Cara Mengatasi Local Disk C Penuh

4 Cara Mengatasi Local Disk C Penuh di Windows 10 – Setiap komputer atau laptop pasti memiliki sebuah media penyimpanan. Tanpa benda satu ini, tentunya sebuah komputer atau laptop tidak dapat digunakan. Media penyimpanan inilah merupakan tempat dimana sebuah sistem operasi dan segala software yang ada diinstal dan dijalankan. Sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data sistem dan aplikasi, tentunya sebuah media penyimpanan haruslah memiliki cukup ruang atau memori. Apalagi jaman sekarang sistem operasi yang paling banyak dipakai oleh kebanyakan orang adalah Windows 10 yang tentunya membutuhkan kapasitas memori yang memadai. Belum lagi ditambah dengan aplikasi-aplikasi lainnya yang tentunya akan kembali memakan ruang dari hard disk kalian.

Sebuah file sistem dari sebuah sistem operasi disimpan pada partisi Local Disk C pada sistem operasi Windows, khususnya Windows 10 pada pembahasan kali ini. Semakin banyak kebutuhan kita yang membutuhkan kerja sebuah komputer atau laptop maka semakin banyak juga memori yang digunakan pada Windows 10, terutama pada Local Disk C dimana file sistem dan data aplikasi disimpan. Hal ini membuat Local Disk C cepat penuh dan lama-kelamaan akan mempengaruhi kinerja sistem. Sistem menjadi lebih lambat dan bahkan kadang beberapa perintah tidak dapat dijalankan dengan baik. Maka dari itu kalian perlu tahu bagaimana cara mengatasi Local Disk C penuh di Windows 10. Bagaimana caranya? Kali ini Duosia akan memberikan tutorial tentang hal itu. Tutorial kali ini berjudul 4 Cara Mengatasi Local Disk C Penuh di Windows 10.

4 Cara Mengatasi Local Disk C Penuh di Windows 10
4 Cara Mengatasi Local Disk C Penuh di Windows 10

Saat ini, kita membutuhkan setidaknya 120GB atau lebih yang kita gunakan sebagai tempat menginstal sebuah sistem operasi Windows 10 dan juga aplikasi-aplikasi lainnya. Walaupun sudah memiliki kapasitas diatas angka tersebut, seringkali kita merasakan kalau Local Disk C kita cepat sekali penuh. Hal ini dapat terjadi karena beberapa sebab seperti menyimpan file hasil download di Local Disk C, update Windows 10, hingga data game atau cache lainnya yang berukuran besar. Tentu hal ini harus kita atasi agar sistem operasi Windows 10 kita dapat berjalan dengan semestinya. Langsung saja inilah tutorial 4 Cara Mengatasi Local Disk C Penuh di Windows 10.

Baca juga: 9 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Mudah dan Cepat9 Cara Mengambil Screenshot di Windows 10 dengan Mudah dan Cepat

#1. Cara Mengatasi Local Disk C Penuh melalui Disk Cleanup

Disk Cleanup merupakan cara paling mudah untuk kalian lakukan karena fiturnya sendiri sudah disediakan langsung oleh sistem Windows 10 itu sendiri. Dengan cara ini kalian dapat menghapus file-file sampah atau file sementara (Temporary files) yang mengendap pada partisi sistem kalian, yaitu Local Disk C. Selain itu cara ini juga akan membersihkan data-data hasil update Windows 10 kalian yang tertinggal  setelah kalian melakukan update besar pada sistem Windows 10 kalian. Langsung saja inilah cara mengatasi Local Disk C penuh melalui Disk Cleanup:

  1. Buka Windows Explorer di Windows 10 kalian. Kalian bisa menggunakan kombinasi keyboard Win + E.
  2. Masuk ke bagian This PC kemudian klik kanan pada Local Disk C kalian kemudian pilih Properties.
    local disk c penuh windows 10
  3. Kemudian akan muncul rangkuman informasi dari Local Disk C kalian, termasuk diagram kapasitas Local Disk C kalian. Klik pada menu Disk Cleanup untuk membuka fitur Disk Cleanup pada Windows 10 kalian.
    local disk c penuh tanpa sebab
  4. Tunggu beberapa saat, sistem akan memindai file-file sampah pada Local Disk kalian. Setelah hasilnya keluar, secara default sistem akan memilih file mana saja yang dianggap tidak perlu. Klik OK untuk menghapus file sampah yang ada di Local Disk C kalian. File-file tersebut akan dihapus oleh sistem dari Local Disk C kalian.
    local disk c penuh sendiri windows 10
  5. Untuk pembersihan lebih lanjut, klik pada pilihan Clean up system files.
    drive c penuh padahal aplikasi sedikit
  6. Kemudian sekali lagi, sistem akan memindai file sampah yang mengendap di Local Disk C kalian. Setelah hasilnya keluar, lakukan cara seperti diatas atau klik OK dan sistem akan kembali menghapus file-file tersebut.
    bagaimana jika local disk c penuh

Disini kalian harus sedikit berhati-hati karena salah satu jenis file yang terdeteksi adalah file pada folder Download. Jangan sampai kalian mencentang pada pilihan Download karena akan mengahpus seluruh file yang ada di folder tersebut.

