Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop/PC

Apakah anda ingin membeli laptop Baru? Maka anda perlu membaca Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop/PC secara Detail, untuk menghindari yang namanya salah beli Laptop, Karena laptop sendiri merupakan barang yang lumayan mahal

Laptop atau PC merupakan salah satu benda elektronik yang paling banyak digunakan saat ini.  Berbagai banyak hal dapat kita lakukan hanya dengan mengandalkan sebuah laptop atau PC.  Satu hal yang menentukan kualitas atau performa laptop atau PC kita adalah dengan melihat spesifikasinya. Mulai dari RAM,processor,kartu grafis (VGA), hingga media penyimpanan sangat mempengaruhi performa dari laptop atau PC kita.

Apabila kita meminjam sebuah laptop atau PC, hal yang kita lakukan pertama kali adalah mengecek spesifikasinya. Namun bagi orang awam,mengecek spesifikasi laptop atau PC merupakan suatu hal yang cukup membingungkan. Padahal hal ini sangat penting untuk dilakukan. Bagi kalian yang masih bingung caranya, simak artikel ini dengan baik.


7 Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop/PC dengan Mudah dan Cepat
7 Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop atau PC

Terkadang kita sering melakukan berbagai analisa untuk mengetahui spesifikasi laptop yang bagus yang akan kita beli ataupun akan kita gunakan nantinya, ataupun kita menggunakan metode analisa untuk memutuskan merk laptop apa yang akan kita gunakan apakah lebih cendrung memilih Asus, Dell, HP, Axioo, Acer ataupun Compaq. Dan untuk menentukan berbagai jenis laptop untuk kita beli seperti Laptop/PC Gaming, Laptop Bisnis ataupun Laptop Hybrid.

Mungkin sebagian dari kita melihat spesifikasi Laptop dengan tujuan untuk mengetahui apakah laptop yang kita gunakan dapat menjalan game yang kita inginkan, seperti misal Game Berat seperti GTA V, Far Cry, dll. Kami juga pernah memberikan paduan Cara Mengetahui Game Yang Cocok untuk Spesifikasi PC/Laptop

Mengecek spesifikasi laptop atau PC sangat penting dilakukan terutama saat kita pertama kali membeli laptop atau PC. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian, terutama apabila kita membeli laptop atau PC bekas. Berikut adalah Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop/PC dengan Mudah


1. Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Windows 10

Pertama, cara ini dapat kalian lakukan untuk melihat spesifikasi laptop atau PC kalian secara umum. Aplikasi Settings merupakan aplikasi bawaan untuk mengonfigurasi Windows kalian secara umum. Untuk melihat spesifikasi dasar/umum laptop atau PC kalian bisa mengikuti cara berikut :

  1. Buka Settings melalui Start Menu atau dengan menggunakan shortcut Win + I.
  2. Klik pada menu System – About. Akan terlihat spesifikasi dasar laptop atau PC kalian.
    Cara Mengetahui Spesifikasi Laptop Windows 10

Disini akan terlihat operasi windows berapa yang terinstall di laptop atau PC kalian. Selain itu kalian juga akan mendapatkan informasi prosesor yang digunakan, kapastas RAM hingga besaran hard drive.


2. Mengetahui Spesifikasi Laptop Sendiri di Windows 8 atau Lebih Tinggi

Pada cara kedua ini, kita cukup melihat properties dari laptop atau PC kita. Cara kedua ini merupakan cara yang paling mainstream diantara cara-cara lainnya. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka Windows Explorer kalian, buka dengan cepat dengan menekan Windows + E.
  2. Klik kanan pada bagian This PC atau My Computer kemudian pilih Properties.
    Mengetahui Spesifikasi Laptop Sendiri di Windows 8 atau Lebih Tinggi
  3. Kemudian akan terbuka jendela System dan akan terlihat beberapa informasi dasar dari spesifikasi laptop atau PC kalian.
    cek spesifikasi laptop windows 8

3. Mengetahui Spesifikasi PC dengan Dxdiag (DirectX Diagnostic Tool) di Windows 7

Kali ini kita akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap dari cara-cara sebelumnya. Cara melihat spesifikasi laptop atau PC dengan Dxdiag adalah sebagai berikut :

  1. Buka Run, tekan Windows + R.
  2. Ketikkan ‘dxdiag‘ kemudian klik OK atau Enter.
    cek spesifikasi laptop lewat run
  3. Akan terbuka jendela Dxdiag. Disini akan terpampang banyak informasi mulai dari System, Display, Render, Sound, dan Input.
    cara cek spesifikasi laptop

4. Mengetahui Spek PC dengan CMD (Command Prompt)

Kali ini kita akan menggunakan perintah di CMD yaitu perintah systeminfo.exe. Perintah ini akan memberikan kalian banyak informasi tentang spesifikasi laptop atau PC kalian. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka Start Menu kemudian cari CMD. Kemudian Run as administrator.
    cek spesifikasi laptop lewat cmd
  2. Ketikkan perintah systeminfo kemudian enter.
    cek spek laptop dari cmd
  3. Setelah itu kalian akan diberikan informasi yang cukup rinci mengenai laptop atau PC kalian.

5. Menggunakan System Information

Cara ini hampir sama dengan cara kedua, hanya saja kali ini informasi yang diberikan lebih sedikit lebih rinci. Caranya sebagai berikut :

  1. Buka Start Menu.
    cara cek full spesifikasi laptop
  2. Ketikkan System Information atau msinfo32 kemudian tekan Enter atau klik pada aplikasinya.
    cek spek laptop untuk main game
  3. Kalian akan menemukan informasi mengenai hardware. Akan terlihat ringkasan sistem, yang mencakup informasi seperti model sistem, jenis sistem, prosesor, informasi BIOS hingga ukuran memori yang dipasang.

6. Menggunakan Software CPU-Z

Selain menggunakan cara-cara dari Windows sendiri, kalian bisa menggunakan software pihak ketiga untuk melihat spesifikasi laptop atau PC kalian. Salah satu software yang paling sering digunakan adalah CPU-Z. Kelebihannya adalah ukurannya yang kecil namun memberikan informasi yang cukup lengkap. Caranya sebagai berikut :

  1. Download software CPU-Z disini kemudian Install di laptop atau PC kalian.
    cek spesifikasi laptop sendiri
  2. Kalau sudah terinstall, buka softwarenya.
    cara cek spesifikasi laptop selain dxdiag
  3. Kalian akan melihat banyak informasi disana. Silahkan melihat lebih jauh informasi dari spesifikasi laptop atau PC kalian dengan menggunakan CPU-Z.

7. Menggunakan Software Speccy

Terakhir ada software bernama Speccy. Software ini merupakan produk dari Piriform yang juga membuat software CCleaner. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Download software Speccy disini.
  2. Install dan buka Speccy. Kalian dapat melihat secara rinci informasi mengenai spesifikasi CPU laptop atau PC yang bersangkutan.
    software cek spesifikasi laptop
  3. Pada bagian Summary kalian akan melihat rangkuman dari keseluruhan spesifikasi laptop atau PC kalian.

Sekian Artikel dari Kami, Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat dan juga wawasan kepada banyak orang.

Jiyaad Sabiq

A person who want to share benefit contents
int(1) int(1) /* */

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih