Apa itu Foistware – posting kali ini saya akan memposting tentang informasi yang penting dan sebuah pengetahuan yang perlu anda ketahui dalam dunia software, oke sebelum kita masuk ke inti posting saya akan menjelaskan dahulu detail posting kali ini, judul postingan kali ini sangat simple yaitu Foistware dan berdeskripsikan Apa itu Foistware dan Pengertian Foistware, oke langsung saja kita menuju inti postingan.

Apa itu Foistware dan Pengertian Foistware
Foistware

Software merupakan hal yang tidak dapat kita pisahkan dalam kehidupan kita di dunia komputer/PC/Laptop karena fungsi softwaer sendiri adalah untuk mempermudah pekerjaan kita atau keinginan kita, seperti contoh saja adanya software microsoft office, dengan adanya itu kita secara otomatis akan mendapatkan kemudahan dalam membuat presentasi, tabel, dan lain sebagainya. jadi dapat disimpulkan bahwa software sulit dipisahkan dari kita.

Mungkin bagi anda yang suka dan sering melihat-lihat berita tentang teknologi, mungkin anda sudah mengetahui berita tentang adanya Foistware yang di selingkan/selipkan di beberapa software freeware, seperti contoh kasus yang sedang menimpa program PC faster asal cina yaitu Baidu PC Faster yang tugasnya sendiri adalah untuk membuat PC memiliki kecepatan dan optimal, tapi baru-baru ini ada laporan dari vaksincom yang menyebutkan bahwa baidu pc faster menginstall software yang tidak ada kaitanya dengan softaware utama. oke langsung saja kita ke pengertian Foistware.

Apa itu Foistware dan Pengertian Foistware :

Foistware adalah Software/Perangkat Lunak/Program/Aplikasi Tambahan yang di install dan tidak ada hubunganya dengan Software utama yang akan di install, kasus seperti ini sering terjadi di beberapa software freeware yang di bagikan secara gratis.

Ilustrasi dari cara kerja Foistware adalah Misalkan anda menginstall ingin mengisntall software A, dan ditengah-tengah saat proses instalasi sendang berjalan tiba-tiba ada permintaan untuk menginstall program B (pengguna di minta untuk menyetujui End User License Agreement (EULA) saat instalasi). jika kita menyetujui EULA (mencentang) maka program B akan ikut terinstall di komputer dan jika tidak menyetujui (menghilangkan tanda centang) maka program B tidak akan ikut di install. tapi kadang ada juga software nakan yang tidak menyertakan EULA dan mereka langsung menginstall software tanpa pemberitahuan.

ScreenShot Foistware :

Yang sedang ramai sekarang dan menjadi berita hot minggun ini bahwa Baidu PC Faster yang di curigai merupakan salah satu Foistware. Mengapa begitu? itu disebabkan karena Baidu PC Faster akan terinstall otomatis jika kita menginstall beberapa program gratisan, contohnya program Bluestacks.
Lalu ada beberapa pertanyaan yang sering muncul tentang Foistware, silahkan lihat dibawah ini.

Apakah Foistware itu berbahaya?

Jika dilihat dari dua sisi, maka foistware memiliki dua sisi yaitu sisi positif dan sisi negatif, jadi ada untungnya ada ruginya, Foistware yang biasa ditemukan adalah mengubah search engine default seperti Google menjadi Search Engine dari Foistware itu sendiri.  Dalam aksinya, dan ini tentunya akan sangat mengganggu. dan kadang ini sulit untuk dihilangkan bahkan setelah kita menguninstall broser kadang search engine itu tetap menemperl sebagai search engine default kita.
Untuk menjelaskan sisi positif dan negatif maka saya akan mengambil sampel yaitu Baidu PC Faster,
Sisi Positif  : Software PC Faster ini dapat membantu pengguna komputer untuk memeriksa celah yang ada di komputer, memeriksa update system dan membantu mempercepat PC anda.
Sisi Negatif : software ini dapat merubah atau bisa juga memodifikasi search engine default di browser ke Baidu search engine. dan sudah bisa kita tebak, tujuan meraku melakukan modifikasi ini adalah untuk memberi keuntungan bagi pihak Baidu Sendiri.
Contoh “Baidu PC Faster Merubah Halaman Awal Menjadi id.hao123.com” :
Baidu Merubah Default Home
Dari sisi negatif tentang adanya foistware pada jaman sekarang sekarang tetap jarang yang namanya gratis walaupun software itu namanya freeware, dan contoh diatas merupakan menjadi bukti nyata tentang cara kerja foistware, bisa jadi mereka melakukan itu untuk membayar para pengembang software, jadi kita berpikiran postif saja, dan kita harusnya tetaplah tetap bersyukur karena mendapat gratisan. silahkan pahami dan ambilah hikmah dari contoh dengan Baidu PC Faster.
Oke akhir kata sekian posting dari saya mengenai Apa itu Foistware dan Pengertian Foistware, dan artikel yang berjudul Foistware. Semoga apa yang telah saya sampaikan ini dapat menambah informasi serta pengetahuan anda, dan dapa meningkatkan kewaspadaan terhadapa foistware yang sedang marak tersebar di berbagai software. semoga artikel ini bermanfaat.