#2. Cara Mengatasi Local Disk C Penuh melalui Folder Temp

Folder Temp pada sistem operasi Windows berisi kumpulan Temporary Files atau file sementara dari berbagai aplikasi yang ada di Windows kalian. Karena sifatnya yang sementara, berarti saat aplikasi yang bersangkutan sudah tidak digunakan maka file-file tersebut tidak berguna lagi. Membiarkannya hanya akan menumpuk file tersebut hanya akan memenuhi Local Disk C kalian. Sebenarnya pada cara pertama diatas sudah dapat menghapus temporary files di Windows 10 kalian, namun tidak semuanya terhapus. Maka dari itu kita perlu cara kedua ini. Langsung saja inilah cara mengatasi Local Disk C penuh melalui folder Temp:

  1. Buka Run dengan kombinasi tombol Win + R kemudian ketikkan “%temp%” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter.
    mengatasi local disk c tiba tiba penuh
  2. Disini akan terbuka folder Temp atau folder yang berisi temporary files dari Windows 10 kalian. Pilih semua file dengan kombinasi Ctrl + A kemudian hapus file tersebut.
    membersihkan local disk c yang penuh
  3. Apabila ada pesan seperti ini, klik Skip karena file tersebut masih dipakai oleh sistem Windows 10 kalian.

Dengan cara ini, kalian dapat menghapus file sampah secara lebih bersih. File dalam folder ini sifatnya seperti file cache pada sebuah browser. Apabila dihapus maka beberapa settingan sementara pada software-software akan hilang seperti settingan menu dan hal kecil lainnya. Tak perlu takut, file yang kalian hapus tidak akan mempengaruhi kinerja software yang lain, bahkan bisa dibilang memperlancar.

#3. Cara Mengatasi Local Disk C Penuh melalui Settings

Disini kita akan mengatasi Local Disk C penuh di Windows 10 melalui Settings. Mudahnya, cara ini hampir sama dengan cara pertama namun cara ini lebih mudah dipahami karena tampilannya yang lebih enak dilihat. Melalui cara ini nantinya kita akan menghapus temporary files dari Windows 10 kita. Langsung saja inilah cara mengatasi Local Disk C penuh melalui settings:

  1. Buka Settings Windows 10 dengan cara menekan tombol Win + I, kemudian pilih menu System.
    mengatasi local disk c tiba tiba penuh windows 10
  2. Disini kalian pilih Storage kemudian pilih pada bagian Temporary Files.
    mengatasi local disk c penuh sendiri windows 7
  3. Sistem kemudian akan menghitung file yang tersimpan di Local Disk C kalian, tunggu beberapa saat. Setelah itu kalian centang file apa saja yang ingin kalian hapus, kemudian klik Remove files.
    solusi local disk c penuh

Disini Windows 10 kalian akan melakukan pembersihan. Lama tidaknya tergantung seberapa besar ukuran file yang akan dihapus.

#4. Cara Mengatasi Local Disk C Penuh dengan CCleaner

Untuk cara terakhir ini kita menggunakan salah satu aplikasi cleaner paling terkenal yaitu CCleaner. Aplikasi CCleaner ini memiliki 2 versi yaitu versi gratis dan berbayar. Tidak perlu khawatir karena kedua versi tetap bisa kalian gunakan untuk membersihkan file sampah yang menumpuk di Local Disk C Windows 10 kalian. Langsung saja inilah cara mengatasi Local Disk C penuh dengan CCleaner:

  1. Pertama kalian download dan instal aplikasi CCleaner disini dan pilih yang Free. Kemudian buka aplikasi CCleaner tersebut.
    https://www.ccleaner.com/ccleaner/download
  2. Masuk ke bagian Cleaner dan secara default kalian masuk ke bagian Windows, kemudian klik pada pilihan Analyze. Tunggu proses scanning sistem berlangsung.
    kenapa tiba tiba local disk c penuh
  3. Setelah proses scanning selesai, klik pada pilihan Run Cleaner untuk memulai proses penghapusan file.
    mengatasi masalah local disk c penuh
  4. Klik Continue untuk melanjutkan.
    local disk c tiba-tiba penuh windows 7
  5. Tunggu beberapa saat sampai file sampah tersebut berhasil terhapus. Seperti ini tampilannya apabila proses pembersihan sudah berhasil.
  6. Apabila dirasa kurang, kalian bisa lakukan lagi dengan cara yang sama namun kali ini pilih yang bagian Applications.
    menghapus file sampah di local disk c

Kalian

Jiyaad Sabiq

Member/author in Duosia since 2016. A person who want to share benefit contents and spread knowledge to everyone.

2 Komentar

  1. Terima kasih caranya benar berhasil tadi hardisk saya sudah sekarat tinggal 2.3 GB tapi setelah menggunakan cara ini langsung menjadi 20 GB an

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest

Close

Tolong Bantu Kami Tumbuh

Kami hanya akan menampilkan iklan yang RELEVAN dan TIDAK MENGANGGU Dengan anda MEMATIKAN Adblock pada situs ini, Kami sangat berterimakasih dan akan menyajikan konten yang lebih Baik