard Disk anda baik-baik saja.

cara melihat kesehatan hardisk pc

Apabila muncul pesan “Pred Fail” berarti Hard Disk anda mengalami masalah, umumnya memiliki bad sectors.

#5. Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk dengan Disk Management

Cara terakhir ini kita akan menggunakan fitur Disk Management yang ada di Windows kita. Sebenarnya hasil yang tertera tidak terlalu meyakinkan karena hanya menunjukkan status kesehatannya, tanpa ada data lebih mendetail. Namun, karena fitur ini merupakan fitur bawaan dari Windows, tidak salahnya menjadi pertimbangan dalam mengetahui kesehatan Hard Disk kita. Langsung saja inilah cara mengecek kesehatan Hard Disk dengan Disk Management:

  1. Buka fitur Disk Management di Windows 10 kalian dengan cara menekan Win + R kemudian ketikkan “diskmgmt.msc” dan tekan Enter.
    software kesehatan hardisk
  2. Disk Management akan memuat informasi atau rincian informasi dari disk yang terpasang pada PC atau laptop kalian. Pilih atau cari disk mana yang ingin kalian lihat status kesehatannya. Status kesehatan akan terpampang pada setiap partisi dalam suatu Hard Disk atau SSD.
    cara cek kesehatan hardisk ssd

Walaupun informasi yang diberikan tidak terlalu lengkap, namun hal ini bisa kita jadikan patokan atau pertimbangan dalam mengecek kesehatan Hard Disk kita. Tidak lengkapnya informasi dapat dimaklumi karena fitur Disk Management ini fungsi utamanya adalah untuk mengorganisasi partisi atau disk seperti menambah, menghapus, memformat sebuah Hard Disk atau SSD.

Sekian artikel dengan judul 5 Cara Mengecek Kesehatan Hard Disk di Windows 10. Semoga dengan ditulisnya artikel ini kalian tidak bingung bagaimana mengecek kesehatan Hard Disk di Windows 10 kalian. Terima kasih sudah membaca artikel ini, sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Jiyaad Sabiq

Member/author in Duosia since 2016. A person who want to share benefit contents and spread knowledge to everyone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Pin It on Pinterest

Close

Tolong Bantu Kami Tumbuh

Kami hanya akan menampilkan iklan yang RELEVAN dan TIDAK MENGANGGU Dengan anda MEMATIKAN Adblock pada situs kami, Merupakan salah satu Modal untuk menyajikan konten Terbaik