Cara Mengetahui Jenis RAM Sebelum Upgrade

5 Cara Mengetahui Jenis RAM Sebelum Upgrade – Sejalan dengan sistem operasi, hardware atau perangkat keras tentunya juga sangat penting bagi kelangsungan dari laptop atau PC kita. Hardware tersebut antara lain meliputi processor, memori RAM, media penyimpanan (Hard disk atau SSD), graphics card, dan lainnya. Salah satu hardware yang sangat menunjang performa dari laptop atau PC kita adalah memori atau RAM. RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Fungsi RAM sendiri adalah sebagai untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data. Selain itu RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat sebelum data tersebut disimpan dalam sebuah penyimpanan pada perangkat kalian baik itu hard disk maupun SSD. Dengan ukuran RAM yang lebih besar maka kemungkinan kita untuk melakukan multitasking menjadi semakin mudah. Multitasking sendiri secara sederhananya adalah kemampuan untuk membuka banyak aplikasi dalam satu waktu.

Untuk memperlancar kinerja multitasking pada perangkat komputer atau laptop kita, biasanya ada masanya kita ingin menambah kapasitas RAM. Namun hal ini tentunya tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Kita perlu mengetahui spesifikasi dari memori yang dapat dipakai pada laptop atau PC kita. Melalui artikel ini Duosia akan memberikan panduan 5 Cara Mengetahui Jenis RAM Sebelum Upgrade.

5 Cara Mengetahui Jenis RAM Sebelum Upgrade
5 Cara Mengetahui Jenis RAM Sebelum Upgrade

Sebelum kita menambah atau upgrade kapasitas RAM pada laptop atau PC kita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

  • Tipe memori RAM (DDR2, DDR3, DDR4)
  • Frekuensi atau kecepatan RAM (Dalam satuan MHz)
  • Jumlah Slot RAM (Laptop atau Notebook)

Kalian pasti tidak ingin membuang uang untuk membeli sesuatu yang tidak dapat kalian gunakan atau manfaatkan. Dengan membaca artikel ini kalian jadi punya beberapa pertimbangan sebelum mengupgrade kapasitas RAM laptop atau PC kalian. Sebenarnya ada faktor lain yang mempengaruhi cocok tidaknya suatu RAM, yaitu merk atau brand dari memori RAM. Namun hal tersebut jarang ditemukan sehingga tidak terlalu menjadi pertimbangan. Cara-cara dibawah dilakukan di Windows 10. Langsung saja inilah tutorial 5 Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop atau PC Sebelum Upgrade.

#1. Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop atau PC dengan Task Manager

Cara pertama ini sangat mudah untuk kalian lakukan. Namun cara ini memiliki kekurangan, yaitu tidak mencantumkan tipe memori RAM kalian. Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop atau PC dengan Task Manager adalah sebagai berikut:

  1. Buka Task Manager dengan cara klik kanan pada bagian kosong di taskbar kalian kemudian pilih pada pilihan Task Manager. Cara lain adalah menggunakan Windows Run dengan cara menekan tombol ‘Win + R‘ kemudian ketikkan ‘taskmgr‘ dan tekan enter.
    cara cek jenis ram laptop
    cara cek jenis ram online
  2. Kita menuju ke bagian Performance – Memory untuk melihat informasi dari RAM pada sistem kita.
  3. Di bagian kanan bawah akan terlihat beberapa informasi yang meliputi frekuensi atau kecepatan RAM, jumlah slot yang terpakai dan juga tipe arsitektur dari RAM tersebut (LONGDIMM untuk PC dan SODIMM untuk laptop). Selain itu juga tertera berapa kapasitas RAM yang sudah terpasang di sistem kalian, sehingga kalian dapat menentukan ukuran RAM yang ingin kalian tambah.
    cara cek jenis ram di laptop

Untuk mengetahui tipe RAM kalian apakah itu DDR2, DDR3, atau DDR4 bisa lanjut ke cara-cara berikutnya. Namun sebenarnya kita bisa mengetahui jenis RAM dari generasi processor kita. Contohnya seperti Intel dengan generasi keenam atau Skylake keatas sudah mulai menggunakan RAM tipe DDR4.

