Cara Menghapus Software/Aplikasi/Game di Windows 10

Dalam menjalankan sebuah sistem operasi semacam Windows kita tentu membutuhkan banyak software. Mulai dari software dasar seperti pemutar media atau Microsoft Office hingga software khusus seperti software editing semacam Adobe Premiere Pro dan lain sebagainya. Ada banyak sekali software atau aplikasi dan game di dunia ini. Termasuk juga untuk PC baik komputer maupun Laptop, khususnya yang berbasis Windows.Kita biasanya mendownload atau membeli software-software tersebut kemudian kita install di Windows kita agar dapat kita gunakan sebagai mana mestinya.

Seringkali kita suka menginstall banyak sekali aplikasi-aplikasi di Windows kita yang beberapa diantaranya justru tidak kita gunakan dan alhasil hanya menjadi pajangan di PC atau laptop kita. Hal ini tentunya tidak baik dan kadang kala dapat memberikan beberapa kerugian kepada kita. Banyaknya aplikasi yang terinstall di PC atau laptop kita sama saja dengan membebani membebani kinerja PC jadi semakin berat. Tidak hanya membebani kinerja, namun juga dapat memenuhi ruang penyimpanan kita. Maka jangan heran apabila lama-kelamaan PC atau laptop kalian akan cepat terasa lambat atau bahkan macet saat digunakan. Kalau sudah seperti ini maka kinerja kalian yang berhubungan dengan PC atau laptop kalian akan terhambat.

Cara Uninstall Software/Aplikasi/Game Lengkap dan Mudah
Cara Uninstall Software/Aplikasi/Game Lengkap dan Mudah

Setelah melihat permasalahan tersebut, Duosia akan memberikan sedikit pencerahan melalui tutorial dibawah ini. Tutorial ini sangat berguna bagi kalian yang tidak tahu atau kurang paham cara uninstall atau menghapus aplikasi di Windows kalian.

Ada beberapa alasan kita saat memutuskan untuk melakukan uninstall satu atau beberapa software. Salah satu yang paling sering dijadikan alasan adalah karena PC atau laptop kita memiliki kinerja yang menurun. Kinerja yang menurun ini tentunya akan membuat PC atau laptop kita menjadi sebuah penghambat untuk produktifitas kita. Dengan melakukan uninstall aplikasi atau software yang tidak diperlukan tentunya akan menujung kinerja dari PC atau laptop yang kita punya. Selain itu hal ini juga akan memperlebar ruang pada RAM dan Memori Internal.


#1. Cara Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu

Cara pertama adalah dengan menggunakan navigasi Start Menu di bagian bawah Windows 10 kalian.

  1. Klik Start Menu di pojok kiri bawah Windows 10 kalian atau bisa dengan memencet ikon Windows di keyboard
  2. Cari dan pilih aplikasi yang akan diuninstal lalu klik kanan dan pilih Uninstall. Contohnya seperti pada gambar, saya akan melakukan uninstall untuk aplikasi Skype.
    Cara Uninstall Aplikasi Melalui Start Menu
  3. Akan muncul pesan konfirmasi, klik Uninstall maka proses uninstall akan berlangsung.
    cara uninstall aplikasi windows 10

Cara ini berlaku apabila aplikasi yang bersangkutan diunduh dan diinstall melalui Microsoft Store. Apabila kita menginstallnya dari selain Microsoft Store maka kita akan diarahkan ke Control Panel.


#2. Cara Menghapus Aplikasi Melalui Control Panel

Control panel merupakan sebuah bagian dari Microsoft Windows yang berisi fasilitas-fasilitas untuk melihat dan mengatur pengaturan sistem. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Buka Control Panel di Windows kalian dengan cara berikut :
  • Buka Start Menu kemudian cari dan buka Control Panel
  • Windows Run (shortcut Windows + R -> ketik Control Panel)
  • Command Prompt (ketikkan perintah “Control Panel”)
  • Windows PowerShell (ketikkan perintah “Control Panel”).
  1. Kemudian kita menuju pilihan Uninstall a Program.
    Cara Menghapus Aplikasi Melalui Control Panel
  2. Pilih aplikasi yang akan diuninstal lalu klik kanan dan pilih opsi Uninstall. Kemudian ikuti instruksi yang ada.
    uninstall aplikasi windows 7

#3. Cara Menghilangkan Software Melalui Settings

Cara yang ketiga adalah kita akan menghapus aplikasi melalui fitur Settings yang ada di Windows. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Pertama kalian harus membuka Settings dahulu dengan cara dibawah :
  • Start Menu -> ikon Setting
  • Fitur Search & Cortana
  • Shortcut tombol Windows + i di keyboard
  • Power User (shortcut tombol Windows + X -> Settings)
  1. Setelah Settings terbuka kemudian pilih Apps.
    Cara Menghilangkan Software Melalui Settings
  2. Lalu pilih Apps & features. Biasanya sudah secara otomatis akan menuju ke bagian ini.
  3. Pada bagian Apps & features, klik pada aplikasi yang akan diuninstall kemudian pilih tombol Uninstall.
    uninstall aplikasi di windows 10

Selanjurnya seperti biasa ikuti tahapan standar dari software yang ingin kalian uninstall. Biasanya cukup dengan klik pilihan Next sampai benar-benar terhapus.


