Cara Mengubah Bentuk Kursor Mouse Windows 10

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi terbaik saat ini. Sistem operasi kepunyaan Microsoft ini memiliki user interface yang sangat bersahabat dan memiliki tampilan yang cukup bagus yakni modern dan minimalis.

Sampai saat ini, Windows 10 sudah mendapatkan banyak sekali update mulai dari bahasa dari Windows 10 hingga tampilan yang lebih baik dari sebelumnya. Salah satu tampilan yang sering terlihat atau selalu terlihat adalah kursor atau pointer dari Windows 10. Kursor pada sebuah sistem operasi merupakan sebuah kebutuhan yang sangat wajib.

2 Cara Mengubah Ikon Kursor Mouse Windows 10
2 Cara Mengubah Ikon Kursor Mouse Windows 10

Kursor adalah salah satu petunjuk posisi pada monitor komputer/laptop yang akan merespon input dari perangkat masukan teks. Sebenarnya jika kita melihat lebih dalam kursor dibagi menjadi dua tampilan yakni Kursor Teks, Kursor Panah (Tetikus) dan Kursor yang berlogo Tangan menunjuk.

Kursor Teks biasanya akan muncul pada saat kita membuka aplikasi teks editor dan ketika kursor kita arahkan pada teks entah itu pada Aplikasi Microsoft Word, Sublime Editor ataupun yang lainya. Selanjutnya ada Kursor Penunjuk yang pada seringnya berbentuk seperti Tanda Panah ini biasanya mengindikasikan dimana posisi kita tepatnya berada pada Monitor Dan yang terakhir ada kursor yang bentuknya seperti Tangan ini akan muncul pada saat kita ingin mengklik suatu fungsi entah itu pada Teks editor atupun saat kita menulis artikel Pada WordPress makan akan muncul Kursor satu ini.

Tanpa kursor atau pointer kita akan kesulitan untuk mengoperasikan sebuah komputer atau laptop. Kadang ada beberapa orang yang merasa bahwa tampilan kursor atau pointer dari Windows 10 terlihat sangat membosankan, Oleh karena itu Duosia akan memberikan tutorial yang berhubungan dengan kursor tersebut.

Untuk mengubah kursor atau pointer di Windows 10 kita tidak memerlukan tambahan software apapun. Bahkan dari Windows sendiri sudah menyediakan beberapa pilihan ikon kursor yang dapat kita ubah sesuai selera. Namun ikon kursor yang ada biasanya terlalu standar. Maka dari itu, selain mengganti ikon kursor kali ini kita juga akan membahas cara kustomisasi ikon kursor sesuai keinginan kita. Langsung saja kita menuju Tutorial ini.


#1 Mengganti Icon Cursor Windows 10 dengan Icon Bawaan

Pertama kita akan membahas cara mengubah ikon kursor Windows 10 dengan ikon bawaan yang sudah tersedia. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pada Desktop kalian, klik kanan kemudian pilih Personalize
    Mengganti Icon Cursor Windows 10 dengan Icon Bawaan
  2. Menuju bagian Themes, klik pada tulisan Mouse Cursor.
    ganti kursor laptop
  3. Pada bagian Scheme kita bisa memilih ikon kursor yang ada. Pilih sesuai selera kalian. Kalau sudah klik Apply atau OK.
    cara ganti kursor laptop

#2 Mengubah Bentuk Kursor Windows 10 dengan Ikon Sendiri

Maksud dari ikon sendiri adalah dengan mengunduh ikon yang ada di internet. Jadi disini kami akan situs yang menyediakan ikon kursor windows.

  1. Buka situs Cursors-4u Microsoft Word. Kemudian cari dan download ikon yang kalian inginkan.
  2. Klik download pada ikon yang kalian inginkan.
    Mengubah Bentuk Kursor Windows 10 dengan Ikon Sendiri
  3. Salin atau pindahkan file ikon kursor tadi ke tempat yang mudah dicari. Disini saya menaruhnya di Desktop.
    ganti gambar kursor windows
  4. Kemudian buka Mouse Properties. (Lihat caranya di cara pertama,langkah 1 dan 2).
  5. Klik pada pilihan Normal Select kemudian klik browse untuk mencari ikon yang sudah kalian unduh tadi.
    cara ganti kursor komputer
  6. Setelah klik Browse,cari dan buka file ikon kursor yang sudah kalian download tadi.
    mengganti kursor mouse windows 7
  7. Ikon yang sudah dibuka akan langsung terbaca oleh sistem. Klik apply dan OK untuk menerapkan pengaturan baru.
    ganti kursor windows 10 dengan gambar

Sekian Tutorial dari kami mengenai Windows 10 ini, Semoga artikel diatas dapat memberikan banyak manfaat dan juga dapat menambah wawasan kita semua.

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih