Cara Menambah VRAM di Windows

Cara Menambah VRAM di Windows Dengan Mudah dan Cepat Terbaru  RAM merupakan salah satu komponen paling vital yang ada di suatu perangkat komputer dan laptop. Tanpa adanya RAM, aplikasi yang ada tidak mampu dijalankan. Fungsi RAM sendiri yang paling utama adalah sebagai penyimpanan data atau memory sementara. Jadi aplikasi yang aplikasi yang dibuka akan mengirimkan informasi yang ke RAM,kemudian RAM akan meneruskan informasi ke CPU. Selain itu RAM juga berfungsi untuk mendukung penggunaan multitasking dalam satu komputer atau laptop.

Terkadang, RAM yang sudah terpasang terasa kurang apabila kita menjalankan program-program yang berat, dan salah satu yang membutuhkan kapasitas RAM yang cukup besar adalah game. Solusi terbaik adalah menambah RAM,namun kalau kita tidak sempat bisa kita akali dengan menambah VRAM atau Virtual Memory di Windows.

Cara Menambah VRAM di Windows Dengan Mudah dan Cepat
Cara Menambah VRAM di Windows Dengan Mudah dan Cepat

Virtual memory merupakan Memori Tambahan yang ada pada Sistem Operasi. Virtual memory ini diambil dari kapasitas harddisk yang kita punya.  Virtual memory digunakan saat sistem operasi kehabisan memori, dimana sistem operasi akan memindahkan data kedalam hardisk. VRAM atau virtual memory ini menjadi sangat penting apabila kalian menggunakan perangkat laptop atau PC yang tidak memiliki discrete graphics card atau VGA tambahan. Apabila tidak memiliki VGA tambahan, VGA yang tertanam di processor kalian akan mengambil VRAM yang dibutuhkan oleh VGA dari RAM kita. Oleh karena itu VRAM pada Windows sangat krusial untuk ditambah karena akan sangat mempengaruhi performa kalian dalam melakukan berbagai kegiatan. Tidak hanya gaming namun juga hal berbau grafis lainnya seperti editing dan sebagainya.

cara kerja virtual memori


Berikut adalah cara menghitung virtual memory yang dibutuhkan oleh PC atau laptop kalian:

Installed RAM adalah besar atau kapasitas RAM yang terinstal di komputer kita.

  • Besar/nilai initial size pada virtual RAM adalah 1.5 kali dari installed RAM.
  • Besar/nilai maximum size adalah 3 kali dari besar/nilai initial size.

Contoh:

  • Installed RAM pada komputer adalah 4 GB.
  • 1 GB = 1.024 MB
  • 4 GB = 4 x 1.024 MB = 4.096 MB
  • Jadi installed RAM 4 GB = 4.096 MB
  • Initial size : 1.5 x 4.096 MB = 6.144 MB
  • Maximum size : 3 x 6.144 MB = 18.432 MB

Langsung saja kita menuju tutorial Cara Menambah VRAM di Windows Dengan Mudah dan Cepat.


Artikel Menarik Lainnya:


Cara Menambah VRAM atau Virtual Memory di Windows

  1. Buka File Exproler dengan menekan tombol Windows + E
  2. Klik kanan “This PC dan pilih “Properties”.
    tambah vram windows
  3. Catat RAM yang terinstal  lalu dihitung untuk nilai dari initial size dan maximum size-nya. Caranya sudah ditulis diatas. Klik “Advanced system settings”.
    cara melihat ram windows
  4. Pada tab Advanced bagian “Performance, klik “Settings”.
    menambah vram windows 10
  5. Setelah masuk ke Performance Option, pilih tab “Advanced”. Kemudian Klik “Change” pada bagian Virtual Memory.
    tambah virtual memory windows
  6. Hilangkan tanda centang pada “Automatically manage paging file size for all drives”. Pilih “Custom size”, lalu isikan nilai initial size dan maximum size masing-masing dalam satuan megabytes (MB) seperti yang telah dihitung sebelumnya.
    menambah virtual memory windows

Kalau sudah diisi,kemudian klik Set kemudian OK. Setelah itu kalian disuruh untuk restart windows kalian untuk menerapkan settingan yang baru.


Perlu kalian pastikan bahwa harddisk kalian mempunyai space kosong untuk diambil memorynya. Setidaknya ada beberapa gigabyte lebih banyak dari maximum size,agar nantinya tidak ada low disk space yang justru dapat menghambat kerja laptop atau PC kalian. Jangan sampai kalian mengorbankan kapasitas harddisk kalian hanya untuk menambah VRAM karena nantinya kita akan kebingungan apabila harddisk tiba-tiba penuh. Bersihkan file yang tidak perlu, terutama Local Disk C kalian agar tidak menghambat kinerja sistem kalian. Kalian bisa mengecek artikel Duosia yang berjudul 4 Cara Mengatasi Local Disk C Penuh di Windows 10.

Sekian artikel tutorial Cara Mudah Menambah VRAM atau Virtual Memory di Windows. Apabila ada pertanyaan seputar tutorial ini bisa komentar pada kolom di bawah. Semoga dengan ditulisnya artikel ini dapat memberikan manfaat dan juga wawasan kepada banyak orang. Sampai jumpa di artikel-artikel dan tutorial berikutnya.

Jiyaad Sabiq

Member/author in Duosia since 2016. A person who want to share benefit contents and spread knowledge to everyone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button

Pin It on Pinterest

Close

Tolong Bantu Kami Tumbuh

Kami hanya akan menampilkan iklan yang RELEVAN dan TIDAK MENGANGGU Dengan anda MEMATIKAN Adblock pada situs kami, Merupakan salah satu Modal untuk menyajikan konten Terbaik