#4. Cara Uninstall Game Menggunakan Uninstaller Default

Kali ini kita akan menghapus atau uninstall aplikasi yang terinstall dengan menggunakan uninstaller yang sudah tersedia dari aplikasinya. Biasanya letak uninstaller berada pada satu folder tempat dimana aplikasi tersebut diinstall, contohnya di Program Files. Cara menghapus aplikasi menggunakan uninstaller default adalah sebagai berikut :

  1. Navigasikan Windows Exproler kalian ke folder dimana aplikasi tersebut diinstall, misalnya di Program Files. Atau cara paling mudah adalah kita menuju shortcut aplikasi yang bersangkutan di desktop kemudian kita klik kanan – Open file location.
    Cara Uninstall Game Menggunakan Uninstaller Default
  2. Cari file uninstaller dari aplikasi tersebut. Biasanya file tersebut bernama ‘Uninstaller‘ atau ‘unins00‘ dan semacamnya.
    cara cepat uninstall aplikasi windows
  3. Klik dua kali pada file tersebut dan proses uninstall akan segera berlangsung. Ikuti langkah-langkah yang ada, biasanya kalian hanya disuruh untuk klik pada pilihan Next sampai aplikasi benar-benar terhapus.

#5. Cara Menghilangkan Aplikasi Sampai Tuntas Menggunakan CCleaner

Kali ini kita akan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi di Windows. Kita menggunakan sebuah software yang cukup terkenal yaitu CCleaner. Selain biasa digunakan untuk meningkatkan performa PC atau laptop kita, ternyata CCleaner juga dapat digunakan untuk menghapus aplikasi yang tidak terpakai di Windows kita. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Download dan Install aplikasi CCleaner. Download disini.
  2. Buka aplikasinya kemudian kita menuju ke bagian Tools – Uninstall.
    Cara Menghilangkan Aplikasi Sampai Tuntas Menggunakan CCleaner
  3. Pilih aplikasi yang ingin kalian hapus kemudian klik Uninstall.

Selanjutnya sama seperti cara-cara sebelumnya, kalian ikuti langkah-langkah yang ada sampai aplikasi tersebut benar-benar terhapus.


#6. Cara Uninstall Software Hingga Akar Menggunakan Revo Uninstaller

Selain CCleaner, kita bisa menggunakan aplikasi uninstaller lainnya seperti Revo Uninstaller. Perlu kalian ketahui bahwa ketika aplikasi hanya dihapus dengan cara-cara diatas, seringkali banyak dari registry aplikasi yang masih tertinggal. Jika terus-menerus dibiarkan akan membebani kinerja dan penyimpanan kita. Maka dari itu kita akan menggunakan Revo Unistaller untuk menghapus aplikasi sampai ke akarnya. Caranya sebagai berikut :

Pertama, kalian download dan install aplikasi Revo Uninstaller terlebih dahulu disini.

Buka aplikasi Revo Uninstaller kemudian kalian akan diperlihatkan daftar aplikasi yang terinstall di Windows kalian. Untuk menghapus aplikasi, ada beberapa cara yang dapat kalian lakukan yaitu:

  1. Pilih aplikasi yang akan dihapus kemudian klik Ikon Uninstall yang ada di bagian menu.
    Cara Uninstall Software Hingga Akar Menggunakan Revo Uninstaller
  2. Pilih aplikasi yang akan dihapus, klik kanan kemudian pilih opsi Uninstall.
    uninstall app from windows 10
  3. Pilih aplikasi yang akan dihapus, klik dua kali pada aplikasi tersebut.

Selanjutnya, pada tahap Scanning Mode, pilih pada pilihan Advanced untuk hasil yang lebih maksimal. Kemudian klik Scan. Kemudian tunggu hingga proses selesai.

cara uninstall aplikasi di windows 8.1

Langkah terakhir, Revo Uninstaller akan mencari file-file yang tertinggal dari software tersebut. Centang kemudian klik Delete. Apabila masih ditemukan file lainnya, centang lagi kemudian klik Delete kemudian Finish.

uninstall aplikasi windows tanpa file tertinggal


Sekian artikel dengan judul Cara Uninstall Software/Aplikasi/Game di Windows 10. Semoga apa yang sudah ditulis diatas dapat memberikan banyak wawasan dan juga manfaat kepada banyak orang.

Jiyaad Sabiq

A person who want to share benefit contents

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

int(1) int(1) /* */

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih