Perbedaan XAMPP 5 vs XAMPP 7 secara Detail

Assalamu’alaikum.

Hari ini, saya memposting tentang XAMPP. Siapa yang gak tahu tentang XAMPP? Apalagi jika anda seorang Web Developer atau anda yang sedang belajar pemrograman Web, pasti mengenal Perangkat Lunak satu ini.

Tak heran, bahwa XAMPP selalu menjadi primadona bagi Web Developer baik dari Orang yang baru belajar sampai “Master” sekalipun, terutama mereka yang menggunakan Windows. XAMPP ini seringkali di gunakan untuk menguji Aplikasi Web dan Database yang mereka buat, sampai sekedar tukar kirim file.

Bukan hanya itu, XAMPP juga telah di gunakan di hampir seluruh Sekolah yang berbau Informatika, khususnya jika di ajarkan tentang Pemrograman Web.

Namun, saat anda ingin mendownload XAMPP (terutama untuk pertama kalinya), pasti kebingungan dengan angka yang ada di setelah tulisan XAMPP pada Websitenya. Terutama disitu ada tulisan XAMPP 5 dan XAMPP 7, lalu apa itu dan apa beda nya? Silahkan anda simak di artikel ini :)


I. Apa itu XAMPP?

Sebelum masuk ke perbedaan nya, maka saya bahas Apa itu XAMPP? terlebih dahulu. XAMPP sebenarnya merupakan sebuah Perangkat Lunak Tumpukkan atau Bundel dari beberapa Perangkat Lunak untuk kebutuhan Web dan Database RDBMS.

Perangkat Lunak yang di Bundel oleh XAMPP adalah Apache2, MariaDB, FileZilla Server, PHP, Tomcat Server, dan masih banyak lagi. Jika anda menginstall XAMPP, maka itu sama saja anda menginstall Perangkat Lunak yang di bundel tersebut. Sehingga, anda tidak perlu menginstall satu-per-satu Perangkat Lunak yang merepotkan, hanya untuk menguji Aplikasi Web yang anda buat.

Cuplikan Layar

Sebelum masuk ke segmen lain, mungkin anda perlu melihat cuplikan nya terlebih dahulu:

Perbedaan XAMPP 5 vs XAMPP 7 secara Detail
Ini adalah cuplikan layar mengenai XAMPP Control Panel, yang akan anda temui nanti ketika membuka XAMPP. Tolong abaikan Error yang tampil disitu, hehe :D

Meski begitu, XAMPP memiliki 2 versi, yakni XAMPP 5 dan XAMPP 7, lantas apa bedanya? Simak berikut di bawah ini:


II. Beda XAMPP 5 dan XAMPP 7

Sebenarnya, perbedaan antara XAMPP 5 dan XAMPP 7 itu sederhana, bedanya adalah pada Versi PHP yang di gunakannya.

Seperti yang kita ketahui, bahwa XAMPP membundle PHP juga, yang artinya anda bisa membuka dan menguji Aplikasi Web berbasis PHP yang anda buat, dengan syarat harus aktifkan Webserver nya terlebih dahulu, yakni Apache2.

XAMPP 5 menggunakan PHP versi 5, sedangkan XAMPP 7 menggunakan PHP versi 7. Setelah membaca pembahasan ini, saya duga, Anda pasti ganti pertanyaan nya menjadi “Lalu, apa bedanya PHP 5 dan PHP7?“. Maka saya jelaskan lagi perbedaan nya, meskipun mungkin saya tidak memberinya secara detail.


III. Beda PHP 5 dan PHP 7

Sederhana, PHP 5 merupakan versi lama dari PHP, sedangkan PHP 7 merupakan versi terbaru nya. Masih bingung?

Bedanya antara PHP 5 dan PHP 7 adalah, bahwa PHP 5 ini masih memiliki fungsi-fungsi PHP yang mana sudah di anggap ‘deprecated’ oleh PHP 7. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kunjungi website PHP nya atau cari di Google.

Karena PHP 5 ini merupakan versi lamanya, maka PHP 5 di nyatakan EOL (End Of Life) alias di tinggalkan atau tidak di dukung lagi oleh pihak PHP nya. Bahkan, XAMPP sendiri memfokuskan terhadap PHP 7 nya ketimbang PHP 5 nya.

PHP 5 ini lebih cocok jika anda ingin membuka sebuah Aplikasi Web, yang mana tidak bisa anda buka dengan PHP 7 karena fungsi-fungsi yang mungkin sudah terhapus atau dinyatakan ‘deprecated’. Atau, jika anda ingin membuat Aplikasi yang bisa dijalankan pada 2 versi PHP yang berbeda.

Sedangkan, PHP 7 masih di support oleh pihak PHP hingga saat ini (terutama untuk PHP 7.1 keatas), eksekusi program nya yang lebih cepat, perbaikan sejumlah bug, dan ada sejumlah fungsi baru pada PHP 7. Untuk detail nya, silahkan anda cari saja lewat Google.


Cuplikan Layar

Berikut di bawah ini merupakan Cuplikan Layar mengenai perbedaan XAMPP 5 dan XAMPP 7 berdasarkan versi PHP yang mereka gunakan dengan memanfaatkan fungsi phpinfo():

Mana yang lebih baik Xampp 5 atau Xampp 7
Ini adalah cuplikan layar mengenai perbedaan dan Informasi PHP pada kedua XAMPP dengan phpinfo(). XAMPP 5 yang saya gunakan itu menggunakan PHP versi 5.6.30 (kiri), sedangkan XAMPP 7 menggunakan PHP versi 7.2.10 (kanan)

IV. Mana yang harus saya pakai? Dan, mana yang lebih baik?

Itu tergantung kebutuhan kamu, mau pakai apanya.