#2. Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop atau PC dengan CPU-Z

CPU-Z merupakan sebuah aplikasi yang menampilkan berbagai informasi mengenai hardware atau perangkat keras pada laptop atau PC kita. Informasi yang tersedia meliputi Central Processing Unit (CPU) atau processor, memori RAM, motherboard, graphics card (VGA), dan lainnya. Langsung saja inilah Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop atau PC dengan CPU-Z:

  1. Sebelumnya tentu kalian harus mempunyai aplikasi CPU-Z terlebih dahulu. Kalian bisa download CPU-Z disini.
    cara cek jenis ram di pc
  2. Setelah berhasil terinstal, buka software CPU-Z tersebut.
  3. Untuk melihat informasi RAM, masuk ke bagian Memory.
  4. Akan terlihat beberapa informasi mengenai memori RAM yang digunakan di laptop atau PC kalian.
    check ram type ddr3 or ddr4

Khusus untuk mengetahui frekuensi yang sesuai, lihat pada bagian DRAM Frequency. Angka yang tertera di bagian tersebut kalian kalikan dua. Seperti yang tertera di gambar yaitu 1064 x 2 = 2128. Cari memori RAM yang memiliki frekuensi yang mendekati angka tersebut, di kasus ini berarti RAM yang paling mendekati adalah RAM dengan frekuensi 2133 MHz. Apabila kalian membeli RAM dengan frekuensi diatas angka tersebut sebenarnya masih dapat digunakan selama memiliki tipe RAM yang sama (DDR) namun frekuensi akan diturunkan sesuai dengan yang tertera pada sistem.

#3. Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop atau PC dengan Command Prompt (CMD)

Sebuah tutorial kurang lengkap apabila tidak menyertakan Command Prompt sebagai salah satu kontennya. Dibandingkan dengan cara lain, cara mengetahui jenis RAM laptop atau PC dengan Command Prompt merupakan yang paling kompleks. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Command Prompt dengan cara tekan tombol ‘Win + R‘ kemudian ketikkan cmd dan tekan Enter.
    cek jenis ram di windows 7
  2. Ketikkan perintah berikut:
    wmic MemoryChip get BankLabel, Capacity, MemoryType, TypeDetail, Speed, Tag
  3. Maka akan muncul beberapa informasi mengenai RAM yang terpasang di laptop atau PC kalian.
    cara cek tipe ram ddr3 atau ddr4

Rincian dari informasi-informasi yang ada di CMD tadi adalah sebagai berikut:

  • BankLabel: Merupakan lebel (tanda) fisik yang menandai dimana RAM tersebut berada.
  • Capacity: Total kapasitas RAM, dalam satuan byte.
  • Speed: Kecepatan RAM, dalam satuan MHz.
  • Tag: Merupakan identifikasi dari socket dimana RAM terpasang.
  • MemoryType: Tipe dari RAM yang digunakan. Angka yang ditampilkan merepresentasikan sebuah informasi, diantaranya:
    0 = Unknown
    1 = Other
    2 = DRAM
    3 = Synchronous DRAM
    4 = Cache DRAM
    5 = EDO
    6 = EDRAM
    7 = VRAM
    8 = SRAM
    9 = RAM
    10 = ROM
    11 = Flash
    12 = EEPROM
    13 = FEPROM
    14 = EPROM
    15 = CDRAM
    16 = 3DRAM
    17 = SDRAM
    18 = SGRAM
    19 = RDRAM
    20 = DDR
    21 = DDR2
    22 = DDR2 FB-DIMM
    24 = DDR3
    25 = FBD2
  • TypeDetail: Tipe dari RAM yang digunakan. Angka yang ditampilkan merepresentasikan sebuah informasi, diantaranya:
    1 = Reserved
    2 = Other
    4 = Unknown
    8 = Fast-paged
    16 = Static column
    32 = Pseudo-static
    64 = RAMBUS
    128 = Synchronous
    256 = CMOS
    512 = EDO
    1024 = Window DRAM
    2048 = Cache DRAM
    4096 = Non-volatile

Untuk MemoryType apabila kalian mendapatkan angka 0 atau unknown, kemungkinan besar kalian menggunakan tipe RAM jenis DDR4. Hal ini juga terjadi pada laptop saya yang menggunakan RAM tipe DDR4.