Kalau kamu mau mempelajari fungsi baru seperti penggunaan Argon2 dan lainnya, mengikuti tren, menikmati perbaikan bug, menikmati kecepatan intepretasi/eksekusi atau ingin mengikuti versi terbaru dari PHP, maka PHP versi 7 cocok untuk anda.

Atau, jika kamu ingin terus menggunakan fungsi PHP yang lama, menjalankan aplikasi web yang lama, tuntutan perusahaan, atau mengikuti guru Anda yang menggunakan versi lama, maka PHP versi 5 cocok untuk Anda.

Sedangkan, kalau kamu mau membuat aplikasi web yang ingin bisa di jalankan di versi PHP yang berbeda, mungkin kamu perlu menggunakan dua-dua nya.

Kalau saran saya, usahakan untuk menggunakan PHP versi terbaru, karena disitu juga ada sejumlah pembaruan keamanan yang penting bagi PHP dan Aplikasi Web nya. Bukan hanya itu, Anda akan menikmati kecepatan intepretasi dan juga mempelajari fungsi yang baru, serta sebagian server di Internet sudah mulai mendukung dan menggunakan PHP 7.

Namun, kalau kamu mempunyai sebuah tuntutan dari orang lain seperti dari Guru Anda, Perusahaan tempat kamu bekerja, dll. Maka kamu perlu menuruti nya, dan mungkin kamu bisa menggunakan versi terbaru nya nanti jika anda membuat aplikasi web yang bisa berjalan di 2 versi PHP sekaligus.

Saya disini tidak mengharuskan Anda untuk menggunakan nya, saya hanya menyarankannya saja. Tidak ada yang lebih baik, karena mereka mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, selebihnya Anda yang menentukan. Tinggal pikirkan saja :)


V. Download XAMPP

Klik disini mendownload XAMPP terbaru. Disitu akan tersedia XAMPP dengan PHP versi berbeda, kamu tinggal memilihnya saja.

Pastikan juga sesuai dengan Platform yang kamu gunakan, jangan sampai salah Download, yah, hehe :D

Untuk menginstallnya, mudah sekali, ikuti saja petunjuknya. Mungkin akan berbeda jika kamu menggunakan Distribusi GNU/Linux atau macOS.

Kalau kamu merupakan pengguna Windows XP atau Windows Server 2003, mungkin kamu perlu mendownload nya dari sini.

Versi PHP nya lama? Tentu saja, karena versi XAMPP yang hanya bisa digunakan oleh Windows XP, yah, versi 1.8.2. Lama kan? Iyalah, sebab Windows XP sudah di tinggalkan oleh konsumen (walau banyak yang kangen) karena Microsoft mengakhiri masa dukungannya pada tahun 2014 yang lalu. Hari gini, masih ada aja yang pake Windows XP buat rumahan atau pribadi?


VI. Kesimpulan

Jadi, beda XAMPP 5 dan XAMPP 7 sebenarnya itu adalah versi PHP yang di gunakannya.

XAMPP 5 itu menggunakan/membundle PHP versi 5, sedangkan XAMPP 7 itu membundle PHP versi 7. Walaupun XAMPP 5 itu masih ada, tapi kalau di lihat dari Website nya, sepertinya mereka berfokus untuk mengembangkan XAMPP dengan PHP versi 7 bila di bandingkan dengan versi 5 nya.

Hal ini wajar, karena pihak PHP sendiri mengakhiri dukungan nya terhadap PHP versi 5 sejak lama. Sehingga, PHP 5 (harusnya) sudah tidak dapat update nya kembali.

Mana yang lebih baik? Tidak ada yang lebih baik, karena mereka mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung kebutuhan dan keinginan, selebihnya Anda yang menentukan :)


VII. Penutup

Terima kasih bagi anda yang membaca artikel mengenai Perbedaan antara XAMPP 5 dan XAMPP 7 ini. Mohon maaf jika di artikel ini banyak salah ketik, salah dalam pemilihan kata/kalimat, kurang jelas/nyambung sampai membuat Anda tersinggung. Saya tidak bermaksud untuk menyinggung Anda melalui artikel ini.

Kalau adanya kesalahan/memberikan kritik dan saran pada artikel ini, ada pertanyaan bahkan sekedar mau bilang “Hi” dan “Nyimak”, bisa anda lakukan itu di kolom komentar. Anda tinggal ikuti saja aturan sebelum berkomentar, lalu komentar anda akan di terima dengan baik.

Sudah sekian untuk artikel yang saya bagikan ini, dan semoga bermanfaat untuk anda. Terima Kasih ^_^

Farrel Franqois

Saya adalah Mahasiswa dan juga seorang Penulis di Duosia, saya memang seorang pengguna Windows dan GNU/Linux. Namun, saya akan lebih sering menulis berbagai Hal tentang Web dan GNU/Linux dalam bentuk Tutorial, Review dan Opini, daripada Windows, karena saya malas menggunakan Windows :-P

Lihat juga

Close
int(1) int(1) /* */

Pin It on Pinterest

Adblock Terdeteksi

Tolong Hargai Kami yang sudah susah payah untuk menulis artikel dengan mematikan Adblock anda, Terimakasih