#4. Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop atau PC dengan Speccy

Aplikasi ini bisa dibilang merupakan kembaran dari CPU-Z. Sama seperti CPU-Z, Speccy menyediakan informasi yang cukup lengkap mengenai komponen yang ada didalam laptop atau PC kalian, hanya kurang begitu populer saja. Dengan software ini kalian bisa dengan mudah mengetahui jenis RAM laptop atau PC kalian. Langsung saja inilah cara mengetahui jenis RAM laptop atau PC dengan Speccy:

  1. Download dan install aplikasi Speccy terlebih dahulu disini.
  2. Setelah terinstal kalian buka aplikasi Speccy tersebut.
  3. Pada saat pertama kali, aplikasi Speccy akan melakukan analisis untuk mengidentifikasi perangkat kalian. Tunggu selama beberapa saat.
  4. Masuk ke bagian RAM dan kalian akan menemukan informasi lengkap dari RAM laptop atau PC kalian.
    cara mengecek jenis ram komputer

Sama seperti sebelumnya, apabila pada bagian Type tertulis Unknown maka kemungkinan besar kalian menggunakan RAM dengan Tipe DDR4. Untuk mengetahui frekuensi yang sesuai, lihat pada bagian DRAM Frequency. Angka yang tertera di bagian tersebut kalian kalikan dua. Seperti yang tertera di gambar yaitu 1064 x 2 = 2128. Cari memori RAM yang memiliki frekuensi yang mendekati angka tersebut, di kasus ini berarti RAM yang paling mendekati adalah RAM dengan frekuensi 2133 MHz.

#5. Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop atau PC dengan Melihat RAM Fisik yang Terpasang

Cara ini membutuhkan kemampuan membongkar laptop dan membutuhkan tingkat kehati-hatian yang lumayan tinggi. Pada cara ini kalian diharuskan untuk membongkar kasing dari laptop kalian untuk melihat slot RAM yang ada di dalam laptop kalian. Namun hal ini lebih diperuntukan untuk laptop-laptop yang memiliki RAM bukan onboard alias yang dapat dicopot dengan mudah.

Sedangkan untuk PC kalian tidak perlu melakukan banyak hal. Kalian cukup membuka casing kalian dan mencopot kepingan RAM yang terpasang di motherboard kalian. Copot dengan cara membuka kunciannya kemudian tarik keatas sampai terlepas, jangan dipaksa.

Untuk melihat informasi dari RAM yang terpasang, kalian dapat melihatnya di stiker yang terpasang pada RAM tersebut. Informasi yang tertulis sangat lengkap.

cara mengetahui tipe ddr ram pc

Kadang, untuk RAM laptop tidak menunjukkan informasi, namun kode produk yang dapat kalian cari secara online. Contohnya RAM dengan merk Kingston ini.

cara mengetahui tipe ram dari bungkus

Setelah dicari maka akan muncul informasi dari situs langsung Kingston mengenai RAM tersebut. Untuk merk lain pastinya juga menyediakan indormasi mengenaik produk mereka.

cara melihat tipe ram dari website resmi

Sekian artikel dengan judul 5 Cara Mengetahui Jenis RAM Sebelum Upgrade.  Semoga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan kalian yang ingin mengupgrade sendiri RAM laptop atau PC.

 

 

 

Jiyaad Sabiq

A person who want to share benefit contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih